Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara input nilai ulangan akhir semester di dapodik terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Ulangan Akhir Semester 2 (Genap) segera tiba untuk kelas 1 - 5 tingkat SD, dan kela 7 - 8 untuk tingkat SMP. Hanya saja ada perbedaan dalam menginput hasil ulangan para siswa sekalian, baik itu tingkat SD maupun SMP. Jika tingkat SD hasil ulangan bisa diinput secara langsung melalui aplikasi Dapodik versi terbaru, sedangkan untuk SMP menggunakan aplikasi tambahan yaitu E-Rapor untuk menginput hasil ulangan siswanya.

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk membantu teman-teman operator lainnya dimana pun berada dalam menginput nilai ulangan baik itu hasil UN Kelas 6, maupun hasil UAS untuk kelas 1 -5 SD. Dan untuk Operator Sekolah yang telah berpengalaman, semoga artikel ini dapat mengingatkan kembali cara penginputannya, siapa tahu anda lupa cara inputnya. Dan bagi Operator Sekolah yang baru, semoga artikel ini dapat membantu serta meringankan masalah anda ketika ingin menginput nilai Ulangan Semester tapi tidak tahu caranya.

Langsung saja kita menuju ke TKP, cekiduuut!!!!!

Login DAPODIK

Pertama anda bisa login ke Dapodik milik sekolah sendiri ya teman-teman semua, bukan dapodik milik orang lain, apalagi milik tetangga bisa ribet urusannya. Hehehe

Jika sudah anda bisa memilih menu nilai, dan klik segitiga terbalik. Disana akan terdapat 2 opsi menu pilihan, 

1. Menu Rapor

Menu rapor ini digunakan untuk menginput hasil Ujian Akhir Semester 2 (Genap) dari kelas 1 - 6. Kenapa kelas 6 juga kembali diinput nilainya? Sebab ada berbagai mata pelajaran lagi yang dimiliki oleh kelas 6, seperti Pendidikan Agama Islam, PKn, IPS, PJOK, SBDP. Oleh sebab itu nilainya juga harus diinput.

2. Menu US/USBN

Menu ini digunakan untuk menginput hasil Ujian kelas 6 (khusus kelas 6) saja dengan 3 (tiga) kriteria mata pelajaran, yaitu Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

Jika sudah, anda bisa pilih nilai apa yang akan diinput kedalam dapodik.

Jika anda memilih menu US/USBN, maka ada 3 opsi nilai yang akan anda input, yaitu Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Caranya
  • Klik menu US/USBN
  • Maka akan muncul menu dengan tampilan Mata Evaluasi US/USBN
  • Selanjutnya, anda pilih filter rombel dan pilih rombel kelas 6
  • jika sudah klik menu tambah, dan pilih 3 opsi mata pelajaran yang akan diinputkan, yaitu Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia. Jika sudah klik simpan.
  • Jika mata pelajaran telah ditambahkan, silahkan double klik (2 kali klik) salah satu mata pelajaran tersebut, maka akan muncul nama-nama siswa kelas 6 kita disebelah kana.
  • Selanjutnya anda klik salah satu nama siswa, dan pilih menu export dan import yang berada dibagian atas, kemudian klik segitiga terbaliknya. Disana akan muncul 2 opsi, yaitu:
1. Unduh format excel untuk import

Fungsinya adalah kita akan mendownload file excel, yang mana nantinya didalam menu excel tersebut akan kita isi kan nilai yang diperoleh oleh siswa tersebut. Letakkan file excel hasil download tersebut ditempat yang menurut anda mudah diingat. Dan jika sudah mengisi nilainya pilih simpan.

2. Import dari excel

Menu ini berfungsi untuk mengembalikan nilai hasil inputan di file excel tersebut, sehingga nilainya akan masuk secara otomatis kedalam aplikasi dapodik anda. Dan pada menu ini anda harus mencari letak file excel yang telah didownload tersebut.

Catatan: untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia ada nilai predikat A, B, C, D, E untuk siswa anda, silahkan diisi sesuai dengan penilaian anda pada siswa tersebut pada file excel yang telah didownload tersebut.

Dan begitu setusnya, jika anda ingin menginput nilai dari siswa yang lainnya lakukanlah hal seperti diatas tadi, download file excel→isi nilai file tersebut→simpan→import kedalam aplikasi dapodik.

* Untuk mengisi nilai pada menu Rapor, caranya sama seperti mengisi nilai pada menu US/USBN, yaitu:

Pilih rombel kelas→klik menu tambah→pilih nam mata pelajaran→double klik pada salah satu mata pelajaran→klik nama siswa→download file excel→isi nilai di file excel→import file excel→kedalam aplikasi dapodik.

Dan cara untuk mengisi nilai ulangan dikelas yang lain lakukanlah seperti halnya saat mengisi nilai ulangan pada menu US/USBN, hanya saja jika sekolah anda menggunakan Kurikulum 2013 ada beberapa tambahan opsi nilai yang harus diisi, semisal nilai spritual dan nilai sosial siswa. Dan nilai yang diinputkan kedalam aplikasi dapodik adalah nilah yang sudah final (sudah benar-benar matang). 

Posting Komentar untuk "Cara input nilai ulangan akhir semester di dapodik terbaru"