Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Inspirasi Belajar dari orang yang hebat

Hai……..semuanya, bagaimana kabarnya untuk hari ini? Tentunya masih tetap semangat dalam bekerja, berusaha maupun sekolah, iya kan? apakah masih ingat dengan blog aku? Tidak ingat? Ah masa, yang benar sudah lupa dengan blog aku? Masih ada yang bertanya blog aku apa? 

Aduh………aduh….aduh….cape deh, ambil polpen terus dicatat ya tentang blog aku supaya tidak lupa lagi dan kalau perlu ikutin ya agar bisa mendapatkan cerita-cerita terbaru lagi, blog aku itu ialah blog yang sering membagikan artikel-artikel tentang cerita-cerita inspirasi dengan tujuan supaya ada pembalajaran yang dapat kita ambil dan tanamkan dalam diri kita sendiri. Jadi jangan sampai lupa dan mampir untuk membacanya. Jangan lupa kasih kritik dan sarannya  dikolom komentar yang berada dibagian bawah artikel.

A. Nick Vujicic



Kali ini saya mengajak teman-teman semua yang ganteng dan cantik ini untuk mengambil pelajaran dari perjalan hidup seorang yang laki-laki yang bernama “Nick Vujicic”. mungkin masih terasa asing ditelinga kita tentang nama Nick Vujicic, tidak setenar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dari dunia sepak bola, ataupun Valentino Rossi dari dunia balap.

Nick Vujicic hanyalah seorang pengkhotbah, seorang pembicara motivasi dan direktur organisasi nirlaba hidup tanpa limbs, yaitu lahir tanpa anggota badan yang lengkap. Nick Vujicic terlahir sebagai seorang yang tidak memiliki kedua kaki, dan tangan. Kekurangan yang ia miliki justru membuatnya makin termotivasi untuk menjalani kehidupannya, bahkan bisa dibilang sebagai salah satu tokoh yang menginspirasi untuk diri kita sendiri bahkan orang lain, mungkin tidak banyak orang yang memiliki jiwa seperti Nick Vujicic.

Nick Vujicic adalah seorang yang sangat hebat karena dengan kekurangannya ia berhasil menjadi orang yang sukses dan menjadi sumber inspirasi untuk banyak orang, bahkan ia telah banyak menulis buku yang berjudul seperti Life Without Limits, Unstopabble Nick Vujici, Love Without Limits, Stand Strong, dan masih banyak lagi karya-karya Nick Vujicic yang lainnya.  Ia memiliki sifat yang tangguh dan pantang menyerah meskipun memiliki banyak kekurangan.

Pada usia 19 tahunan Nick sudah mulai berbicara kepada khayalak ramai, ia bercerita tentang derita yang dialaminya, kehidupan yang telah dilaluinya. Ia memiliki tujuan untuk memberikan semangat dan motivasi kepada orang-orang yang hidupnya seperti dia atau kepada orang-orang yang hidupnya tidak seperti dia namun memiliki jiwa atau sifat yang lemah dan mudah berputus asa. Begitu banyak orang-orang yang terinspirasi setelah mendengar perkataan orang yang hebat ini, banyak orang yang bangkit dari keterpurukan dan kembali menata hidupnya menjadi lebih baik lagi. 

Dengan bekal kemampuan untuk membangkitkan semangat itulah Nick di undang keberbagai negara. Dia memberikan motivasi dan inspirasi dihadapan para eksekutif, pegawai kantor, masyarakat umum, para remaja dan anak-anak sekolah. 

Banyak orang bertanya, bagaimana bisa Nick bahagia dan semangat menjalani hari-harinya padahal ia tidak memiliki tangan dan kaki? Jawaban cepat ku adalah aku punya pilihan. Aku bisa marah karena tidak memiliki kaki, atau aku bisa bersyukur karena memiliki tujuan hidup. Aku memilih sikap bersyukur, begitu juga dengan mu. Kata Nick.

B. Apa yang kita lakukan jika hidup seperti Nick Vujicic

Coba kita bayangkan apa yang terjadi seandainya hidup kita seperti Nick Vujicic, apakah kita akan berdiam diri dikamar? Apakah menutup diri dari keraimaian orang? Atau kita akan menjalani hari-hari seperti yang Nick lakukan pada hidupnya. Mungkin banyak yang akan memberikan jawaban lebih baik berdiam diri dikamar karena malu dengan orang lain  ketimbang harus berbaur dengan banyak orang. Ya….ini semua tergantung diri individu masing-masing, kita tidak bisa menyalahkan apa yang telah dipilih orang lain untuk hidupnya. Bagaimana menurut anda?

Tentunya seperti yang dikatakan oleh Nick Vujicic, kita berhak marah terhadap apa yang dialami oleh diri kita, namun itu semua tidak ada gunanya bahkan bisa dibilang akan sia-sia. Apakah dengan marah membuat semuanya akan berubah? Apakah dengan marah hidup kita akan normal kembali? Tentu jalan terbaiknya adalah dengan mensyukurinya dan menerimanya dengan apang dada. Setiap kekurangan yang dimiliki itu sudah pasti ada kelebihan yang menyertainya, tinggal kitanya saja lagi bagaimana menggunakan dan mengarahkan kelebihan yang dimiliki tersebut.

