Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mudah memperbaiki NIK GTK yang salah pada aplikasi dapodik

Assalamu’alaikumwarahmatullahiwabarakatuh
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Dapodik terbaru yang sekarang ini digunakan di setiap sekolah tingkat Dasar maupun tingkah Menengah mengharuskan setiap PTK atau GTK untuk mengisi NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan No KK (Kartu Keluarga) di dalamnya. Jika tidak mengisinya tentu membuat data PTK yang terekam di database tidak terisi secara lengkap dan lebih parahnya bisa membuat data ddi aplikasi dapodik menjadi INVALID, apabila data di aplikasi dapodik ada yang INVALID tentu kegiatan sinkronisasi tidak bisa dilakukan. 

Oleh sebab itu data pada aplikasi dapodik tidak boleh ada yang INVALID, kalau hanya sebatas WARNING tetap masih bisa melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik. Tujuan di inputnya NIK dan KK bagi PTK pada aplikasi dapodik adalah untuk mengintegrasikan data yang dimiliki PTK tersebut dengan data yang ada DUKCAPIL, sedangkan NIK peserta didik di dapodik adalah untuk mengatur sistem zonasi menurut kementerian pendidikan dan kebudayaan pusat.

Jika saat melakukan penginputan NIK pada aplikasi dapodik terdapat kesalahan atau pun kekeliruan, maka sebaiknya anda segera memperbaikinya. Namun sayangnya kolom untuk memperbaiki inputan NIK tersebut pada aplikasi dapodik telah terkunci, sehingga membuat kita bingung bagaimana cara memperbaikinya.

Anda dapat memperbaiki NIK yang mengalami kesalahan tersebut secara mandiri atau meminta bantuan operator sekolah untuk memperbaikinya, jika anda paham dan bisa mengakses internet maka anda dapat melakukannya secara mandiri. Ya, hitung-hitung tidak menambah beban pekerjaan operator sekolah.

Dan yang perlu anda ketahui bahwa perbaikan NIK yang salah tidak melalui aplikasi dapodik melainkan melalui laman website VERVAL PTK. Dan disini saya akan memberikan langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk bisa memperbaiki NIK yang salah pada aplikasi dapodik secara mandiri tanpa bantuan operator sekolah.

Langsung saja di simak artikel ini dan segera di praktekan!!!!!!

Cara memperbaiki NIK PTK yang salah pada aplikasi dapodik

Ada 2 syarat utama yang mesti anda lakukan sebelum memperbaiki NIK yang salah tersebut pada laman VERVAL PTK, yaitu:

PERTAMA, anda meminta username dan password dapodik terbaru kepada operator sekolah karena username dan password dapodik ini nantinya akan digunakan untuk bisa login ke laman website VERVAL PTK

KEDUA, anda persiapkan syaratnya terlebih dahulu yaitu berupa foto AKTA kelahiran maupun KTP milik sendiri (jangan keduanya digunakan) pilih salah satunya saja, ukuran foto maksimalnya 200 kb dan jenis file JPG, JPEG, PNG.

Jika kedua syarat diatas telah disiapkan maka selanjutnya ikuti langkah berikut ini;

PERTAMA, Kunjungi laman VERVAL PTK di google chrome atau Mozilla, bisa juga anda langsung klik link ini untuk mengaksesnya <<DISINI>>

KEDUA, Silahkan isi username dan password dapodik yang telah anda dapat kan dari operator sekolah (ingat mengisi username dan passwordnya harus teliti jangan sampai ada kekeliruan)

KETIGA, Jika username dan password dirasa telah benar, pilih LOGIN

KEEMPAT, Maka akan muncul tampilan depan atau beranda laman VERVAL PTK, yaitu data milik seluruh PTK yang ada di sekolah kita atau yang ada pada aplikasi dapodik

KELIMA, Selanjutnya anda dapat mengklik 3 garis yang ada dibagian pojok atas beranda VERVAL PTK, dan pada bagian garis tersebut terdapat beberapa buah menu yang memiliki fungsi masing-masing. Adapun menu-menu tersebut yaitu:
  • Data GTK terdiri dari Data GTK dan Data GTK Lama
  • Pengelolaan terdiri dari Perbaikan Data Master, Status Perbaikan Data Master dan Perbaiki Foto
  • NUPTK terdiri dari Status Penerima NUPTK, Calon Penerima NUPTK, Upload Ulang Berkas dan Penonaktifan NUPTK
  • Verval Dokumen terdiri dari Verval Arsip dan Status Verval Arsip
Catatan: untuk menu-menu diatas telah kita bahas sebagiannya pada artikel yang lainnya, jika berkenan silahkan kunjungi websaite ini untuk menambah referensi bacaan anda. 

KEENAM, Pilihlah menu PENGELOLAAN dan pilih Perbaikan Data Master

KETUJUH, Pilihlah Data pribadi milik kita kemudian klik Edit Data GTK

KEDELAPAN, Silahkan isi semua isian tersebut secara tepat dan benar, isian berupa nama, tempat lahir, tanggal lahir, NIK, jenis kelamin, nama ibu kandung dan berkas perubahan. Untuk berkas perubahan ini silahkan anda upload AKTA atau KTP yang dalam bentuk file JPG, JPEG, PNG tersebut.

KESEMBILAN, Jika semua kolom pada poin kesembilan telah terisi semuanya, maka klik OK dan tunggulah hasilnya  kurang lebih 2 x 24 jam.

KESEPULUH, minta lah operator sekolah untuk melakukan sinkronasi dapodik atau anda dapat melakukan pengecekan pada laman VERVAL PTK secara berkala

Selesai!!!!! Nah, itulah tadi langkah-langkah dalam memperbaiki NIK yang salah pada aplikasi dapodik, cukup mudah bukan untuk dilakukan secara mandiri tanpa meminta bantuan operator sekolah. Mudah-mudahan artikel sederhana ini dapat membantu dan bermanfaat bagi anda yang ingin memperbaiki NIK pada aplikasi dapodik namun tidak mengetahui caranya. 

Selamat mencoba dan mempraktekannya!!!

4 comments for "Cara mudah memperbaiki NIK GTK yang salah pada aplikasi dapodik "

  1. Bos apakah dengan sendirinya nik yang sudah diperbaiki masuk di info gtk?? Ataukah harus krm ulang dapodik baru masuk di info gtk..
    Mohon pencerahannya bos🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah di perbaiki datanya silahkan lapor ke Operator Dinas Perbaikan dulu untuk dapat persetujuan perbaikan data PTK/GTK, jika sudah langsung sinkron dapodiknya. Untuk Info GTK akan mengikuti hasil sinkronisasi dapodik, sambil di cek secara berkala.
      Terimakasih sudah mampir dan semoga bermanfaat

      Delete
  2. Masalahnya sy sudah ajukan perbaikan data hampir 3 bln tetapi status perbaikan masih antrian blm disetujui dinas...kenapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung lapor aja dengan operator dinas bahwa ada perbaikan data dan minta persetujuan, kalau perbaikan tidak disetujui tentu sampai kapan pun tidak akan berubah datanya.

      Delete