Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah melihat hasil Info GTK 2019 semester ganjil

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Info GTK adalah suatu sarana atau website yang disediakan oleh Ditjen GTK untuk melihat hasil dari kiriman melalui aplikasi Dapodik, salah satunya adalah data lengkap PTK yang sudah menjadi PNS dan memiliki sertifikat pendidik. Selain itu, di Info GTK kita juga dapat melihat terbit atau tidaknya surat untuk pembayaran tunjangan profesi (sertifikasi) kepada PNS yang berada di sekolah-sekolah negeri binaan pemerintah daerah.

Cara melakukan pengecekan atau melihat Info GTK di tahun 2019 semester ganjil ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun sebelumnya untuk melakukan pengecekan Info GTK dilakukan menggunakan akun berupa  NUPTK atau NRG PTK yang bersangkutan, dan paswordnya berupa tanggal lahir PTK tersebut. Nah, di tahun 2019 semester ganjil ini supaya dapat melakukan pengecekan Info GTK digunakan akun berupa email dan password yang telah dibuatkan oleh operator sekolah di dalam aplikasi dapodik. 

Untuk lebih jelasnya cara melakukan pengecekan Info GTK tahun 2019 semester ganjil ini, anda dapat melakukannya dengan melakukan langkah-langkah berikut:
  1. Silahkan kunjungi link http://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Selanjutnya, pada kolom Account PTK anda isi dengan email PTK yang ada di dalam aplikasi dapodik. Email PTK dapat di lihat melalui menu penugasan PTK pada alikasi dapodik, dan yang perlu di ingat ketika mengisi kolom Account PTK untuk Info GTK email yang dituliskan harus sama persis sesuai dengan yang ada pada aplikasi dapodik. Pada kolom Password PTK anda isi kan sesuai dengan apa yang telah di buat pada aplikasi dapodik. 
  3. Isi kode chaptcha sesuai dengan yang tertera
  4. Klik login
  5. Maka tampilan laman Info GTK untuk PTK pun dapat terlihat, silahkan di print atau cetak untuk digunakan sebagai bahan pemberkasan syarat pembayaran sertifikasi.

Catatan:

Disini saya akan mencoba memberikan solusi bila mana anda tidak berhasil melakukan login atau membuka halaman Info GTK seperti foto yang ada dibawah ini:
Pertama, anda cek kembali penulisan email pada kolom Account PTK dan kolom password PTK, apakah sudah benar atau terdapat kekeliruan dalam penulisannya.

Kedua, jika penulisan email PTK sudah benar, namun tetap seperti itu anda dapat menggunakan password email PTK yang lama dengan yang baru. Caranya yaitu dengan merubahnya di dapodik pada menu penugasan, pilih buat email/akun PTK, jika sudah lakukan sinkronisasi. 

Ketiga, anda dapat mencoba melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara menuliskan email dan password PTK tersebut pada aplikasi dapodik, selanjutnya jika berhasil login pada aplikasi dapodik maka email dan password PTK tersebut sudah memang benar. Perlu diingat, jika pada saat login aplikasi dapodik sudah berhasil dan anda di minta oleh system untuk merubah password email PTK, maka anda harus merubahnya dengan menyisipkan salah satu huruf berjenis capital dan ada angka yang disisipkan pada password tersebut dengan panjang minimal 8 huruf.

Keempat, untuk melakukan pengecekan Info GTK lakukanlah di jam-jam yang sepi pengunjung, salah satunya di waktu pagi hari. Jika kita melakukan pengecekan di waktu hari mulai siang maka laman website biasanya error karena banyaknya para pengunjung dari daerah lain, sehingga trafik menjadi penuh.

Demikianlah apa yang dapat saya tuliskan, semoga dapat membantu dan memberikan manfaat kepada teman-teman sekalian dimana pun berada. Oh ya, pengecekan Info GTK ini bias dilakukan oleh PTK yang bersangkutan sendiri tanpa harus di bantu oleh Operator Sekolah. Dengan syarat PTK tersebut mengetahui email dan password untuk dirinya sendiri pada aplikasi dapodik yang ada.

Posting Komentar untuk "Cara mudah melihat hasil Info GTK 2019 semester ganjil"