Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi: Hikmah tumbuhnya Uban di kepala

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Gambar oleh: ceritamedan.com

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Jika ditanya tentang apa itu uban dikepala tentu semua orang mengetahuinya, bahwa uban itu adalah suatu perubahan yang terjadi pada rambut seseorang dan dilambangkan dengan warna putih. Baik pria maupun wanita sudah tentu akan mendapatkan uban dikepalanya suatu hari ini nanti, apalagi jika sudah memasuki usia senja atau sudah tua. Tentu sudah pasti banyak uban dikepalanya

Penyebab utama uban adalah masa tua yang menghampiri kita, sebab semakin tua kita maka sel pigmen yang ada pada akar rambut akan mati, sehingga dengan kematian sel pigmen ini yang akan menyebabkan munculnya uban dikepala.

Nah, untuk itu disini penulis akan menuliskan beberapa hikmah dengan adanya uban dikepala, sehingga dengan begitu menjadikan kita akan lebih tersadar dengan kehidupan ini.

Hikmah tumbuhnya uban dikepala

1. Sebagai tanda berada dimasa tua

Uban adalah pertanda bahwa masa tua sedang menemani kehidupan kita. Banyak orang yang merayakan hari kelahirannya disetiap tahun, karena dengan merayakan hari kelahiran kita mengetahui bertambahnya usia pada diri ini, padahal sebenarnya usia kita justru semakin berkurang. Memang benar jodoh, rezki, kematian tidak ada yang mengetahuinya dan sudah ada yang mengatur. Untuk itulah kita dianjurkan berdo’a semoga mendapatkan umur yang panjang, sehingga banyak bekal nantinya yang akan dibawa ketika usia kita telah sampai

Nah, jadi ketika kita mengetahui bahwa masa tua sedang bersama kita maka hendaklah kita mempersiapkan dan membenahi kehidupan kita sehingga menjadi lebih baik lagi. Karena siapa tahu usia kita hampir sampai, oleh sebab itu sadar akn hal kehidupan ini sangatlah penting. Kerjakanlah apa yang menjadi kewajiban kita sebagai umat beragama, jangan sia-siakan masa tua dengan hal yang tidak baik.

2. Sebagai tanda hilangnya masa remaja

Uban juga menandakan bahwa sudah hilangnya masa remaja pada diri kita, kekuatan fisik maupun perilaku tidak seperti dimasa muda. Kekuatan fisik mulai melemah, sehingga gampang terserang penyakit. Untuk itu lah uban dapat memberitahukan kita bahwa masa remaja sudah selesai, jangan pernah menjadi seperti yang biasa pepatah katakan “tua-tua keladi, makin tua makin jadi”. Orang yang makin tua makin jadi, itu menandakan bahwa dirinya beranggapan masih muda sehingga berperilaku demikian. Dan ia tidak sadar dengan masa yang sedang terjadi padanya, ia lupa bahwa sudah ada uban dikepalanya.

Jangan terlena terhadap mewah dan serunya dunia, karena ini sifatnya hanya sementara. Lebih baik memperbaiki diri agar tetap berada dijalan yang benar. 

3. Sebagai pemberi pelajaran kepada yang lebih muda

Uban menandakan bahwa usia yang ada pada diri ini sudah semakin tua, dan sudah lama hidup. Untuk itulah gunakan uban yang sebagai tanda masa tua tersebut untuk mengajarkan kebaikan kepada generasi yang muda. Ceritakanlah perjalanan hidup yang pernah dilalui, sehingga para generasi muda dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari cerita yang telah disampaikan. Ajaklah mereka semua untuk berbuat kebaikan, bukannya diri kita yang harus mengikuti para generasi muda. Ingat pada uban yang ada dikepala kita tersebut.

4. Sebagai pencegah untuk berbuat buruk

Uban juga dapat mengingatkan anda jika suatu saat ingin berbuat buruk atau kejahatan, jika anda ingin melakukan suatu tindak kejahatan lihatlah uban yang ada dikepala, dengan begitu menjadikan kita tersadar akan usia pada diri ini dan dengan begitu menghindarkan kita untuk berbuat kejahatan.

5. Sebagai pertanda matangnya pemikiran

Uban juga dapat menjadi acauan sebagai matangnya pemikiran yang dimiliki orang tersebut, sehingga ketika ingin melakukan sesuatu benar-benar dipikirkan secara baik dan benar. Dan dengan uban dapat menjadikan diri kita lebih bijaksana lagi dalam menghadapi suatu perkara atau menyelesaikan suatu permasalahan, sebab orang yang telah beruban dianggap sebagi sepuh dan perkataannya bisa diambil pelajaran atau didengarkan.

Demikianlah dahulu hikmah uban yang ada dikepala yang dapat saya tuliskan, semoga ada manfaat dan pelajaran yang bisa didapatkan dari tulisan sederhana ini. Dan mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan katanya. 

Posting Komentar untuk "Inspirasi: Hikmah tumbuhnya Uban di kepala"