Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal ikan barah mata dari sungai Tabalong

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Pertama saya ucapkan ribuan terima kasih kepada para pembaca artikel sekalian dimana pun anda berada, lebih khusus lagi ucapan terima kasih bagi yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog serta artikel-artikel saya yang lainnya. Dan saya memohon maaf jika dalam penulisan artikel ini terdapat kata-kata yang kurang pantas atau kesalahan dalam penulisannya.

Tabalong merupakan suatu Kabupaten yang di provinsi Kalimantan Selatan, mayoritas masyarkatnya bermata pencaharian sebagai seorang petani dan berkebun, lebih khususnya lagi yang berada dipedesaan. Selain itu Tabalong juga memiliki sungai yang membentang cukup luas dan mengalir ke Kabupaten Hulu Sungai.

Berbagai jenis ikan hidup disungai Tabalong ini, salah satunya ikan yang biasa disebut oleh masyarakat dengan nama Barah Mata.

Untuk lebih jelasnya, silahkan dibaca artikel ini sampai habis!!!!

Gratisss!!!!!

Ikan Barah Mata

Barah mata adalah ikan yang hidup di sungai-sungai air tawar, biasanya hidup dibawah batang atau ranting kayu yang berada di dasar sungai. Apakah ikan ini juga hidup di sungai-sungai yang ada di pulau lain selain Kalimantan belum diketahui pastinya.

Alasan kenapa diberi nama dengan sebutan iikan barah mata sebab ikan ini memiliki mata berwarna merah seperti darah, oleh sebab itulah disebut dengan nama ikan berah (darah) mata.

Ikan ini memiliki sungut dibawah mulutnya dan berukuran seperti ikan mas, bentuk mulut seperti halnya ikan puyau dan sisik yang berwarna kekuning-kuningan. Ikan ini memiliki tekstur daging yang sangat empuk ketika dimasak.

Jika anda ingin memancing ikan jenis ini, gunakanlah umpan yang memiliki aroma wangi, sebab ikan ini sangat menyukai umpan beraroma wangi.

Namun sayangnya keberadaan ikan ini mulai sulit di dapatkan karena habitatnya sudah mulai rusak oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Hanya karena ingin memenuhi hasrat pribadinya, ia rela merusak habitat ikan dengan berbagai cara. Semoga orang yang seperti ini sadar atas kesalahannya sehingga tidak mengulangi perbuatannya lagi. Amiin…….

Nah, itulah tadi sedikit pengenalan tentang ikan yang bernama barah mata yang ada di Kalimantan Selatan lebih tepatnya Kabupaten Tabalong, semoga ikan ini tetap lestari dan tidak tinggal namanya saja lagi.

Post a Comment for "Mengenal ikan barah mata dari sungai Tabalong"