Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serba-serbi Haulan Abah Guru Sekumpul Martapura yang ke-15

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
A. Mengenal KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Tuan Guru Sekumpul)

Tidak ada yang tidak mengenal Tuan Guru Sekumpul di Martapura, kharisma dan wibawanya membuat semua orang mengenalnya, apalagi bagi warga Kalimantan lebih khusus Kalimantan Selatan tentu sangatn mengenal Tuan Guru Sekumpul. Tuan Guru Sekumpul bernama KH. Muhammad Zaini bin Abd. Ghani. Menurut manakib Guru Sekumpul nama lengkap beliau adalah Al ‘Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abd. Ghani bin Al ‘Arif Billah Abd. Ghani bin H. Abd. Manaf bin Muh. Seman bin H. M. Sa’ad ‘allaamah Khalifah H. Hasanuddin bin Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari. Beliau dilahirkan pada malam Rabu 27 Muharram 1361 H (11 Februari 1942 M) dan meninggal di Martapura pada tanggal 10 Agustus 2005 (usia sekitar 63 tahun).

Ayahnya bernama Abdul Ghani dan ibunya bernama Hj. Masliah, Sejak kecil beliau termasuk dari salah seorang yang “ mahfuzh” yaitu suatu keadaan sangat jarang sekali terjadi, kecuali bagi orang-oramh yang sudah dipilih oleh Allah SWT. Sejak kecil beliau tidak pernah (mimpi basah) “ihtilam”. 

Ada beberapa karomah yang dimiliki beliau, salah satu diantaranya adalah dalam usia kurang lebih 10 tahun, sudah mendapatkan khususiat dan anugerah dari Allah SWT berupa Kasyaf. Dan dalam usia 14 tahun atau tepatnya masih duduk di kelas satu Tsanawiyah, beliau telah dibukakan oleh Allah SWT atau Futuh, tatkala membaca Tafsir; “Wakanallahu Syamiiul Bashiir”.

Itulah tadi sebagian karomah yang dapat kami tuliskan, walaupun masih banyak lagi karomah-karomah lain yang dimiliki beliau. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mendengarkan atau membaca buku manakib Tuan Guru Sekumpul. Adapun karya tulis Tuan Guru Sekumpul, diantaranya;
  • Risalah Mubarakah
  • Manaqib Asy-Syekh As-Sayyid Muhammad bin Abd. Karim Al-Qadiri Al Hasani As Sammaan Al Madani
  • Ar Risalatun Nuraniyah fi Syarhit Tawassulatis Sammaniyah
  • Nubdzatun fi Manaqibil Imamil Masyhur bil Ustadzil a’zham Muhammad bin Ali Ba-‘Alawi
Wasiat Tuan Guru Sekumpul (KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani): Menghormati ulama dan orang tua, Baik sangka terhadap muslimin, Mengampunkan kesalahan orang lain, Jangan bermusuh-musuhan, Berpegang kepada Allah, pada Kabul segala hajat, Yakin kesalamatan itu pada kebenaran.

Dan di tahun 2020 ini lebih khusus pada 5 rajab 1441 H merupakan haul beliau yang ke-15, acara haulan pun digelar tiap malamnya di tempat-tempat yang berbeda mualai dari kubah makam beliau, masjid hingga ditempat kediaman beliau sendiri. Jama’ah yang hadir pun berbondong-bondong sangat banyaknya dari provinsi lain, semua hadir untuk dapat mengikuti acara haulan dengan niatan mendapatkan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat melalui perantara waliyullah tersebut. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi bahwa haulan terbesar di dunia ada di Kalimantan Selatan yaitu Haulnya Tuan Guru Sekumpul di Martapura.

Karena banyaknya jama’ah yang berasal dari provinsi lain yang berhadir maka dibukalah tempat-tempat untuk beristrahat, makan, minum, cek kesahatan, mandi, bengkel gratis, minyak untuk kendraan gratis dan masih banyak yang lainnya. Tempat persinggahan ini biasa disebut dengan REST AREA, semua yang di sediakan GRATISSS untuk para jama’ah Tuan Guru Sekumpul dari mana pun berasal. Inilah bukti kecintaan orang-orang kepada ulama di bumi Kalimantan Selatan, cara orang-orang memuliakan tamu dan itu semua semata-mata hanya untuk mendapatkan Ridha Allah SWT.

Beberapa foto REST AREA serta kegiatannya yang dilakukan oleh para relawan di Haulan Tuan Guru Sekumpul yang ke-15, foto ini di ambil dari laman Group Facebook HABAR BANUA +6 KALIMANTAN & HABAR BANUA 6 PLUS sehingga terangkum dalam serba-serbi Haulan Guru Sekumpul Martapura yang ke-15. 

Sebagai catatan bahwa tidak semua foto dapat dilampirkan, Dan apabila terdapat kesalahan dalam penulisan ataupun penempelan foto andai kiranya dapat memahami serta memaafkannya.

B. Serba-serbi Haulan Guru Sekumpul Martapura yang ke-15





































































































































































Posting Komentar untuk "Serba-serbi Haulan Abah Guru Sekumpul Martapura yang ke-15"