Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengetahui progres hitung rapor mutu EDS PMP 2019


Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh
Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:
  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….
Sudahkah sekolah anda selesai mengerjakan EDS PMP? Jika sudah selesai hal apa yang akan anda lakukan? Tentu hal selanjutnya yang ingin kita ketahui adalah hasil pengiriman atau progres dari rapor mutu yang diperoleh setelah pengerjaan EDS PMP.

A. Cara mengetahui progres hitung rapor mutu
Adapun cara mengetahui progres dari hitung rapor mutu adalah sebagai berikut;
  1. Silahkan kunjungi website EDS PMP atau bisa klik <<DISINI>>
  2. Scroll kebagian bawah kebagian tautan aplikasi sistem penjaminan mutu pendidikan, yang terdiri dari: EDS Daring, Supervisi Mutu, Manajemen PMP, Rapor Mutu 2018 dan Prefill PMP 2019 (Jka menggunakan android/hp) dan jika menggunakan laptop kunjungi website PMP Dikdasmen selanjutnya pilih menu Progres Data yang ada dibagian atas, maka secara otomatis anda akan berada pada laman Manajemen PMP untuk mencek hitung rapor mutu.
  3. Jika kita ingin melakukan pengecekan progres dari rapor mutu, maka anda bisa memilih manajemn PMP
  4. Pada beranda Manajemen PMP terdapat 2 menu utama yaitu Progres pengiriman PMP dan Progres Hitung Rapor Mutu
  5. Selanjutnya pilih Progres hitung rapor mutu pada bagian strip garis tiga
  6. Maka akan muncul seluru wilayah provinsi yang ada di Indonesia lengkap dengan data jumlah sekolah beserta siswa-siswanya
  7. Pilih provinsi anda, maka akan muncul wilayah kabupaten yang ada di provinsi anda
  8. Pilih kabupaten anda, maka akan muncul wilayah kecamatan yang ada dikabupaten anda
  9. Selanjutnya pilih kecamatan anda, maka akan muncul seluruh nama sekolah yang ada di kecamatan tersebut dan lihatlah bagaimana hasil dari status hitung rapor mutu PMP anda, jika status sudah hitung rapor maka status verval untuk pengawas pun sudah dilakukan, dan jika masih belum hitung rapor (masih kosong) maka anda dapat melakukan hitung rapor mutu pada aplikasi EDS PMP
B. Cara hitung rapor mutu di EDS PMP

Jika di progres hitung rapor mutu pada website resmi EDS PMP masih kosong, maka hal ini disebabkan oleh beberapa hal:
  1. Anda selesai mengerjakan EDS PMP 100% tapi tidak menghitung rapor mutu
  2. Total kemajuan pengerjaan EDS PMP disekolah anda belum 100%
  3. Ada beberapa responden yang belum selesai mengerjakan EDS PMP
  4. Atau EDS PMP yang anda miliki belum terupdate ke versi terbarunya
Apabila hal demikian terjadi tentu pengawas sekolah tidak bisa melakukan verval dari rapor mutu EDS PMP milik sekolah anda. Dan jika anda telah selesai mengerjakan EDS PMP 100%, total kemajuan pengerjaan juga 100% kemudian telah menggunakan versi terbaru, namun belum melakukan hitung rapor mutu maka disinilah artikel ini ditulis yaitu untuk membantu permasalahan tersebut.

Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini jika belum bisa melakukan hitung rapor mutu pada aplikasi EDS PMP 2019, yaitu:
  1. Login pada aplikasi EDS PMP
  2. Silahkan cek dan lihat versi berapa EDS PMP anda, jika masih versi terdahulu maka lakukanlah updater dengan mendownload patch nya (ingat cuma patch nya yang di download terus install), jangan mendownload installernya sebab itu dapat merusak EDS PMP anda.
  3. Versi terbaru EDS PMP adalah versi 2020.02.07 dan versi 2020.04.01 untuk mengaktifkan menu pakta integritas, pada versi 2020.04.01 belum dirilis di website EDS PMP. Dan jika anda ingin mendownload Patch EDS PMP versi 2020.04.01 silahkan klik <<DISINI>>
  4. Lakukan peginstalan sebagaimana biasanya.
  5. Jika sudah versi terbaru, maka klik menu hitung total kemajuan sekolah anda maka akan muncul nama-nama orang yang telah dijadikan responden untuk mengisi instrument EDS PMP dan pastikan semuanya 100% selesai pengisian.
  6. Pada point ke 5, jika tidak ada muncul nama kandidat responden maka lakukanlah hal berikut; (1) silahkan pilih menu manajemen pengguna, (2) pilih nama responden, (3) klik garis 3 bagian samping kanan dan (4) pilih jadikan kandidat responden. Maka secara otomatis nama tersebut akan muncul pada menu jumlah total kemajuan sekolah anda di beranda
  7. Selanjutnya anda dapat memilih menu hitung rapor mutu dan tunggu hingga selesai
  8. Apabila sudah selesai maka lakukanlah sinkronisasi kembali dan tunggu 3 x 24 jam agar hasil sinkronisasi bisa muncul di progres hitung rapor mutu dan pengawas sekolah dapat melakukan verval rapor mutu.
  9. Dan jika anda ingin melihat hasil dari rapor mutu maka bisa mengmilih menu hasil rapor mutu dan melihat nilai yang didapatkan atas pengerjaan EDS PMP tahun 2019 tersebut
Nah, itulah tadi apa yang dapat saya tuliskan dan mudah-mudahan artikel yang sederhana ini dapat membantu rekan-rekan sekalian dimana pun berada serta bermanfaat bagi banyak orang dan mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam penulisan artikel ini.   

2 komentar untuk "Cara mengetahui progres hitung rapor mutu EDS PMP 2019"