Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips menjadi siswa teladan disekolah

Assalamuallaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda-anda sekalian? Semoga dalam keadaan sehat waalfiat selalu. Saya ucapkan ribuan terima kasih bagi siapa pun yang telah mampir dan meluangkan waktunya untuk membaca artikel yang saya tulis ini. Semoga ada manfaatnya bagi semuannya, terlebih juga bagi seorang penulis.

Pada artikel kali ini saya menuliskan 5 tips menjadi siswa teladan disekolah. Menjadi siswa yang teladan disekolah sebenarnya mudah, hanya saja untuk memulainya itu yang menjadikannya sulit. Nah, untuk itu mungkin beberapa tips ini sangat bermanfaat bagi para siswa yang sedang bersekolah, baik itu tingkat SD, SMP, SMA/SMK.

Langsung saja disimak dan dibaca tipsnya, gratis tidak dipungut biaya sepeser pun.

Cekiduuttt!!!!!!

Arti kata Teladan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata teladan memeiliki arti sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan)

Nah, jadi dari pengertian tersebut maka kita dapat memahami bahwa siswa teladan itu merupakan siswa yang menjadi contoh untuk teman-teman lainnya. Tentu kata teladan ini tidak serta merta secara mudah diberikan kepada seorang siswa, untuk itu harus diteliti secara betul-betul bagaimana sifat serta sikap seorang siswa itu disekolah maupun dimasyarakat.

Dengan diberikannya gelar sebagai siswa yang teladan, maka secara otomatis siswa tersebut menjadi contoh terhadap siswa yang lainnya. Seorang siswa yang baik maka ia akan membimbing dan mengajak teman-temannya kepada jalan yang benar, serta mengarahkan teman-temannya agar tidak jatuh kejalan yang salah.

Tips menjadi siswa teladan

1. Minta do’a restu kedua orang tua

Bagaimana caranya?

Yaitu dengan mencium tangan kedua orang tua kita ketika ingin pergi kesekolah. Dan mintalah kepada mereka agar mendo’akan kita supaya terhindar dari sifat atau sikap yang buruk ketika bersekolah. Kemudian minta lah mereka selalu mendo’akan kita agar menjadi siswa yang pandai.

Salah satu do’a yang terkabulkan oleh Allah SWT adalah do’a dari kedua orang tua kita. Sukses dan gagalnya kita tergantung oleh do’a kedua orang tua, untuk itu kita dianjurkan agar selalu berbuat bakti terhadap mereka berdua dan selagi mereka masih hidup. Jangan pernah menyakiti kedua orang tua kita, sebab muraka Allah akan dating kepada kita.

Jika anda belum pernah mencium tangan kedua orang tua sebelum berangkat kesekolah, maka mulai sekarang belajar lah untuk melakukannya. dan mintalah do’a dari mereka. Supaya nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan dalam kehidupan kita.

2. Hormati Guru

Yang kedua adalah menghormati guru kita yang ada disekolah. Guru disebut juga sebagai orang tua kedua kita, karena berkat jasa-jasa merekalah sekarang kita bisa berhitung, membaca dan menulis, bahkan menjadikan kita sebagai orang yang sukses.

Bagi siswa yang teladan menghormati seorang guru adalah suatu hal yang mesti dan pasti dilakukan. Ciumlah tangan guru-guru kita, dan mintalah ridho terhadap mereka. jangan pernah kita melupakan mereka, meskipun kita tidak lagi bersekolah ditempat mereka mengajar. Ketika bertemu mereka, tegur serta sapalah mereka, dan ciumlah tangan mereka. dan ketika mereka mengajar dikelas, maka dengar lah apa yang mereka katakana dan kerjakanlah apa yang telah diperintahkannya, niscaya akan ada kebaikan yang akan didapatkan.

3. Taati perintah Bapak/Ibu Guru

Apa pun yang mereka perintahkan, maka laksanakanlah. Sebab tidak ada guru yang menginginkan muridnya celaka atau menngajarkan muridnya kepada hal-hal yang buruk. Mereka semua menginginkan murid-muridnya menjadi orang yang pandai serta menjadi orang-orang yang sukses.

Jika seorang guru minta tolong terhadap muridnya, maka segeralah membantunya secara tulus ikhlas. Dan jika mereka meminta kita untuk mengerjakan suatu tugas, maka segeralah mengerjakannya, tanpa sedikitpun membentahnya.

Ayooo,,,hormati serta taatilah guru-guru kita yang ada disekolah, jika ingin menjadi siswa yang teladan serta menjadi orang yang sukses.

4. Hormati dan hargailah teman-teman disekolah

Menghargai serta menghormati teman disekolah adalah hal yang harus dilakukan jika ingin menjadi siswa yang teladan. Berbuat terhadap sesama teman adalah hal yang harus dilakukan, apalagi jika ada siswa yang berbeda keyakinan dengan kita, maka hendaklah menghargainya. Jalinlah pertemanan terhadap semua orang, dan miliki lah jiwa sosial yang tinggi. Jika ada teman yang menginginkan bantuan kita, maka segeralah membantunya.

5. Berikan contoh yang baik kepada siswa lainnya

Jika ingin menjadi siwa teladan, maka jadilah contoh yang baik bagi mereka. Jangan pernah memberikan contoh yang buruk terhadap mereka, dan janganlah pernah terlibat dalam hal-hal yang sifatnya dapat merusuk diri sendiri. Berikanlah selalu contoh yang baik kepada teman-teman anda disekolah, bertemanlah kepada mereka dan jangan pernah mengikuti teman yang memiliki sifat buruk. Jika ada teman yang terjerumus kedalam hal yang negatif, maka nberikanlah nasehat kepadanya. Dan bantulah ia menjadi orang yang baik kembali. Ajarkan kepada mereka tentang kebaikan-kebaikan yang ada di dalam kehidupan ini.

Mungkin itu saja tips yang dapat saya berikan, semoga ada manfaatnya bagi siapa pun yang telah membacanya. Dan jika ada kesalahan dalam penulisan kata, mohon dimaklumi serta dipahami.
    

Posting Komentar untuk "5 Tips menjadi siswa teladan disekolah"