Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mancing ikan bancir menggunakan umpan rumput bariwit

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Mancing adalah suatu aktifitas yang sangat menyenangkan, hampir semua orang menyukai hoby yang satu ini yaitu memancing. Berbagai tekhnik, peralatan, dan umpan digunakan untuk mendapatkan ikan yang diinginkan, banyaknya jenis ikan yang hidup di sungai-sungai daerah tempat tinggal kita sudah semestinya di syukuri serta dijaga dari perbuatan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Mancing selain bertujuan untuk mendapatkan ikan juga sebagai sarana untuk menghilangkan stress, dari memancing ini lah akan menimbulkan berbagai macam jenis perasaan, seperti senang, marah, bahkan juga dapat membuat penasaran. Semua perasaan itu hanya dapat dirasakan melalui aktifitas memancing ini.

Provinsi Kalimantan Selatan lebih tepatnya daerah Hulu Sungai banyak terdapat berbagai macam jenis ikan, salah satunya adalah ikan bancir. Nama yang lumayan aneh serta asing ditelinga para pemancing sekalian, tapi begitulah masyarakat kami yang ada di Hulu Sungai menyebut nama ikan tersebut.

Mengenal ikan bancir

Ikan bancir mirip seperti halnya ikan mas, hanya saja sirip pada ikan bancir agak meruncing dengan kepala berbentuk lonjong, dan sirip punggung agak berwarna hijau ke kuning-kuningan. Ikan ini hidup berkelompok, dan memiliki harga jual yang lumayan mahal di pasaran.

Ikan ini sangat senang memakan rerumputan, oleh sebab itu umpan yang tepat untuk ikan ini adalah rumput.

Cara mancing ikan bancir

Umpan yang digunakan untuk mancing ikan bancir berupa rerumputan, tapi tidak semua jenis rumput di sukai. Rumput atau kumpai (bahasa banjar) yang digunakan untuk mincing ikan bancir ini adalah kumpai bariwit. Kumpai bariwit memiliki daun yang agak kasar, lebar, dan berbulu, biasanya tumbuh menjalar di tanah.

Rumput Bariwit

Karena umpan yang digunakan untuk mancing ikan bancir ini adalah rumput atau kumpai, maka anda harus memiliki kesabaran yang sangat ekstra, itu dikarena kan faktor umpan yang tidak menghasilkan aroma atau bau.

Catatan: selain kumpai bariwit sebagai umpan mancing ikan bancir, juga dapat menggunakan daun padi yang masih muda sebagai umpannya. Asal jangan menggunakan daun pisang aja sebagai umpannya, hehehe……….. 

Adapun 2 cara mincing ikan bancir ini;

Pertama, menggunakan joran yang panjang, dengan nelon, pelampung, pemberat serta kail. Kail di anyam kedalam daun dan tempatkan kail di ujung daun kumpai, ini disebabkan karena ikan akan memakan umpan dari bawah daun.

Kedua, bisa menggunakan joran lempar dengan riil tarik, kail di anyam pada daun dengan posisi kail berada di ujung daun, selanjutnya bisa dilemparkan ke air dengan berhati-hati. Jika arus air cukup deras, maka alat joran yang baik digunakan adalah joran panjang dengan menggunakan pelampung. 

Jangan menggunakan umpan kumpai yang rusak sebab ikan tidak akan mau memakannya, sebab ikan bancir salah satu ikan yang memilih dalam mencari makan, hehehe,,,untuk itu kita harus menggunakan daun kumpai yang benar-benar masih bagus serta baik dalam bentuknya. 

Posting Komentar untuk "Mancing ikan bancir menggunakan umpan rumput bariwit"