Tidak percaya? Itu lo Nick sudah membuktikannya, ia telah berhasil menulis buku dengan kekurangannya, mungkin dipikiran kita tidak akan mungkin bisa tapi faktanya emang begitu. Dengan tekad yang kuat, kemauan dan kerja keras semuanya yang tidak mungkin itu akan berubah menjadi mungkin.

Jadi…..mulai sekarang berhentilah untuk mengeluh. Jika memiliki kemauan maka laksanakan sekarang juga jangan sampai menunggu hari esuk, lusa bahkan tahun depan, kelamaan bro….ini hidup kita, ya kita sendiri lah yang menentukannya, orang lain cuma bisa memberikan semangat dan motivas, sisanyaya tinggal diri kita sendiri yang menentukannya.

C. Hikmah yang dapat dipetik dari Cerita diatas


Dari kehidupan yang dilalui Nick Vujicic ini memberikan begitu banyak pelajaran terhadap kita, seolah-olah menjadi sebuah tamparan buat kita. Air mata ini seolah-olah mengalir begitu saja ketika membaca tentang perjalan hidup Nick Vujicic, bagaimana bisa ia tidak bersedih dan mengeluh terhadap apa yang terjadi pada dirinya. Ia tidak pernah minder untuk berinteraksi dengan orang lain. Bahkan ia selalu memberikan semangat baru dan dorongan kepada setiap orang melalui hasil karyanya berupa buku-buku bacaan dan menjadi sang motivator diberbagai tempat. Ia mampu merubah jalan hidupnya, ia mampu menciptakan keberhasilan dan sukses dalam berkarir meskipun ia memiliki kekurangan.

Dari sini saya mencoba berpikir bahwa untuk meraih sukses tidak mesti dengan tubuh yang kuat, dengan kecerdasan yang hebat tetapi kesuksesan bisa diraih dengan usaha dan kerja keras dan tentunya yang tak terlupakan yaitu dengan berdo’a. Setiap usaha yang telah dilakukan akan mendatangkan hasil yang memuaskan untuk diri kita, meskipun hasilnya tidak terlihat secara langsung. Tapi yakinlah bahwa kita juga mampu untuk meraih keberhasilan. Semangat dalam menjalankan sebuah pekerjaan yang ditekuni sangat dibutuhkan, karena dengan semangat yang menggebu-gebu menjadikan diri kita lupa akan yang namanya kemalasan. Kemalasan tidak akan mendatangkan apa pun, malas hanya membuat orang tidak mau berusaha dan memikirkan apa yang harus dilakukan untuk diri sendiri dan kehidupannya.

Menyesali apa yang terhadap kekurangan yang dimiliki diri sendiri tidak ada gunanya, semua orang memiliki kekurangan meski fisik yang dimilikinya sempurna namun jauh dalam dirinya terdapat kekurangan. Misalnya kurangnya pengetahuan, kurangnya ide-ide yang baru, kurangnya motivasi, kurangnya gairah dalam hidup, dan sebagainya. Oleh sebab itu kita perlu inspirasi dari orang lain, dari orang terdekat kita, dari sahabat-sahabat kita, maupun dari lingkungan sekitar kita. Inspirsai akan muncul ketika kita melihat sesuatu dengan diiringi pemikiran yang logis (masuk akal). Kita bisa membaca dan belajar atau mendengarkan cerita-cerita orang yang sukses merubah jalan hidupnya meski mereka memiliki keterbatasan, dan semua orang berhak untuk sukses. Siapapun dia dan dimanapun ia berada.

Ayoo…….kita bangkit dari keterpurukan. 

Ayooo…..berikan dorongan terhadap diri kita sendiri, menyesali yang telah berlalu tidak ada gunanya. Masa lalu bukan untuk disesali tetapi untuk dijadikan sebuah pelajaran. Kita hidup untuk masa depan bukannya untuk masa lalu. Yang masih mengalami keterpurukan, buka lah kembali mata kita dan mulailah untuk melihat orang-orang yang ada disekitar kita. Lihat senyum dari anak kita, lihat semangatnya dalam menjalani hari-hari bersama teman-temannya. 

Ayoo……..kita buat agar ia tetap tersenyum ceria dan bangga terhadap apa yang telah kita kerjakan, dan biarkan ia suatu hari nanti melanjutkan pekerjaan yang telah kita bangun dari sekarang ini. Dan ceritakan lah kisah indah perjalanan hidup ini dengan cucu-cucu kita nantinya, dan tersenyumlah ketika kita mulai menutup mata untuk selama-lamanya.

“Agar masa depanmu lebih baik maka berusahalah mulai dari sekarang.”

Posting Komentar untuk "Cerita Inspirasi Belajar dari orang yang hebat "