Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah membuat manisan dari buah siit

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin…
Kita harus bersyukur hidup di Negeri Nusantara ini, selain kekayaan alamnya juga terdapat kekayaan buahnya, beragam buah-buahan tumbuh subur di bumi Nusantara ini dan inilah yang patut dan sepantasnya kita syukuri.

Salah satu buah yang akan kita bahas disini adalah buah siit. Pohon buah siit tumbuh subur di hutan kalimantan, pohon tersebut tumbuh seperti pohon buah siit memiliki duri-duri yang lumayan tajam, sehingga jika terkena kulit akan lumayan menyakitkan. Untuk itulah perlu kehati-hatian dalam mendapatkan buah siit ini.

Buah siit berukuran bulat kecil dengan kulit luar bersisik seperti kulit buah salak pada umumnya. Buah siit ini bertangkai-tangkai dan memiliki rasa kalat. Arti kata kalat ini diucapkan dalam bahasa banjar, jika ingin tahu bagaimana yang namanya rasa kalat ini, anda bisa mencobanya dengan cara memakan buah salak yang masih muda (belum matang dengn biji masih kekuning-kuningan). Nah, itulah arti kata rasa kalat.

Penyebutan buah siit ini pun beragam, ada juga yang memberi nama dengan sebutan buah tu’u. Dan buah siit atau tu’u ini dapat diulah sebagai manisan yang tentunya memiliki cita rasa manis, bahan yang digunakan pun sangatlah sederhana.

Manisan buah siit

Bahan yang diperlukan diantaranya, yaitu:
  1. Buah siit itu sendiri
  2. Garam
  3. Sedikit air
  4. Toples
Pertama, anda harus mengupas kulit buah siit dan mengmpulkan buah sit tersebut.

Kedua, jika sudah dikupas, anda dapat mencucinya terlebih dahulu sehingga buah siit lebih bersih lagi.

Ketiga, silahkan anda masukkan buah siit yang telah dibersihkan tadi kedalam sebuah toples, kemudian berilah sedikit air.

Keempat, berikan garam kedalam toples tersebut dan jangan terlalu banyak takutnya terlalu asin. Hehehehe………..dan perlu diingin, garam yang digunakan adalah garam untuk memasak di dapur biasanya.

Kelima, aduk rata dan biarkan garam tercampur dengan buah siit tersebut. Kemudian tutuplah rapat-rapat toples tempat buah siit itu dan diamkan 2-3 hari.

Buah siit yang telah masak di dalam toples dapat diketahui melalui tekstur kulit buah yang berubah kehitaman dan lebih kenyal. Rasanya pun berubah ada manis-manisnya, tapi anda jangan memakannya terlalu banyak sebab sisa buah siit bisa menempel di sela-sela gigi.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada.

1 komentar untuk "Cara mudah membuat manisan dari buah siit"