Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini cara mengetahui jumlah siswa hasil sinkronisasi dapodik

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Pada artikel kali ini saya akan memberikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan pengecekan terhadap jumlah siswa yang dimiliki sekolah tersebut dan terdata pada aplikasi dapodik.

Dan tujuan dilakukannya pengecekan jumlah siswa ini supaya data yang kita miliki sama persis dengan data yang ada pada website resmi DAPODIKDASMEN, dan apabila terjadi ketidak sesuaian data siswa anda dapat menghubungi operator dinas pendidikan setempat atau mengecek data siswa yang ada di dapodik, mungkin saja ada yang tertinggal untuk dimasukkan datanya pada aplikasi dapodik. Sebab Dana BOS Sekolah yang diterima oleh setiap sekolah itu berdasarkan jumlah siswa yang ada di website DAPODIKDASMEN tersebut, coba bayangkan jika ada beberapa siswa yang tidak terdata berapa Dana BOS Sekolah yang kurang dalam penerimaannya.

Mungkin hal ini sepele saja tapi berdampak cukup besar terhadap pelaksanaan manajemen yang ada disekolah-sekolah anda.

Cara melakukan pengecekan data siswa


Ikuti lah langkah-langkah dibawah ini untuk melakukan pengecekan terhadap data siswa anda pada website dapodikdasmen, sebagai berikut:


2. Pada menu beranda dapodikdasmen terdapat 6 (enam) menu utama, yaitu:
  • Manajemen dapodik berisi tentang data PTK, data Rombel Kelas, dan yang utama berisi kan data siswa yang telah mutasi. Jadi, jika ada siswa dari sekolah lain yang pindah/mutasi kesekolah kita lakukan lah penerikan data melalui link tersebut.
  • Info BOS link yang berisi tentang pelaporan Dana BOS secara online
  • PMP Dikdasmen link yang berisi tentang maalah Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP)
  • Dana Alokasi Khusus link tentang Dana Alokasi Khusus
  • PIP Dikdasmen berisikan tentang data siswa penerima PIP dan verifikasi siswa penerima PIP
  • Situs PDSP-K lin yang berisikan tentang Data dan Statistik pendidikan dan kebudayaan
pada bagian bawah menu utama terdapat Rekapitulasi Data Pokok Pendidikan Nasional dari sekolah SD, SMP, SMA, SMK dan SLB beserta dengan  jumlah sekolah, jumlah peserta didik, jumlah rombel, jumlah guru, jumlah tendik, dan jumlah kirim ditiap-tiap provensi, kabupaten serta kecamatan.

Pada bagian bawah lagi terdapat Berita Seputaran Dapodikdasmen dan berita ini selalu update, apabila ada berita terbaru tentang dapodik dan sebagainya maka anda dapat mengecek berita tersebut.

Opss….kita kembali lagi ke topik artikel tentang bagaimana cara mengecek data siswa hasil sinkronisasi dapodik, lanjut lagi langkah-langkahnya dan silahkan disimak kembali.

3. Pada garis tiga yang ada di pojok sebelah kanan atas, pilih dan klik progress data selanjutnya pilih Progres Data SD

4. Maka akan muncul seluh nama wilayah provinsi yang ada di Indonesia, tinggal pilih saja lagi provinsi mana anda berada

5. Jika sudah dipilih nama provinsi, selanjutnya akan muncul tampilan nama wilayah kabupaten yang ada di provinsi tersebut. Silahkan klik dan pilih kabupaten tempat anda berada

6. Jika sudah dipilih nama kabupaten, selanjutnya akan muncul tampilan nama wilayah kecamatan yang ada di kabupaten tersebut. Silahkan klik dan pilih kecamatan tempat anda berada

7. Maka akan muncul nama sekolah yang ada di kecamatan tersebut, silahkan anda lihat dan geser kesebelah kanan maka akan terlihat NPSN, BP, Status, Last Sync, PD, Rombel, Guru, Tendik, Ruang Kelas, Ruang Lab, dan Ruang Perpus

8. Pilih nama sekolah anda kemudian geser kesebalah kanan sampai pada menu PD, dan lihatlah berapa jumlah PD (Peserta Didik) sekolah anda yang terdata dari hasil sinkronisasi dapodik

9. Jika jumlah PD lengkap dan sesuai dengan yang ada di lapangan maka bersyukur lah, tapi jika tidak sesuai maka segeralah memperbaiki datanya melalui aplikasi dapodik yang dimiliki

Nah, itulah tadi langkah-langkah bagaimana cara mengetahui jumlah siswa (PD) hasil sinkronisasi dapodik, semoga artikel sederhana ini bermanfaat dan dapat membantu rekan-rekan operator sekalian dimana pun berada yang ingin mengetahui jumlah siswanya, apakah sudah pas/tidak tetapi belum mengetahui caranya. Kritik, saran, dan dukungan sangat diperlukan penulis terhadap para pembaca sekalian guna mengembangkan blog ini agar menjadi lebih baik lagi.

Posting Komentar untuk "Begini cara mengetahui jumlah siswa hasil sinkronisasi dapodik"