Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbandingan senter jaman dulu dengan senter jaman sekarang

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Pertama saya ucapkan ribuan terima kasih kepada para pembaca artikel sekalian dimana pun anda berada, lebih khusus lagi ucapan terima kasih bagi yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi blog serta artikel-artikel saya yang lainnya. Dan saya memohon maaf jika dalam penulisan artikel ini terdapat kata-kata yang kurang pantas atau kesalahan dalam penulisannya.

Kali ini saya kembali menuliskan sebuah benda yang sangat terkenal pada jaman dahulu yang bernama Senter. Mengapa benda ini bisa terkenal? Sebab benda ini memiliki manfaat yang beragam. Salah satunya untuk pergi kemana-mana, karena jaman dahulu keadaan masih sangat gelap sebab tidak adanya lampu jalanan atau aliran listrik, kemudian hutan-hutan pun masih banyak. Oleh sebab itulah diperlukan alat yang bernama senter ini. Untuk lebih jelasnya tentang alat yang bernama senter ini, anda bisa membaca artikel ini hingga habis.

Penjelasan singkat tentang senter

Senter adalah sebuah benda portable yang dapat menghasilkan cahaya untuk menerangi gelapnya malam dan dioperasikan dengan baterai. Biasanya sumber cahaya yang dihasilkan senter ini dari sebuah bola lampu pijar berukuran kecil yang ada dibagian depan dan tertutup oleh kaca.

Saat lampu padam dan keadaan gelap senter sangat diperlukan keberadaannya, atau ketika sedang ingin camping atau berkemah, maka yang namanya senter ini jelas sangat diperlukan keberadaannya.
Hingga berkembangya tekhnologi seperti sekarang ini membuat senter pun berevolusi lebih canggih dan praktis dari yang dahulu kala.

Pebedaan senter jaman dahulu dengan jaman sekarang

1. Senter jaman dahulu mengandalkan tenaga baterai sebagai sumber dalam menghasilkan cahayanya. Dan baterai yang terkenal pada waktu dahulu bernama baterai ABC, ukurannya pun lumayan besar. Jika cahaya yang dihasilkan senter mulai meredup itu berarti baterai yang ada didalam badan senter sudah mulai habis tenaganya, dan segeralah menggantinya. Namun anda tidak usah khawatir, sebab waktu yang dimiliki oleh tenaga baterai ini lumayan lama juga, sehingga anda tidak perlu khawatir untuk terus menggantinya. 

Senter jaman sekarang lebih praktis lagi yaitu dengan cara mengandalkan tenaga listrik sebagai sumber kekuatannya dalam menghasilkan cahaya. Oleh sebab itu sebelum anda menggunakan senter jenis ini, anda terlebih dahulu mengecesnya seperti mana anda ces handphone. Dan waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal cukup lama sekitar 1 jam atau bisa juga lebih. Tenaga yang dihasilkan tidak cukup lama, sehingga tidak bisa digunakan terus menerus. Anda mesti selalu menecesnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali.

2. Ukuran senter jaman dahulu beragam, ada yang berukuran memanjang dan menggunakan 2 batrai besar, dan ada juga yang memiliki ukuran persegi dengan batrai yang diperlukan sebanyak 4 biji. Dan di era jaman sekarang ini walaupun masih ada senter yang menggunakan batrai, hanya saja batrai yang digunakan berukuran kecil sebagai mana ukuran batrai jam dinding. Tidak seperti senter jaman dahulu yang memiliki batrai yang besar dan lumayan tahan lama.

Ukuran senter jaman sekarang ini pun beragam, ada yang berukuran kecil dengan adanya bagian tombol untuk mengeluarkan colokan yang dapat digunakan sebagai pengeces dibagian ujungnya, ada juga yang berbentuk besar seperti lampu tabung dengan memiliki lampu-lampu pijar di dalam badanya, biasanya menggunakan kabel colokan untuk mengecesnya, dan ada juga yang berukuran seperti persegi dengan lampu-lampu pijar kecil sebagai pemberi cahayanya.

3. Dari segi pencahayaan, senter jaman dahulu menghasilkan cahaya yang kekuning-kuningan, sedangkan senter jaman sekarang ini menghassilkan cahaya yang berwarna keputih-putihan.

4. Baik senter jaman dahulu maupun jaman sekarang sama-sama pada memiliki tombol untuk mengatur hidup/mati, turn/off nya senter.
Nah, itulah tadi beberapa perbaedaan serta perbandingan antara senter di jaman dahulu dengan senter di jaman sekarang ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

2 comments for "Perbandingan senter jaman dulu dengan senter jaman sekarang"