Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Pemerintah setempat melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan benar-benar memberikan layanan yang sangat luar biasa didalam dunia pendidikan, salah satu kegiatan yang diberikan adalah adanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Kemendikbud Tahun 2021

KIP Kuliah ini diberikan pemerintah sejak tahun 2020 sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan kepada para siswa lulusan dari SMA, SMK atau sederajat dari keluarga yang kurang mampu. Sehingga dengan begitu apabila ada siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dapat memanfaatkan KIP Kuliah Kemendikbud pada tahun 2021 ini agar dapat belajar dan melanjutkan sekolah di perguruan tinggi.

Menurut Plt. Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa di tahun 2020 bantuan KIP Kuliah disalurkan kepada 200 ribu mahasiswa baru penerimanya, sedangkan pada tahun 2021 ini bantuan KIP Kuliah juga akan disalurkan kepada 200 ribu mahasiswa baru penerimanya sesuai dengan isi pedoman KIP Kuliah 2021 tertanggal 01 Februari 2021.

Dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan sebagai bukti kehadiran negara untuk membantu warganya yang kurang mampu agar dapat memperoleh hak nya untuk berpendidikan tinggi. Oleh sebab itu, dengan adanya bantuan KIP Kuliah ini diharapkan agar para siswa yang memperolehnya dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. KIP Kuliah memberikan pembebasan biaya kuliah perguruan tinggi kepada penerimanya dan juga jaminan hidup bulanan bagi mahasiswa yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya. Dan bagi yang tidak berhasil mendapatkan KIP Kuliah jangan berkecil hati atau bersedih sebab rezki itu sudah ada yang menentukan, mungkin saja masih ada rezeki yang lainnya. Jika ada biaya dimiliki teruslah belajar dan masuklah keperguruan tinggi dengan tujuan kelak dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan generasi muda.

Sebelum mengetahui cara daftar KIP Kuliah Kemendikbud Tahun 2021 ini, sebaiknya kita mengetahui juga beberapa persyaratan serta keunggulan dari KIP Kuliah tersebut.  

A. Syarat Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Ada beberapa persyaratan agar berhasil mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, antara lain:

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat
  2. Memiliki potensi akademik yang baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi dengan didukung dokumen yang sah
  3. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru baik itu pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupuan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang terakreditasi.

Adapun keterbatasan ekonomi KIP Kuliah sesuai dengan poin nomor 2 diatas memiliki persyaratan sebagai berikut:

  1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP)
  2. Berasal dari keluarga peserta Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  4. Mahasiswa dari panti sosial atau asuhan
  5. Mahasiswa dari keluarga kategori 4 pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)

B. Keunggulan Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah

Ada beberapa keunggulan dari Kartu Indonesia Pintar Kuliah ini, antara lain:

  1. Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk ke perguruan tinggi
  2. Pembebasan biaya kuliah/pendidikan langsung dibayarkan ke perguruan tinggi
  3. Bantuan biaya hidup dari tahun akademik 2021/2022 yang berasal dari Puslapdik

C. Cara Mendaftar KIP Kuliah Kemendikbud Tahun 2021


Sebelum melakukan pendaftaran KIP Kuliah, ada beberapa hal yang harus dimiliki oleh calon penerima KIP Kuliah, yaitu:

1. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)

2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)

3. Memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)

Selain ketiga poin tersebut ada juga hal yang harus dimiliki oleh calon peserta penerima KIP Kuliah, yaitu memiliki Email aktif. Setelah KIP Kuliah berhasil melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN, selanjutnya Nomor Pendaftaran dan Kode Akses akan dikirimkan melalui Email aktif tersebut. 

Tahapan untuk Mendaftar KIP Kuliah Kemendikbud Online Tahun 2021, antara lain:


  1. Silahkan kunjungi laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui aplikasi Mobile KIP Kuliah yang ada di Playstore android
  2. Silahkan isikan Nomor NIK, NISN, NPSN dan email yang aktif sesuai dengan kolom yang disediakan. Bagaimana cara mengetahui Nomor Induk Kependudukan jika belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)? Anda dapat melihat nomor NIK di Kartu Keluarga (KK) yang dimiliki oleh orang tua
  3. Selanjutnya sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.
  4. Jika proses validasi berhasil, selanjutnya akan ada pesan masuk yang berisikan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses diemail yang telah didaftarkan tadi.
  5. Selanjutnya silahkan masuk ke laman KIP Kuliah dengan memasukkan Nomor pendaftaran dan Kode Akses yang didapatkan tadi untuk menyelesaikan Proses Pendaftaran KIP Kuliah, lalu memilih proses seleksi yang nantinya akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPTN/Mandiri)
  6. Siswa dapat menyelesaikan proses pendaftaran di portal SIM KIP Kuliah sesuai dengan jalur yang telah dipilih pada seleksi nasional atau pada masuk seleksi perguruan tinggi
  7. Dan bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima pada perguruan tinggi, dapat melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Untuk lebih jelasnya tentang Kartu Indonesia Pintar Kuliah Tahun 2021 ini, anda dapat membacanya disini:

 

Download juga file Pedoman Kartu Indonesia Pintar Kuliah Kemendikbud Tahun 2021 <<DISINI>>

Post a Comment for " Cara Daftar KIP Kuliah Kemendikbud Tahun 2021"