Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah dan solusi untuk lapor BOS online yang gagal login

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Sebagai seorang yang bertugas menjadi Operator Sekolah (OPS) tentu salah satu yang harus dikerjakan adalah melaporkan penggunaan Dana BOS sekolah melalui website https://bos.kemdikbud.go.id/ secara online. Karena harus online mau tidak mau kita harus memiliki banyak paket data, hehehe…….

Lapor BOS online biasanya dilakukan ketika Dana BOS sekolah tiap triwulan sudah bisa dicairkan dan lapor BOS online ini juga menjadi salah satu syarat pelengkap laporan Dana BOS Sekolah ke pemerintah dinas setempat.

Namun beberapa hari ini banyak keluhan dari teman-teman sesama Operator Sekolah yang gagal mengakses website lapor bos online dengan keterangan “GAGAL melakukan Autentikasi dan Password tidak cocok atau pengguna tidak diijinkan”, untuk lebih jelasnya bisa melihat foto dibawah ini:

Padahal email serta password yang dituliskan sudah benar tapi tetap mengalami kegagalan dalam mengakses website tersebut. Nah, dari situlah saya mencoba membantu dan mengasumsikan kenapa hal seperti itu bisa terjadi dengan disertai solusinya, mudah-mudahan lewat artikel sederhana ini dapat membantu teman-teman sekalian Operator Sekolah dimana pun berada, khususnya yang ingin melaporkan penggunaan dana BOS disekolah yang bersangkutan.

1. Permasalahan

Dari gambar di atas dapat saya asumsikan ada beberapa faktor penyebab hal seperti itu biasa terjadi, diantaranya:

a. Kesalahan email dan password yang dituliskan

Oleh sebab itu, sebelum mengakses website lapor BOS online tersebut kita harus pastikan bahwa email dan password yang dituliskan memang benar huruf-hurufnya sesuai yang digunakan pada aplikasi dapodik. Besar-kecilnya huruf harus diperhatikan agar tidak terjadi kekeliruan.

b. Kesalahan terjadi pada password


Dapodik 2020 memaksa kita harus merubah semua password yang akan digunakan dalam mengakses data, seperti password untuk login PTK, password untuk login pada aplikasi dapodik, itu semua harus dirubah dengan mencampurkan beberapa huruf Kapital dan angka pada password tersebut. 

Tujuannya adalah supaya data-data yang kita miliki tetap terjaga dan aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah, dari uraian di atas dapat kita simpulkan bahwa password yang akan digunakan untuk mengakses website Lapor BOS online semestinya menggunakan password dapodik yang terbaru. Tapi harus diingat bahwa password dapodik yang lama tetap disimpan, siapa tahu akan diperlukan dikemudian hari.

c. Karena trafik penuh

Faktor ketiga yang dapat mempengaruhinya adalah karena banyaknya pengunjung website tersebut disaat waktu bersamaan di seluruh Indonesia, sehingga membuat situs tersebut Overload dan menjadi down.   

d. Server lagi maintenance (perbaikan/pemeliharaan)

Ini juga dapat menjadi faktor penyebab tidak bisanya kita mengakses situs Lapor BOS online, server utama sedang melakukan perbaikan atau pemeliharaan jaringan, sehingga dengan kata lain kita harus bersabar menunggu server telah berhasil diperbaiki.

e. Jaringan internet ditempat anda sedang buruk

Jaringan internet yang buruk atau lemot juga dapat memicu gagalnya akses ke situs website Lapor BOS online, sebab terlalu banyaknya waktu yang diperlukan untuk mengakses situs dapat berpengaruh gagalnya akses ke situs utama.

Mungkin itulah tadi beberapa masalah penyebab gagalnya mengakses situs website Lapor BOS online yang dapat saya tuliskan serta asumsikan dan jika masih ada faktor-faktor lainnya, bisa anda tambahkan melalui kolom komentar dibawah. 

2. Solusi 

Selanjutnya saya akan memberikan solusi terkait penyebab hal tersebut dan mudah-mudahan ini dapat membantu rekan-rekan sekalian dimana pun berada;

1. Gunakan password dapodik terbaru

Karena situs Lapor BOS online terhubung maka secara tidak langsung apabila terjadi perubahan pada dapodik, maka terjadi juga perubahan pada situs lainnya. Jika password untuk bias login dapodik versi 2020 berubah dengan yang baru, maka untuk bisa login di situs website Lapor BOS online juga mesti menggunakan password yang baru.

2. Akses situs di jam-jam yang trafiknya tidak banyak

Akses situs tersebut di jam-jam yang menurut perkiraan kita tidak banyak orang yang yang juga ikut mengaksesnya, anda dapat mencoba mengaksesnya di salah satu jam atau waktu ini, yaitu tengah malam atau pagi hari. Karena waktu itu pengunjung situs dipastikan tidak akan terlalu banyak, sehingga memberikan kemudahan untuk kita.

3. Pastikan anda berada ditempat yang akses internetnya lancar

Pastikan tempat anda sedang membuka situs tersebut benar-benar lancar untuk berinternet, sehingga dengan begitu akan mengurangi overload pada saat mengakses situs tersebut. Jika jaringan internet stabil dan baik maka situs akan dengan mudahnya di akses. Atau anda bisa mencoba mengaksesnya di waktu tengah malam, karena biasanya jaringan internet akan lancer di waktu itu sebab tidak banyaknya orang yang sedang berinternet.

Itulah tadi permasalahan dan solusi dari Lapor BOS online yang dapat saya tuliskan, semoga ada manfaatnya dan dapat membantu teman-teman sekalian. Amiin………


Salam 1 Data

10 komentar untuk "Masalah dan solusi untuk lapor BOS online yang gagal login"

  1. kalo yang muncul "saat ini terdapat permasalahan database di Dapodik, mohon coba beberapa saat lagi!" ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu di sebabkan server yang sedang down

      Hapus
  2. ya bisa terjadi, saya coba ulang2 ttp hal yang sama.keterangannya data tidak ditemukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah sudah menggunakan password dapodik terbaru??

      Hapus
  3. Ketika sudah input data tiba tiba kembali ke halaman awal / home, itu kenapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin server lagi down karena banyaknya yg mengakses di waktu bersamaan, coba cari waktu yg tepat untuk mengisinya

      Hapus
  4. saya sudah coba login di jam 3-4 pagi tetapi hasilnya sama saja, apakah ada solusi lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan jaringan internet stabil dan gunakan password dapodik terbaru, semoga berhasil

      Hapus
  5. cara mengetahui password terbaru gimana kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kami ucapkan karena sudah mampir ke website ini.
      Mengetahui password terbarunya iya pada aplikasi dapodik yang digunakan bapak/ibu

      Hapus