Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CERITA INSPIRASI : PEMUDA YANG TANGGUH

TERRY FOX

Saya ucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada siapa pun yang sudah mampir dan meluangkkan waktunya untuk membaca artikel sederhana ini. Semoga ada manfaat dan pelajaran yang dapat di ambil, baik itu untuk penulis sendiri maupun untuk para pembaca sekalian, siapa pun itu dan darimana pun itu. Kritik dan sarannya sangat diperlukan agar dapat menjadikan blog ini makin maju dan berkembang lagi, dan mohon maaf sebesar-besarnya bilamana terdapat kesalahan dalam penulisan atau ada kata-kata yang kurang pantas dibaca, baik itu disengaja atau tidak disengaja.


Tahukah anda siapa itu Terry Fox? Dia adalah seorang atlet pelari marathon dunia yang berasal dari Kanada. Dia menjadi salah seorang tokoh yang menginspirasi bagi para pelari marathon dan para penderita kanker dunia. Terry Fox lahir pada tanggal 28 Juli 1958 di Winpeg, Kanada. Di usia mudanya, yaitu sekitar 18 tahunan tiba-tiba ia sering merasakan sakit pada kaki sebelah kanannya.

Dari pemeriksaan dokter, ternyata Terry mengindap penyakit kanker tulang. Peristiwa ini terjadi pada tahun 1976, ketika dunia kedokteran belum menemukan cara pengobatan kanker tulang, selain harus diamputasi. Kaki kanan Terry pun harus diamputasi sampai 15 cm diatas lutut. Kehilangan bagian tubuh ini menjadi sebuah tamparan yang sangat keras dalam kehidupan Terry. Ia merasakan kesedihan dan frustasi yang sangat mendalam dalam hidupnya. Namun keluarga Terry tidak bosan-bosannya memberikan semangat kepadanya. Keluarganya selalu memberikan dorongan motivasi kepada Terry agar tidak larut dalam kesedihan. Terry pun mencoba bangkit dari kesedihannya. Ia bertekad untuk menggalang dukungan masyarakat untuk penelitian kanker. Ia berencana melakukan marathon melintasi Kanada sejauh 5.000 mil.

Idenya sempat ditantang banyak orang, termasuk ibunya sendiri. Namun, Terry tetap berusaha mewujudkan tekadnya itu. Pada tahun 12 April 1980, aktivitas yang dinamai Marathon of Hope (marathon pengharapan) itu dimulai dari St. John, Newfoundland, Kanada. Terry Fox sendiri juga ikut terlibat sebagai pelari marathon dalam program tersebut. Ia berlari dengan menggunakan satu kaki asli dan satu kaki palsu. Terry terus berusaha melintasi jalan-jalan di Kanada. Meskipun dengan tertatih-tatih, ia tak kenal menyerah. Awalnya banyak orang yang tidak peduli terhadap aktivitas yang dilakukan Terry, akan tetapi lama kelamaan masyrakat yang melihatnya menjadi simpatik.

Terry Fox pantang menyerah melawan kanker yang terus menggerogoti tubuhnya. Sel kanker masih tumbuh dalam diri Terry dan menyebar hingga ke paru-parunya. Pada 01 September 1980, aktivitas Terry telah memasuki hari ke-143. Saat itu, Terry telah menempuh jarak sekitar 5.373 km dan mencapai kawasan Thunder Bay, Ontario. Terry Fox sukses menginspirasi banyak orang dengan perjuangan dan keberhasilannya. Meski usia hidupnya sangat singkat, tapi ia berhasil memberikan banyak manfaat kepada orang banyak. Ia berhasil mengumpulkan dana sosial hingga US $ 24 juta. Bahkan Terry Fox juga membangun sebuah yayasan yang bernama Marathon Of Hope, dan sampai sekarang sudah mengumpulkan dana US $ 330 juta. Sebagian dana tersebut digunakan untuk pengembangan ilmu kedoktoran, khususnya mengenai penyakit kanker.

Namun sayang seribu sayang hidup Terry harus berakhir, dan aktivitas marathonnya terpaksa dihentikan karena sel kanker yang telah menyebar di paru-parunya. Pada tanggal 28 Juni 1981, Terry Fox telah meninggal dunia dalam usia sekitar 22 tahun. Walaupun sudah meninggal namun Terry Fox sangat banyak memberikan manfaat untuk kehidupan sekarang, diusia mudanya dan di sisa-sisa hidupnya ia telah berjuang sekuat tenaga dalam memberikan inpirasi kepada banyak orang. Bahwa keterbatasan tidak menjadi sebuah halangan untuk memberikan manfaat kepada orang lain, tidak menjadikan seseorang gagal dalam berkarya. Tapi jadikanlah keterbatasan itu sebuah manfaat atau inspirasi untuk diri sendiri maupun orang lain, jangan pernah menganggap keterbatasan yang dimiliki adalah sebuah beban kehidupan. Dengan sebuah ide dan inspirasi yang baru, maka buatlah diri kita berharga untuk semua orang bahkan bisa dikenang oleh semua orang tentang jasa yang pernah kita lakukan.

Posting Komentar untuk "CERITA INSPIRASI : PEMUDA YANG TANGGUH"