Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita inspirasi “Uang seharga 100 dolar”

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Selamat pagi……
Selamat siang…..
Selamat sore……
Selamat malam….

Bagi sahabat-sahabat semua dimana pun berada

Yang sedang bekerja saya do’akan semoga pekerjaannya lancar, yang sedang jualan semoga jualannya laris-manis, yang sedang mencari-cari pekerjaan saya do’akan semoga segera ketemu dengan pekerjaan yang cocok untuk dirinya sendiri, dan yang sedang bersekolah saya do’akan mudah-mudahan dapat ilmu yang barokah. amiin 

Kini saatnya kita meluangkan waktu untuk membaca-baca artikel, dan tentunya bersama artikel sederhana saya ini, semoga ada pelajaran yang didapatkan dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Amiin

Oh ya, sahabat semua, kali ini saya menuliskan kembali cerita inspirasi dengan judul Uang seharga $ 100. yang mana uang tersebut tidak pernah berubah nilainya meskipun akan dilakukan beberapa hal terhadapnya.

Bagaimana ceritanya?

Ya, langsung saja dibaca artikelnya sampai habis, gratissss……ttiiiissss….tttttiiiiissss.

A. Uang seharga $ 100 dolar

Seorang pembicara terkenal akan memulai seminarnya, ia memegang uang $ 100 dalam ruangan yang dihadiri oleh 200 orang peserta seminar.

Ia pun memulai seminar dengan mengangkat uang seharga $ 100 dolar dihadapan para peserta, hingga berkata:

“Siapa yang mau $ 100 ini?”

Semua peserta seminar pun mengangkat tangan.

“Aku akan memberikan uang ini kepada salah satu dari kalian, tapi aku beginikan dulu……,” katanya sambil membuat kusut uang tersebut.

Setelah uang itu benar-benar kusut. Ia bertanya lagi, “Siapa yang masih menginginkan uang ini?”
Semua peserta kembali mengangkat tangan secara bersamaan.

“Nah….,” kata si pembicara. “bagaimana kalau aku beginikan?”

Ia menjatuhkan uang tersebut kelantai lalu menggilas-gilas dengan sepatunya. Setelah uang itu benar-benar kusut dan kotor, ia mengambilnya.

“Nah, sekarang siapa yang masih menghendaki uang ini?” tanya si pembicara.

Semua peserta seminar pun tetapmengangkat tangan secara bersamaan.

“Sahabat-sahabtku, kalian semua telah mempelajari suatu pelajaran yang penting. Apapun yang kulakukan terhadap uang ini, kalian semua tetap masih menginginkannya, karena uang ini tidak berkurang nilainya. Ia tetap uang senilai $ 100,” jelas si pembicara

B. Butiran hikmah

Cerita yang sederhana namun memiliki banyak makna, dan adapun pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita tersebut adalah:

* Uang senilai $ 100 itu bagaikaikan diri kita sendiri, bagaiman bisa? Karena nilainya tidak akan pernah berubah, meskipun uangnya telah kotor, kusut tetap nilainya tidak akan pernah berubah. Sama halnya dengan diri kita ini, meskipun kita merasa seakan-akan tidak berharga lagi akibat dari keputus asaan, hidup ini tidak ada gunanya lagi. Namun dimata orang-orang yang mencintai kita, diri ini tetap sangat berharga. 

Buanglah jauh-jauh perasaan yang telah menganggap bahwa dirinya sendiri adalah orang yang gagal. Tidak ada yang namanya kegagalan dalam hidup ini, yang ada hanyalah ketidak inginan melakukan suatu usaha yang dapat merubah jalan kehidupan diri sendiri.

  1. Apakah kamu ingin menjadi seorang yang hebat?
  2. Apakah kamu ingin menjadi seorang yang mapan?
  3. Apakah kamu ingin memiliki karier yang bagus, kemudian bekerja dikantoran?
  4. Apakah kamu ingin menjadi seorang pengusaha yang hebat?
  5. Atau justru kamu hanya ingin menjadi seorang pengangguran saja?


Semua jawabannya ada pada diri sendiri, oleh sebab itu untuk menjawab pertanyaan tersebut lakukan lah hal seperti ini, mudah namun sangat berarti:

Coba luangkan waktu sebentar, kemudian pejamkan matamu, fokus dan rasa kan apa yang telah dikatakan oleh hatimu. Mungkin berbagai macam perkataan telah dikatakan oleh hatimu, namun fokuslah terhadap satu pilihan saja dan pilihan itu adalah yang terbaik buat kamu sendiri. Ketika kamu menemukan sebuah pilihan yang menurut mu pantas dan cocok untuk masa depanmu, maka mulailah menggenggam pilihan tersebut dengan sekuat tenaga, dan ikat lah pilihan itu dengan tali yang tak akan pernah putus meski pun beberapa kali terpotong.

