Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Setitik air hujan yang memiliki beragam manfaat

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Gambar oleh : Grid.ID

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin…
Setitik air hujan

Hujan adalah sebuah anugerah yang dapat dirasakan semua makhluk yang ada didunia ini, manusia, hewan dan tumbuhan akan merasakan manfaat dari yang namanya air hujan ini. Coba bayangkan seandainya hujan tidak pernah turun, betapa gersang dan panasnya suhu yang kita rasakan, oelh sebab itu hujan adalah sebuah anugerah yang patut kita syukuri. 

Hewan-hewan dapat terbantu dengan adanya hujan, tumbuhan pun dapat terbantu dengan adanya hujan ini. Dan tidak menutup kemungkinan sebagian orang mengatakan hujan adalah sebuah bencana, sebab dapat menyebkan banjir, tanah longsor, dan sebagainya. Iya itu semua terjadi oleh sebab kita sendiri sebagai manusia, dikarenakan penebangan pohon secara ilegal tanpa adanya reboisasi kembali serta pembuangan sampah yang sembarangan sehingga menyebabkan tersumbatnya saluran air. Ops,,,tapi disini kita tidak sedang membahas masalah bencana tetapi inspirasi yang bisa didapatkan dari air hujan.

Menurut Dr Health Benefits dan situs Dokter Sehat.com ada beberapa manfaat air hujan, diantaranya;

1. Menyehatkan rambut

Air hujan bersifat alami dan bersifat ringan sehingga dengan begitu dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada di kepala, dan air hujan bekerja lebih baik dengan sampo maupun sabun. Ini dikarenakan kandungan pH alkali pada air hujan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan menguatkan rambut.

2. Membantu menyehatkan kulit

Manfaat air hujan untuk kesehatan kulit berkat kandungan pH alkali yang membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit, baik diminum maupun untuk mandi.

Mandi menggunakan air hujan secara teratur dapat menjadikan kulit tampak awet muda dan bercahaya, namun bagi anda yang memiliki alergi terhadap mandi air hujan lebih baik tidak melakukannya, sebab dapat menjadikan tubuh anda sakit.

3. Menenagkan

Air hujan dapat menjadikan kita lebih releks atau Nyman, siraman air hujan yang menerpa wajah kita menjadikan perasaan menjadi tenang. Jadi bagi anda yang merasa stress atau lelah dapat mencoba cara ini, anda dapat sekali-kali mandi air hujan kemudian mengangkat wajah keatas sambil merasakan titik-titik air hujan yang menerpa wajah.

4. Sebagai obat

Saya pernah mendengar ceramah dari ulama atau ustadz bahwa air hujan dapat dijadikan sebagai obat untuk penyakit yang ada di tubuh kita, dengan syarat air hujan itu langsung di dpatkan tanpa terkena benda-benda lainnya. Jadi jika ingin mengambil air hujan yang baik, anda dapat meletakkan sebuah wadah berupa ember di halaman rumah, jadi dengan begitu air hujan bisa langsung anda dapatkan tanpa tersentuh dengan benda apa pun.

A. Manfaat air hujan bagi petani

Manfaat air hujan bagi para petani, diataranya;

1. Membantu melembabkan tanah 

Tanah yang gersang ketika musim kemarau berubah menjadi lebih lembab setelah adanya hujan yang selalu membasahinya, sehingga dengan begitu para petani dapat bercocok tanam padi. Inilah sebuah anugerah yang ditunggu-tunggu, yaitu datangnya musim penghujan sehingga para petani dapat menanam padi.

2. Membantu pertumbuhan anak padi

Selain dapat membantu melembabkan tanah sawah, air hujan juga dapat membantu pertumbuhan anak padi, anak padi yang tidak terkena air dapat menyebabkan kematian sehingga dengan begitu membuatnya mati.

3. Sebagai pembantu melaurtkan pupuk

Pupuk salah satu bahan yang sangat penting dan utama dalam bercocok tanam semua jenis tumbuhan, termasuk juga bercocok tanam padi di sawah. Pupuk berfungsi untuk membantu mempercepat pertumbuhan tanaman, memperbesar tanaman serta sebagai tambahan asumsi makanan bagi tumbuhan. Selain itu pupuk juga berfungsi sebagai bahan yang dapat membantu menggemburkan tanah.

B. Manfaat air hujan bagi kehidupan manusia

Manfaat air hujan bagi kehidupan manusia, diantaranya;

1. Untuk mandi

Mandi adalah sebuah keperluan yang sangat penting bagi manusia, selain menjadikan tubuh lebih segar juga sebagai penghilang bau yang ada di badan. Mandi minimalnya 3 kali dalam sehari, oleh sebab itu kita dapat memanfaatkan air hujan dengan cara membuatkan saluran air dan bak penampug air, sehingga dengan begitu ketika hujan tiba air pun akan berkumpul di penampungan.

2. Untuk mencuci pakaian serta peralatan rumah tangga

Air hujan juga dapat dimanfaatkan untuk mencuci pakaian dan membersihkan peralatan rumah tangga, salah satunya peralatan dapur. Air hujan yang bersifat bersih serta alami dapat digunakan untuk mencuci pakaian jenis-jenis tertentu.

3. Sebagai penghemat air

Anda dapat memanfaatkan air hujan sebagai penghemat keperluan yang ada dirumah, setidaknya air hujan dapat membantu memenuhi kehidupan sehari-hari, jika terus-terusan menggunakan air dari PDAM tentu dapat meningkatkan pembayaran pada tiap bulannya.

4. Mengisi sumur yang kekeringan

Dengan adanya air hujan maka sumur-sumur warga pun akan melimpah dan dapat mengambil air kapan pun dibutuhkan, tidak harus membelinya dan tidak harus mencarinya ketempat-tempat yang sangat jauh. Ketika menggunakan sumur sebaiknya anda gunakan penutup dibagian atasnya, ini dilakukan supaya tidak ada sampah yang terjatuh kedalam sumur dan tidak adanya jentik-jentik nymauk yang berkembang.

Nah, itulah tadi sebagian manfaat air hujan yang dapat saya tuliskan, meskipun sebenarnya masih banyak lagi manfaat air hujan yang lainnya. Semoga tulisan yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca atau pengunjung situs sekalian dimana pun berada.

Posting Komentar untuk "Setitik air hujan yang memiliki beragam manfaat"