Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bubur Kacang Hijau: Olahan nikmat versi emak-emak di rumah

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Artikel kali ini berisikan tentang informasi tata cara pembuatan Bubur kacang hijau. Mungkin dalam pengolahan bubur kacang hijau ini diberbagai daerah memiliki cara masing-masing, dan juga cita rasa yang berbeda. Dan artikel yang saya tulis ini tentang pembuatan bubur kacang hijau versi emak-emak kami di desa masintan.

Bagaimana pembuatannya?

Cekiduutttt,,,langsung saja dibaca artikelnya dan dipraktekkan dan semoga hasilnya memuaskan.

Bubur kacang hijau

Kacang hijau adalah jenis tumbuhan yang termasuk dalam suku polong-polongan. Dan pada masyarakat luas dikenal dengan nama palawija, serta tumbuh di daerah tropika. Kacang hijau memiliki banyak sekali manfaat dalam kehidupan sehari-hari,yaitu sebagai sumber bahan pangan berprotein tinggi.

Dan bubur kacang hijau adalah salah satu makanan khas nusantara, yang tentunya berbahan dari kacang hijau dan dimasak dengan santan serta gula aren.

Adapun manfaat dari kacang hijau itu sendiri, diantaranya:
  • Kaya akan protein, Kacang hijau kaya akan kandungan berupa asam amino yang dihasilkan  oleh albumin dan globulin.
  • Membersihkan racun dalam tubuh, hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung protein, tannin dan flavonoid yang efektif berfungsi sebagai pembunuh atau pembersih pestisida yang ada didalam tubuh.
  • Penurun berat badan, yang sedang ingin menurunkan berat badannya, hendaknya mencoba masakan yang berbahan kacang hijau ini. Hal ini dikarenakan kacang hijau mengandung kadar protein dan serat yang tinggi, sehingga dengan mengkonsumsinya membuat seseorang akan mudah merasa kenyang.
  • Menurunkan kadar kolesterol, bagi yang kolesterol tinggi hendaknya mencoba makanan yang berbahan kacang hijau. Hal ini dikarenakan kacang hijau mampu memperbaiki pembuluh darah yang rusak dan mengurangi pembengkakan akibat dari kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.
Ya, mungkin itulah sebagaian manfaat dari kacang hijau. Kecil bendanya namun memiliki banyak manfaat. 

Kita lanjutkan lagi artikelnyanya, yaitu bagaimana scara pembuatan bubur kacang hijau versi emak-emak kami?

Langsung saja dibaca artikelnya

Pembuatan bubur kacang hijau

Bahan yang dipersiapkan untuk pembuatan bubur kacang hijau, yaitu;
  • kacang hijau 1/4
  • bawang putih 3 biji
  • gula merah
  • gula putih
  • jahe secukupnya
  • santan secukupnya
  • kayu manis 
  • telor (jika ingin)
Cara pembuatannya;
  • Ambil kacang hijau tersebut, kemudian rendam dia air yang bersih. Ini bertujuan agar kacang hijau yang kualita baik akan terlihat, jika kacang hijau tersebut tenggalam di air, itu berarti memiliki kualitas baik, dan jika terlihat timbul maka bisa dipastikan itu kualitasnya buruk, dan segera ambil kemudian dibuang. Dan juga tujuan perendaman kacang hijau ini agar nantinya ketika dimasak akan cepat matang. Rendamlah sekitar satu harian.
Jika tidak ingin merendamnya di air, bisa juga lakukan hal seperti ini. Rebus terlebih dahulu kacang hijau tersebut sampai cukup lemah, kemudian bangkit dan tiriskan. Setelah itu olek sedikit hingga terlihat pecah-pecah kacang hijaunya, tapi ingat jangan sampai hancur mengoleknya.
  • memarkan 3 biji bawang putih
  • memarkan jahe
  • kocok telor ditempat atau wadah yang lain. Berapa biji telor? Itu tergantung selera masing-masing. Kalau kami satu biji cukup.
  • jika sudah, masuk tahap selanjutnya, panaskan air di dalam panci kemudian masukkan kacang hijau tersebut kedalamnya, tambahkan santan, gula merah, bawah putih serta jahe yang sudah di memarkan tadi dan tambahkan sedikit kayu manis. Sambil di aduk terus, kemudian jika sudah hampr masak, masukkan kocokan telor tersebut. Dan jika sudah masak, hidangkan dipiring. Bubur kacang hijau siap untuk disantap.
Selamat mencoba dan semoga berhasil mengolahnya!!!!!!!   

Posting Komentar untuk "Bubur Kacang Hijau: Olahan nikmat versi emak-emak di rumah"