Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menampilkan file dokumen pada aplikasi Microsoft teams

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Gambar oleh id.wikipedia.org

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi yang satu ini bernama “Microsoft Team”, apalagi di zaman modern ini tentu semua orang sudah banyak yang mengetahui serta mengenal aplikasi ini. Microsft Teams terdapat dua versi, ada versi untuk PC (Perangkat computer) da nada versi android.

1. Mengenal aplikasi Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah sebuah aplikasi bagian dari perusahaan Microsoft dan bagian lain dari Office 365. Aplikasi ini dirilis pada tahun 2017 dengan memberikan wadah kolaborasi dengan banyak orang di dalamnya. Aplikasi ini dapat menyatukan orang-orang dalam satu ruangan, sehingga orang-orang tersebut dapat melakukan percakapan melalui microfon maupun video an secara langsung.

Microsoft Teams memberikan kemudahan untuk orang-orang dapat berkomunikasi melalui jarak jauh tanpa harus bertemu secara langsung. Oleh sebab itu, anda dapat berkomunikasi bersama komunitas yang dimiliki dan berinteraksi secara bersama.

Microsoft Teams digunakan oleh beberapa pihak, diantaranya:
  • Sekolah
  • Kampus
  • Kantor
  • Peruhaan-perusahaan
Anda cukup membuat tim untuk melakukan komunikasi melalui Microsoft Teams ini dan rasakanlah sensasinya. Dan yang perlu anda ketahui bahwa untuk mengakses aplikasi yang satu ini anda harus memiliki kouta internet yang lumayan besar, jadi pastikan kouta anda cukup jika ingin melakukan hubungan komunikasi menggunakan aplikasi yang satu ini.

2. Cara mendapatkan aplikasi Microsoft Teams

Anda dapat mendownload aplikasi Microsft Teams melalui google playstore (Android) dan website langsung milik Microsoft (PC).
  • Link aplikasi Microsoft Teams di Google playstore untuk android <<DISINI>>
  • Link aplikasi Microsoft Teams untuk PC <<DISINI>>
Adapun cara memasang aplikasi ini baik itu di Android ataupun di PC, maka setelah anda download aplikasi tersebut sudah langsung bisa digunakan dan jika ingin Log In aplikasi anda cukup mendaftarkan email dan mengikuti petunjuk yang diarahkan.

3. Cara menampilkan file document pada aplikasi Microsoft Teams

Jika anda sebagai pengusaha kantoran yang akan meeting dengan klien atau anda seorang mahasiswa kampus yang akan diskusi dengan kelompoknya atau anda seorang siswa sekolah menengah yang akan menampilkan tugasnya dalam bentuk file dokumen pada apalikasi Microsoft Teams, anda dapat mengikut langkah-langkah berikut ini:

Pertama, pilihlah menu share dengan arah panah ke atas

Kedua, pilihlah desktop/window, maka akan muncul 3 (tiga) pilihan menu, yaitu:
  • Your entire screen, untuk menampilkan hasil screenshot yang dilakukan melalui layar komputer atau laptop 
  • Application window, berfungsi untuk membuka atau menampilkan beragam file, baik itu file bertipe word, excel, power point, pdf maupun yang lainnya
  • Chrome tab, berfungsi membuka tab baru pada google chrome
Ketiga, untuk menampilkan file sehingga terlihat di Microsoft Teams maka pilih lah Application window, namun yang perlu diketahui bahwa untuk menampilkan file semisal Power Point anda terlebih dahulu membuka file tersebut, sehingga nantinya file Power Point yang telah anda buka akan muncul di menu Application window. Dan jika tidak tampil, maka anda dapat menutup file Power Point tersebut dan memilih cancel pada menu Application window, lalu ulangi kembali hal yang seperti tadi yaitu buka terlebih dahulu file Power Point anda, selanjutnya pilih menu share, pilih desktop/window dan pilih Application window serta pastikan file Power Point anda terekam disana dan siap untuk ditampilkan.

Keempat, jika file (misalnya power point) sudah terekam pada menu Application Window, selanjutnya pilih file tersebut dan pilih Share, maka file tersebut pun telah siap untuk digunakan.

Kelima, jika ingin berhenti menampilkan file, anda cukup memilih menu STOP SHARING maka secara otomatis file pun terhenti untuk ditayangkan. 

Catatan: untuk membuka file sebaiknya anda menggunakan laptop atau komputer saat menggunkan aplikasi Microsft Teams, jika anda ingin membukanya melalui ponsel android maka bisa saja dilakukan dan caranya pun sama seperti yang saya tuliskan di atas, hanya saja bedanya jika ingin membuka melalui ponsel android, maka anda harus memastikan bahwa mesin pencari (google) yang ada di ponsel adalah yang terbaru atau aplikasi bawaan untuk internet namun memiliki versi terbaru.

Nah, itulah tadi cara menampilkan file pada aplikasi Microsoft Teams dan cukup mudah untuk dilakukan. Apabila anda ingin kembali menampilkan file, maka anda cukup mengulangi langkah-langkah di atas dari tahap pertama hingga terakhir. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada, dan mohon maaf jika ada kata yang keliru dalam penulisan.

Posting Komentar untuk "Cara menampilkan file dokumen pada aplikasi Microsoft teams"