Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara hidup bermasyarakat supaya menjadi lebih baik

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Pernahkah anda berbaur atau berkumpul dengan orang-orang yang ada dimasyarakat?

Bagaimanakah perasaan anda? Mungkin sebagian orang akan merasa canggung atau takut ketika berinteraksi secara langsung terhadap masyarakat luas. Dan jika anda termasuk orang yang berpendidikan tinggi maka gunakanlah pendidikan tersebut untuk membantu masyarakat ditempat tinggal anda.

Jadilah sebagai pedoman untuk orang lain, bukannya menjadi beban terhadap orang lain. Untuk itu disini saya akan memberikan beberapa tips atau cara hidup bermasyarakat dengan tujuan agar mereka merasa senang dan bangga terhadap keberadaan kita. Sehingga dengan begitu kehidupan kita menjadi lebih baik lagi, baik kepada para tetangga, baik dengan warga lainnya, dan baik terhadap keluarga.

Cara hidup bermasyarakat

1. Hormati yang lebih tua

Yang namanya masyarakat tentu tidak sedikit orang-orang yang sudah tua, atau memasuki masa usia senja. Nah, karena banyaknya orang yang sudah tua hendaknya kita lebih menjaga sikap dan sifat. Jika sedang berbicara dengan mereka, maka bicaralah yang pantas dan sesuai untuknya, bukannya berbicara sebagaimana kita berbicara terhadap teman seusia. Kemudian ketika ingin lewat didepan mereka, maka gunakanlah adab serta tata krama, yaitu dengan cara mengucapkan kata “permisi” atau membungkukan badan.

Yang namanya adab itu di atas daripada ilmu. Biar berilmu tinggi tapi adab rendah, maka tidak akan diharaukan oleh mayarakat. Sebaliknya, walupun ilmu yang diperolah tidak tinggi tapi adab terhadap orang lain sangat baik, jelas itu akan menjadikan masyarakat bangga terhadap anda. Dan jika bisa antara adab dengan ilmu harus seimbang, makin tinggi ilmu yang dimiliki maka makin tinggi pula adab yang dimiliki, tentu itu semua sangatlah bagus.

2. Utamakan sikap sosial yang tinggi

Janganlah anda lebih mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan dengan kepentingan orang banyak. Dan utamakanlah sikap terhadap kepentingan orang banyak terlebih dahulu, sehingga orang lain akan merasa senang terhadap diri kita. Jika ada suatu kegiatan yang sedang dilakukan dimasyarakat, maka bersegeralah dalam membantunya. Bantulah dengan sekemampuan diri kita, dan tanpa adanya paksaan dari pihak mana pun.

Apabila kita lebih mengutamakan kepentingan orang banyak, maka orang akan merasa ada yang kurang atau kehilangan bilamana diri kita tidak ada ditengah-tengah mereka. Dan dari situ pula kita dapat menilai seberapa pentingkah diri ini dimasyarakat, apabila orang selalu menanyakan tentang keberadaan kita maka sudah pasti bahwa diri kita ini dibutuhkan dimasyarakat, dan sebaliknya apabila orang acuh terhadap ketidak adaannya diri kita dimasyarakat, maka tidak mustahil bahwa orang-orang tidak pernah peduli terhadap diri kita. Untuk itulah kita harus menanamkan sikap sosial yang tinggi dimasyarakat.

3. Berbuat baik terhadap tetangga

Tetangga adalah orang yang berada sangat dekat terhadap kita, walaupun tidak ada ikatan kekeluargaan. Dan tetangga pula lah yang akan menolong kita terlebih dahulu bilamana kita tertimpa musibah. Untuk itulah hendaknya berbuat baik terhadap para tetangga kita, dan anggaplah bahwa kita berkeluarga dengan mereka.

Apabila tetangga kita memerlukan bantuan maka segeralah membantunya, dan apabila kita memiliki rezeki yang berlebih maka senangkanlah anak-anak mereka. Misalnya memberikan pakaian, mainan atau memberikan mereka uang sekedar untuk jajan. Dan yang lebih penting lagi adalah jaga selalu hubungan yang baik dengan mereka, jangan sampai terjadi pertikaian apalagi sampai bermusuh-musuhan sehingga menyebabkan acuh tak acuh. Oleh sebab itu bilamana terjadi juga pertikaian maka segeralah memperbaikinya serta saling maaf memaafkan. Hidup akan selalu indah bilamana tidak adanya musuh yang kita miliki

4. Jangan pelit (pamalar)

Pelit atau dalam istilah bahasa sehari-hari disebut dengan pamalar, yaitu orang yang tidak mau mengeluarkan sebagian hartanya untuk membantu orang lain. Pelit merupakan sifat yang tidak terpuji, oleh sebab itu jika anda memiliki harta yang berlebih maka berikanlah sebagian harta anda untuk membantu orang lain yang sedang memerlukan bantuan.

Lawan dari sifat pelit ini adalah sifat dermawan. Jika pelit itu tadi adalah orang yang tidak mau memberikan sebagian hartanya untuk orang lain, sifat dermawan justru sebaliknya yaitu orang yang mau dan rela memberikan sebagian hartanya untuk membantu orang lain secara tulus ikhlas. Orang yang dermawan disebut juga dengan orang yang ringan tangan.

Jika anda tinggal dilingkungan masyarakat maka terapkanlah sfat dermawan ini, sebab sifat dermawan ini akan mendatangkan kebaikan untuk anda. Dan juga masyarakat akan merasa sangat senang dengan kehadiran keluarga anda disekitar tempat tinggal mereka. Namun sebaliknya, jika anda pelit maka orang-orang akan merasa benci terhadap kita, walaupun kebencian mereka tidak nampak terlihat dari depan.

5. Jangan bersikap sombong

Jika anda memeiliki harta yang banyak, jangan coba-coba bersikap sombong apalagi ditengah-tengah masayarakat. Orang tidak akan pernah segan terhadap kita, bahkan sebaliknya orang-orang justru merasa benci dengan kehadiran kita. Ingat yang namanya hukum karma itu bisa saja terjadi kepada setiap orang, apalagi terhadap orang yang sombong. Orang tidak akan mau menolong ketika suatu musibah menimpa keluarga kita, itu disebabkan akibat dari kesombongan yang kita miliki. Sifat sombong akan membuat hidup kita celaka, ingat semua yang ada pada diri kita ini seperti harta, pangkat, serta jabatan itu semua hanya bersifat sementara dan akan menghilang jika waktunya telah tiba.

Jadi, tidak ada yang perlu kita sombongkan terhadap apa pun yang kita miliki. Dan alangkah baiknya untuk bersikap secara sederhana meskipun kita memiliki harta yang banyak.

Demikianlah tadi beberapa tips atau cara hidup bermasyarakat yang dapat saya tuliskan, semoga ada manfaatnya buat orang-orang yang telah membacanya dan lebih khususnya untuk diri penulis sendiri. Jika terdapat kealahan kata dalam penulisan mohon dimaklumi serta dimaafkan. 

2 komentar untuk "Cara hidup bermasyarakat supaya menjadi lebih baik"

  1. Makasih infonya sukses terus.. http://bit.ly/2wdmZhu

    BalasHapus
  2. Bagus artikerlnya gan semoga sukses didunia blognya yaa.. http://bit.ly/2VV8Ioo

    BalasHapus