Buka kembali matamu, tarik napas yang dalam kemudian hembuskan secara perlahan. Dan dengarkan apa yang kamu dapatkan tadi, kamu ingin menjadi seseorang yang sukses dengan karir yang bagus dan dapat membanggakan kedua orangtuamu. Maka pilihan itu adalah pilihan yang terbaik dan paling tepat bagi dirimu yang masih muda. Sungguh kesuksesan itu adalah keinginan yang diimpikan oleh semua orang. Ketika kamu memiliki tekad yang kuat untuk meraih kesuksesan maka mulailah dari sekarang untuk mewujudkannya. Kamu bisa katakana pada dirimu sendiri bahwa aku mampu dan aku bisa, jangan pernah anggap dirimu itu lemah, jangan anggap dirimu tak punya kekuatan, dan jangan anggap dirimu tidak lagi memiliki harga diri.

Pintu kesuksesan selalu terbuka untuk semua orang, dari semua usia baik itu anak-anak hingga tua. Anak-anak bisa dikatakan sukses karena sudah mampu berbicara dengan lancar, remaja bisa dikatakan sukses karena berhasil menjadi sang juara dikelasnya, masa dewasa bisa dikatakan sukses ketika mampu membina keluarganya, membuat orang tuanya tersenyum dan kehidupan yang mapan, masa tua sukses ketika memberikan pendidikan karakter yang baik buat generasi muda.

Baiklah kita kembali lagi kepada dirimu sendiri. Tanaman akan tumbuh subur ketika asumsi kebutuhannya terpenuhi, seperti pupuk yang cukup, air yang cukup, sinar matahari yang cukup. Begitu juga diri kita, ketika kita ingin tumbuh menjadi orang yang sukses maka mulailah menyiapkan asumsi yang kita perlukan yaitu dengan cara makan yang teratur dan sehat, lebih banyak membaca, dan melihat apa yang memberikan dampak positif bagi dirimu sendiri. Kemudian katakanlah tidak pada yang namanya “kegagalan”, katakana tidak pada yang namanya “keputusasaan”, katakana tidak pada yang namanya “menyerah”. Kegagalan itu adalah sebuah cobaan, masihkah kita bersabar dan mampu menerimanya dengan lapang dada, mampukah kita bangkit lagi. Sudah banyak tokoh-tokoh dunia yang mengajarkan kepada kita arti dari kegagalan dan keberhasilan. 

  • Ayooo….kita raih impian kita
  • Ayooo……kita buktikan kepada semua orang bahwa kita mampu menjadi orang sukses
  • Ayoo…..kita buktikan bahwa diri kita memiliki kemampuan yang hebat
  • Ayoo… buktikan bahwa harga diri kita tidak ternilai harganya.

Mulailah tersenyum dan bangkitlah dari keterpurukan

Ayoo….bangkit, dan buatlah tujuan hidup mu disebuah kertas kemudian tempelkan didinding kamarmu, supaya ketika kamu terbangun dari tidurmu akan selalu terbaca dan teringat dengan tujuan hidupmu yang sesungguhnya. Tapi ingat jangan pernah lupakan untuk berdo’a kepada sang pencipta.

* Dari cerita tersbut juga bisa kita ambil hikmah untuk menghargai dan mensyukuri nikmat-nikmat yang telah didapatkan. Jangan hanya menghitung masalah-masalah yang ada pada diri sendiri, tetapi nikmatilah semua itu dengan tenang. Setiap masalah itu sudah pasti ada jalan keluarnya dan anggaplah setiap masalah yang menimpa hidup kita itu sebagai ujian atau cobaan. 

Ketika kita berputus asa dalam menghadapinya, maka itu akan membuat kita menjadi orang yang gagal. Namun ketika kita menghadapinya dengan hati yang lapang dada, maka akan ada cahaya keberhasilan yang sedang menantinya.

  • Syukuri saat-saat bersama orang yang kita sayangi
  • Syukuri nikmat sehat yang selalu kita dapatkan
  • Syukuri nikmat dapat membantu orang lain dan peduli terhadap sesama
  • Syukuri nikmat bersama keluarga kecil kita
  • Dan syukuri karena keluarga-keluarga terdekat kita masih lengkap
  • Tersenyumlah

Posting Komentar untuk "Cerita inspirasi “Uang seharga 100 dolar”"