Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yahoo ditutup! Bagaimana akun dapodik yang menggunakan layanan yahoo?

 Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Gambar oleh Republika.co.id

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Baru-baru ini pemberitaan dihebohkan dengan adanya pernyataan yaitu salah satu situs Search yang bernama YAHOO segera tutup permanen pada tanggal 15 Desember 2020. Dan yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana nasib akun dapodik yang menggunakan layanan Yahoo? Sebab tidak sedikit operator sekolah masih menggunakan yahoo sebagai layanan emailnya dan sebagai akun untuk mengakses halaman dapodikdasmen.

Dan setelah membaca informasi dari Yahoo! berita ternyata yang bakalan ditutup adalah Yahoo boards atau Yahoo Groups. Jadi pengguna Yahoo tidak akan bisa lagi membuat konten diskusi baru di Yahoo Groups setelah 21 oktober 2019. Perusahaan pun berencana menghapus seluruh konten diskusi lawas pengguna pada 14 Desember 2019. 

Menurut Verizon hanya fungsi email yang akan tetap dibiarkan aktif, namun untuk layanan yahoo yang lainnya tidak akan bisa diakses atau dipakai lagi setelah 15 Desember 2020.

Nah, dari keterangan Verizon diatas dapat diketahui bahwa akun email yahoo masih bisa digunakan dan masih aktif. Maka dari itu akun dapodik yang menggunakan layanan Yahoo tidak perlu khawatir karena untuk email biasa akan selalu aktif.

Andai pun anda ingin mengganti akun dapodik yang awalnya menggunakan layanan yahoo dengan menggunakan layanan lain semisal Google Gmail dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara mengganti akun dapodik

Pertama, silahkan anda buat akun dari layanan Google Gmail (karena banyak yang menggunakannya) sebagai akun dapodik nantinya.

Kedua, silahkan anda koordinasikan dengan operator dinas pendidikan kabupaten tersebut untuk mengganti atau mengaktifkan akun dapodik yang terbaru dan untuk akun yang terdahulu agar segera di non-aktifkan agar tidak disalah gunakan oleh pihak lain nantinya. Dan untuk bagian ini biasanya diminta SK Operator Dapodik dari pihak sekolah untuk nantinya diserahkan ke operator dinas pendidikan kabupaten, contoh SK bisa di download pada bagian bawah artikel ini. 

Ketiga, jika akun telah diaktifkan selanjutnya anda dapat menggunakannya untuk download prefill dapodik dan penginstalan aplikasi dapodik.

Demikianlah apa yang dapat saya tuliskan tentang adanya info Yahoo yang akan ditutup secara permanen. Semoga artikel ini bermanfaaat bagi para pembaca diamana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam penulisan.

Download contok SK Operator Dapodik terbaru <<DISINI>>

Posting Komentar untuk "Yahoo ditutup! Bagaimana akun dapodik yang menggunakan layanan yahoo?"