Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan mancing ikan sanggang di sungai

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin......
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Oh, ya artikel kali ini tentang suatu tips bagaimana tata cara membuat umpan ikan sanggang disungai. Apakah anda tahu dan kenal dengan ikan sanggang? Jika belum maka saya akan jelaskan tentang ikan sanggang tersebut.

Sebagai masyarakat Kalimantan Selatan, tepatnya di daerah Kabupaten Tabalong tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ikan sanggang ini. Apalagi jika seseorang itu memiliki hoby memancing, tentu sangat mengenal ikan ini. Dan biasanya ikan ini hidup disungai-sungai yang memiliki air cukup dalam, baik itu air yang berarus deras maupun berarus tenang. Ikan ini sangat menyukai umpan-umpan yang mmemiliki aroma wangi (harum), karena ia lebih mengandalkan indra penciumannya dalam mencari makan. Ikan ini diidentik dengan warna putih dengan sirip bagian atasnya berbentuk meruncing.

Tarikan ikan ini cukup kuat, sehingga ketika mendapatkan sambarannya maka pengalaman dalam memancinglah yang akan berbicara. Jika anda tidak bisa memainkannya, maka bukan hal mustahil jika anda akan gagal mendapatkan ikan ini. Ikan sanggang ini biasanya dipancing ketika keadaan air sedang surut (pasang), dan dengan warna air yang cukup jernih. Sebutan lain untuk nama ikan sanggang ini adalah ikan kelabau.

Jadi, untuk memancing ikan sanggang ini ada beberapa peralatan serta umpan yang harus anda persiapkan. 

Mari kita bahas satu persatu, cekiduuutttt!!!!

Peralatan memancing ikan sanggang

Ada beberapa hal yang mesti anda ketahui jika ingin memancing ikan sanggang ini, apalagi jika anda pertama kalinya memancing ikan ini. Peralatannya yaitu:

1. Joran

Joran (unjun) yang digunakan harus bersifat lentur atau lemah, namun memiliki kekuatan yang bisa diandalkan. Kenapa mesti joran yang lentur? Sebab sambaran (patukan) ikan sanggang ini sangat kecil, sehingga tidak akan terlalu nampak sebagaimana sambaran ikan-ikan lainnya. Jika secara kasat mata hampir tidak terlihat sambaran ikan sanggang ini. Untuk itulah kelenturan joran sangat diandalkan dalam memancing ikan sanggang ini. Jadi dengan joran yang lentur tersebut, maka kita akan dapat melihat sambaran ikan tersebut.

Jika anda ingin memiliki joran yang pas untuk memancing ikan sanggang ini, maka Anda bisa datang dan bertanya kepada toko-toko yang menjual alat pancing tentang joran yang akan digunakan dalam memancing ikan sanggang.  

2. Benang atau nelon

Benang atau nelon yang digunakan bukanlah nelon yang sembarangan, seperti halnya joran tersebut. Jadi nelon yang digunakan harus sesuai dengan joran tersebut, jangan menggunakan nelon berukuran besar sebab sambaran ikan sanggang tidak akan terlihat, dan jangan gunakan nelon yang berukuran sangat kecil, sebab jika terjadi penarikan oleh ikan maka benang akan putus. Jadi gunakanlah nelon yang sedang, yaitu ukuran 0,20, 0,21, atau 0,22. Kebanyakan orang yang memancing ikan sanggang ini menggunakan nelon ukuran 0,21. adapun warna nelon terserah anda saja, namun saya merekomendasikan warna putih saja, sebab warna putih jika diair tidak akan nampak terlihat, sehingga ikan tidak curiga. Dibandingkan dengan warna lain seperti hitam, merah, kuning, hijau akan terlihat nampak didalam air.

3. Kail (kawat)

Gunakanlah kail yang berukuran besar seperti nomor 10 atau 11. Sebab ikan jarang terlepas ketika terkena kail dengan nomor tersebut. Namun ada sebagian orang yang menggunakan kail dengan nomor 9, ya ini sah-sah saja jika ingin menggunakan, hanya saja ikan kemungkinan besar akan terlepas jika terjadi permainan dalam perlawanan ikan (strike). Untuk jenis kail terserah anda saja, bagi saya pribadi jenis kail itu sama saja yang terpenting nomornya.

4. Pemberat atau timah

Gunakanlah pemberat atau timah ketika ingin memancing ikan sanggang, tujuannya adalah agar tali benang (nelon) tidak mudah larut terbawa arus air. Dan untuk ukurannya sesuaikan dengan keadaan sungai, jika berarus deras gunakanlah pemberat yang cukup besar, dan jika berarus tenang gunakanlah pemberat yang memiliki ukuran sedang.

Perlu diingat, peralatan yang dibawa jangan sedikit sebab bisa jadi kail anada akan tersangkut di kayu atau terputus karena tarikan ikan. Ya, untuk antisipasi mending membawa banyak. Dan gunakan lah 2 atau 3 joran dalam memancing ikan sanggang ini, jangan cuma mengandalkan satu joran saja.

Persiapan untuk umpannya


Jika tadi persiapan untuk perlengkapan memancingnya, sekarang mempersiapkan umpan yang akan digunakan. Seperti yang saya katakan diatas tadi, bahwa ikan sanggang menyukai umpan-umpan yang berbau wangi, untuk itu disini saya merekomendasikan umpat yang akan digunakan adalah biskuit crispy crackers, sebab biskuit tersebut memiliki aroma yang cukup wangi sehingga disukai oleh ikan sanggang.

Adapun tata cara pengulahannya, yaitu:

Ambillah sebungkus biskuit crispy crackers, kemudian blenderlah sampai berbentuk seperti tepung. Campurannya anda bisa menggunakan mie instan yang juga diblender, tujuannya supaya nanti umpan akan kuat dan tidak mudah terlepas ketika dilempar kedalam air. Perlu diingat jangan pakai bumbu memblender mie instannya, kalau jenisnya terserah anda saja. Dan jika anda tidak ingin bercampur, ya ok-ok saja.

Selanjutnya berilah air secukupnya (jangan terlalu banyak), supaya umpan crispy yang telah menjadi tepung tersebut menjadi kental, umpan pun siap untuk dapat digunakan dalam memancing ikan sanggang.

Catatan: anda bisa juga menambahkan vanilla pembuat kue, supaya umpan lebih beraroma wangi (harum). Menambahkannya sebelum crispy yang menjadi tepung tadi belum dicampur dengan air.

Demikianlah tips untuk memancing ikan sanggang yang dapat saya berikan, semoga ada manfaatnya bagi para pemancing sekalian, khususnya bagi yang ingin memancing ikan sanggang.

2 komentar untuk "Umpan mancing ikan sanggang di sungai"