Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesalahan-kesalahan terhadap hasil karya orang lain

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Gambar oleh: dictio.id

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Dizaman sekarang ini banyak orang yang tidak mau mengerti terhadap apa yang telah diperbuat oleh orang lain, sehingga dengan kata lain dari kesalahan ini akan menimbulkan konflik terhadap sesama. Indonesia merupakan salah satu negara terbesar di Asia Tenggara, dan memiliki penduduk yang cukup padat. Dari banyaknya penduduk di negara Indonesia ini berbagai keahlian atau keterampilan dimiliki oleh orang-orangnya, seperti keterampilan dibidang musik, dibidang seniman, dibidang tekhnologi, dibidang tata bahasa, dibidang pendidikan, dan sebagainya.

Ketika ada seseorang yang sedang belajar dibidang tekhnologi internet, contohnya seperti membuat aplikasi, menulis artikel, membuat video animasi, lantas apa yang mesti kita lakukan terhadap hasil karya mereka? Dan ketika ada yang sedang menekuni atau belajar dibidang tata bahasa, contohnya membuat puisi, cerpen, membuat cerita fabel dan sebagainya, lantas apa yang mesti kita lakukan terhadap hasil karya yang telah mereka buat? Alangkah lebih baiknya kita dukung dan berikan motivasi terhadapnya, sehingga dengan begitu menimbulkan motivasi yang lebih tinggi lagi dalam berkarya, dan bukan membuatnya down atau tidak bersemangat. Disini saya akan menuliskan beberapa kesalahan yang biasa atau sering terjadi terhadap hasil karya orang lain, dan mudah-mudahn dengan ini kita tersadar sehingga lebih bisa lagi menghargai hasil karya orang lain.

Kesalahan terhadap hasil karya orang lain

Ada beberapa kesalahan yang biasa kita lakukan terhadap hasil karya orang lain, dan ini sering terjadi didalam kehidupan ini, diantara:

1. Tertawa

Sering kita lihat atau dengar bahwa ada orang yang mentertawakan hasil karya orang lain, padahal ini adalah salah satu perbuatan yang tidak baik. Emangnya anda pikir membuat suatu hasil karya untuk diketahui oleh orang lain atau untuk memberikan manfaat kepada orang lain itu mudah, tidak semudah membalikkan telapak tangan bro.

Untuk membuat suatu hasil karya yang baik diperlukan waktu, pemikiran, serta kreatifitas yang baik, maka dari itu tidak sepantasnya kita tertawa melihat atau membaca hasil karya orang lain. Coba seandainya anda yang membuat suatu karya apa pun itu bentuknya, namun ditertawakan orang lain. Bagaimana perasaan anda?

Oleh sebab itu mulai sekarang belajarlah untuk menghargai hasil karya yang telah orang lain lakukan, apa pun itu dan bagaimana pun bentuknya hendaknya jangan pernah tertawa karena diri kita belum tentu bisa berbuat seperti yang demikian itu.

Usahakan mulai dini untuk belajar menghargai hasil karya orang lain dan tidak mentertawakannya.

2. Mengolok-oloknya

Kesalahan kedua yang biasa kita lakukan terhadap hasil karya orang lain adalah dengan mengolok-oloknya dengan mengatakan “saya juga bisa membuat yang demikian”. Ingatlah bahwa hal ini juga termasuk perbuatan yang tidak baik. Jika anda juga bisa membuat seperti halnya yang demikian, kenapa tidak anda lakukan?

Jika pun anda berkata seperti itu, maka anda salah satu orang yang sombong. Kenapa sombong? Sebab anda merasa mampu membuat karya yang sama, andaipun anda bisa membuat tidak semestinya berkata seperti itu. Jika anda juga memiliki kemampuan, silahkan berkarya sesuai dengan kemampuan anda dan berikan manfaat terhadap orang lain, bukan mengolok-olok hasil karya orang lain.

Biasakanlah untuk diam saja ketika melihat, membaca, atau merasakan hasil karya orang lain, jika anda tidak bisa membuat hal yang demikian. Dan jika anda bisa membuat hal yang demikian, maka tunjukkanlah serta perlihatkan kepada orang lain.

3. Memberikan komentar yang berlebihan

Kesalahan selanjutnya adalah kebiasaan untuk memberikan komentar yang berlebihan terhadap hasil karya orang lain. Komentar itu sebenarnya bagus untuk meningkatkan motivasi dalam berkarya, hanya saja jangan berlebihan. Jika anda ingin memberikan komentar, maka berilah komentar yang sifatnya membangun bukan komentar yang sifatnya menjatuhkan.

Maka dari itu berpikirlah terlebih dahulu sebelum anda berucap, supaya tidak terjadi kesalahan atau pertikaian. Karena jika kita memberikan komentar yang berlebihan, maka tidak menutup kemungkinan sang pembuat karya tersebut merasa tersinggung dan membenci diri kita didalam diri mereka. Maka dari itu saling menghargai itu jauh lebih baik, daripada hanya memberikan komentar.

4. Mengakui hasil karya milik orang lain

Kesalahan ini sering terjadi dizaman sekarang, tidak sedikit orang yang mengakui hasil karya orang lain menjadi hasil karya miliknya sendiri. Ini salah satu kejahatan yang luar biasa, dan bisa mendapat tindak pidana jika pemilik asli keberatan terhadap perilaku yang kita lakukan. 

Alangkah baiknya kita meminta ijin atau menggunakan hasil karya orang lain dengan seadanya tanpa harus merubah-merbuhnya sehingga terlihat berbeda dan dapat di akui menjadi milik diri sendiri. Dan lebih baik kita bertanya serta belajar bagaimana membuat suatu karya tersebut, sehingga dengan usaha dan tenaga yang dimiliki kita dapat membuatnya sendiri tanpa harus melakukan duplikat terhadap karya orang lain.

Walaupun kita ingin menggunakan hasil karya orang lain atau menduplikatnya, maka sebaiknya kita ikut sertakan sumbernya (pemilik asli)nya, sehingga dengan begitu kita dan bertanggung jawab atas apa hasil karya orang lain itu dan tidak dianggap sebagai pencuri.

Posting Komentar untuk "Kesalahan-kesalahan terhadap hasil karya orang lain"