Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Instal Dapodik Versi 2021 C Untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Berdasarkan berita tertanggal 11 januari tahun 2021 pada laman website resmi manajemen dapodik https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/rilis-pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2021-c bahwa telah rilis Dapodik versi 2021 C yang akan digunakan oleh setiap satuan pendidikan pada semester ke II (genap) tahun pelajaran 2020/2021. Aplikasi dapodik yang rilis berupa installernya, jadi dengan begitu kita harus melakukan uninstall terlebih dahulu terhadap aplikasi dapodik terdahulu yaitu dapodik versi 2021 B, baru setelah itu kita melakukan penginstalan aplikasi dapodik terbaru yaitu versi 2021 C.   

Berikut adalah daftar perubahan dan pembaruan pada Aplikasi Dapodik versi 2021 c:

  1. [Pembaruan] Penambahan isian variabel apakah pernah PAUD Formal dan apakah pernah PAUD Non Formal pada registrasi peserta didik.
  2. [Pembaruan] Penambahan isian variabel hobby dan cita-cita pada registrasi peserta didik.
  3. [Pembaruan] Penambahan validasi variabel yang wajib diisi (mandatory) pada formulir peserta didik untuk kebutuhan Assesmen Nasional (berlaku selain jenjang PKBM dan SKB).
  4. [Pembaruan] Penambahan tabulasi Kamar Mandi/WC pada menu Sarpras-Ruang.
  5. [Perbaikan] Penutupan tambah peserta didik baru untuk jenjang PKBM dan SKB.
  6. [Perbaikan] Perubahan prosedur pemetaan anggota rombel untuk jenjang PKBM dan SKB (mengikuti jenjang formal).
  7. [Perbaikan] Perubahan filter pemilihan Ruang pada rombongan belajar Daring untuk jenjang PKBM dan SKB.
  8. [Perbaikan] Penutupan tambah GTK baru bagi SILN, sekolah dibawah naungan KEMENAG dan wilayah daerah khusus.
  9. [Perbaikan] Pelepasan validasi lokal terkait pengecekan inputan NIK untuk peserta didik.
  10. [Perbaikan] Perbaikan pada isian tingkat pendidikan bagi sekolah Pratama Widya Pasraman (sekolah dibawah naungan KEMENAG).
  11. [Perbaikan] Bugs fixing pada saat proses lanjutkan semester untuk kelas 13 pada jenjang SMK

Kemudian melalui sebuah artikel yang sederhana ini saya akan berbagi tentang tata cara yang harus dilakukan untuk menginstal aplikasi “Dapodik versi 2021 C” secara baik dan benar.

Ada 2 cara untuk melakukan instal aplikasi dapodik, yaitu secara offline dan online, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

A. Cara Instal Dapodik Versi 2021 C Secara Offline

Untuk dapat menginstal aplikasi Dapodik versi 2021 C, Ayooooo,,,,,segera kita mulai tata caranya, simak dan ikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini:

Pertama, Yang harus dilakukan adalah mendownload aplikasi dapodik pada link: atau dibagian bawah artikel ini

Kedua, Selanjutnya anda download juga prefill dapodiknya,,,,jika ingin melakukan penginstalan secara offline, dan pastikan ukuran prefillnya ± 2 mb 

Ketiga, Setelah semuannya sudah terdownload, lakukan uninstall pada aplikasi dapodik yang terpasang di laptop anda, yaitu dapodik versi 2021 b.

Keempat, Setelah uninstall aplikasi dapodik selesai, silahkan lakukan restart pada laptop dan bersabarlah menunggu hingga laptopnya menyala kembali yaaaaa....

Kelima, Setelah laptopnya kembali menyala, coba anda cek pada “Local Disk (C:)” pilih folder program files atau bisa juga pilih program files (x86), lihat apakah disana ada folder dengan nama “Dapodik”, jika ada silahkan di cut folder tersebut dan letakkan di sembarang tempat, kemudian delate. Jika tidak bisa di delate, sekali lagi restart laptop anda, tunggu sampai selesai restart dan jika sudah hidup kembali laptopnya, cari folder dengan nama “Dapodik” tadi dan delate. Jika sudah berhasil kita lanjutkan kembali tahap penginstalan aplikasi dapodik yang baru ya..

Keenam, Pilih aplikasi dapodik yang sudah didownload tadi, kemudian letakkan di Local Disk (C:), klik kanan aplikasi pilih Run as administrator atau bisa juga langsung double klik pada aplikasi, dan lakukan penginstalan. Bersabarlah kembali menunggu hingga aplikasi dapodik terbaru selesai terinstal dan jangan coba-coba klik cancel jika dapodik terbaru belum selesai terinstal.

Ketujuh, Jika sudah selesai menginstal aplikasi dapodik versi 2021 C, maka akan muncul folder dengan nama ZIP dan folder dengan nama PREFILL_DAPODIK

Kedelapan, Pilih prefill yang telah didownload sebelumnya kemudian letakkan pada folder dengan nama prefill_dapodik tersebut. Kemudian lakukan registrasi dengan cara menuliskan kode registrasi sekolah, email dan pasword yang akan digunakan untuk login pada aplikasi dapodik dan pilih offline, kemudian terakhir pilih submite

Kesembilan, Tunggu hingga selesai dan dapodik versi 2021 C semester genap pun telah siap untuk dapat di gunakan

B. Cara Instal Dapodik Versi 2021 C Secara Online

Untuk langkah-langkah instal aplikasi dapodik secara online sama saja seperti halnya saat melakukan penginstalan secara offline dan yang menjadi perbedaan adalah kita harus terhubung ke internet ketika melakukan registasi awal. 

Selain itu kecepatan internet juga sangat mempengaruhi ketika melakukan penginstalan secara online, apabila internet anda tidak stabil maka proses penginstalan pun akan berlangsung sangat lama.

Ketika proses instal aplikasi dapodik selesai dan ketika ingin melakukan registrasi awal pilihlah mode online, selanjutnya tulis kan kode registrasi sekolah anda dan terakhir pilih Submite, tunggulah hingga proses selesai.  

Demikianlah tata cara instal aplikasi Dapodik versi 2021 C semester genap, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para pembaca sekalian, dan jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini mohon dipahami dan di maafkan.

Download Aplikasi Dapodik versi 2021 C <<DISINI>>

Download Prefill Dapodik versi 2021 C <<DISINI>>

Posting Komentar untuk " Cara Instal Dapodik Versi 2021 C Untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021"