Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mendaftarkan akun baru untuk login pada Verval PD

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

SDM – PDSPK adalah sebuah website resmi milik kemdikbud yang berfungsi untuk memudahkan sekolah-sekolah naungan kemdikbud untuk mengakses segala fitur yang telah disediakan. Berdasarkan kata pengantar pada website kemdikbud, SDM – PDSPK memiliki fungsi sebagai media komunikasi antara pengelola data pendidikan secara vertikal maupun horisontal, yang keberadaannya sebagai simpul-simpul yang memastikan bahwa data pendidikan dapat dikelola dengan baik dan optimal untuk memastikan bahwa seluruh warga negara dipastikan terlayani dengan baik, professional dan transparan.

Selain itu juga pendafataran pada website SDM – PDSPK ini bertujuan agar pihak sekolah dapat mengakses website Verval PD, di laman Verval PD kita dapat mengetahui data-data peserta didik yang ada disekolahan kita disana sesuai dengan data yang ada pada aplikasi dapodik.

Selain itu juga kita dapat mengontrol biodata peserta didik yang ada disekolah kita melalui website Verval PD, misalnya untuk mengetahui NISN peserta didik, memperbaiki biodata peserta didik yang mengalami kesalahan atau kekeliruan, mengetahui data peserta didik yang ganda, dan sebagainya.

Website SDM – PDSPK dapat dimanfaatkan untuk mendaftarkan akun yang nantinya akan digunakan untuk login pada website Verval PD. Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mendaftarkan akun pada website SDM – PDSPK, yaitu:

  1. Lupa akun yang digunakan untuk login Verval PD
  2. Akun lama sudah tidak aktif lagi
  3. Adanya perubahan bagi petugas pengolah data disekolah
  4. Untuk menggunakan akun baru yang aktif
  5. Untuk mengakses layanan-layanan berbasis website oleh kemendikbud

Jadi terlepas dari itu semua, disini saya akan memberikan langkah atau cara bagi yang ingin mendaftarkan akun pada website SDM – PDSPK sehingga dapat mengaskes layanan-layanan dari kemendikbud dan salah satunya adalah untuk mengakses laman Verval PD.

Cara mendaftarkan akun baru untuk login pada Verval PD

Cara atau langkah-langkah yang digunakan untuk mendaftarkan akun baru pada website SDM-PDSPK cukup lah mudah dan sederhana, caranya sebagai berikut:

Pertama, kunjungi website https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ atau klik <<DISINI>>

Kedua, ada beberapa menu pilihan yang muncul dan berada dibagian atas

Ketiga, pilih menu REGISTRASI ANGGOTA dan klik lambing segi tiga terbalik

Keempat, pilih menu OPERATOR SEKOLAH jika anda adalah sebagai operator sekolah baik dari naungan kemendikbud maupun kemenag, dan pilih OPERATOR YAYASAN jika anda seorang operator sekolah di yayasan yang ada.

Kelima, anggap saja anda sebagai OPERATOR SEKOLAH NEGERI dan silahkan pilih menu tersebut

Keenam, silahkan isi tabel registrasi yang telah di sediakan, seperti nama lengkap pengguna, email yang digunakan untuk akses website beserta passwordnya, no. hp pengguna, tempat/tanggal lahir pengguna, jenis kelamin, provinsi, kabupaten, kecamatan, nama sekolah yang bersangkutan dan terakhir silahkan upload surat penugasan sebagai operator sekolah dalam bentuk pdf dengan ukuran maksimal 2 mb. 

Adapun contoh surat penugasan sebagai operator sekolah silahkan download dibagian bawah artikel ini.

Ketujuh, jika semua isian telah terisi maka langsung saja klik REGISTRASI

Kedelapan, silahkan lakukan pengecekan secara berkala terhadap STATUS PENDAFTARAN dengan mengisikan email yang telah di daftarkan tersebut. Akan ada keterangan yang muncul jika akun telah aktif dan bisa digunakan untuk login Verval PD, namun jika keterangannya akun masih dalam tahap antrian maka kita harus bersabar menunggunya.

Contoh surat penugasan sebagai operator sekolah download <<DISINI>>

Nah, itulah tadi apa yang dapat saya tuliskan tentang cara atau langkah untuk mendaftarkan akun baru sehingga bisa login pada laman verval pd, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf sebesar-besarnya bila terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penulisan.

Posting Komentar untuk " Cara mendaftarkan akun baru untuk login pada Verval PD"