Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Hasil Verval Ijazah, Berhasil atau Tidak?

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Verval Ijazah sangat penting untuk dilakukan sebagai salah satu syarat untuk mengiktui tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK/P3K). Selain itu Verval Ijazah juga penting untuk dilakukan sebagai bukti bahwa Ijazah Strata (S1) yang kita peroleh terdafatar di kementerian dan memang SAH secara hukum. Hasil verval ijazah bisa kita ketahui melalui laman info.gtk.kemdikbud.go.id dan dengan diketahuinya hasil verval ijazah maka kita dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes yang akan dilakukan nantinya. 

Hal lainnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa data pribadi yang dimiliki terekam pada aplikasi dapodik yang ada di sekolah masing-masing. Sumber data untuk melakukan verval ijazah adalah dapodik yang digunakan oleh sekolah. Kita juga dapat melakukan pegecekan secara mandiri terhadap data pribadi yang telah diinput kedalam aplikasi dapodik, mungkin saja terdapat kekeliruan atau keselahan. 

Apabila data pribadi yang ada pada aplikasi dapodik terdapat kekeliruan atau kesalahan maka segerlah untuk memperbaikinya, baik itu diperbaiki secara sendiri maupun meminta bantuan operator sekolah untuk memperbaikinya.

Sebagai seorang PTK/GTK yang namanya terekam pada aplikasi dapodik sudah sewajarnya untuk melakukan pengecekan data tersebut secara berkala. Ini dilakukan supaya ketika ada suatu kegiatan yang ingin dilakukan dapat diantisipasi terlebih dahulu, jangan sampai sudah dekat harinya barulah kita sibuk mengurus atau memperbaiki data yang terdapat kesalahan atau kekeliruan. Dan yang perlu diketahui bahwa setiap data yang berhubungan dengan sistem tentu memerlukan beberapa hari untuk bisa terupdate.

Satu hal lagi yang perlu kita ketahui adalah adanya akun (gmail) yang dimiliki untuk melakukan login pada suatuwebsite dan akun tersebut haruslah terdaftar pada aplikasi dapodik.

A. Cara Melakukan Verval Ijazah Untuk Pertama Kalinya

Bagi anda yang belum melakukan verval ijazah, maka segeralah untuk melakukan verval ijazah dengan langkah berikut:

  1. Login pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id
  2. Isikan email dan password yang dimiliki dan terdaftar pada aplikasi dapodik (sudah terverifikasi)
  3. Ketika klik login untuk pertama kalinya, maka akan muncul laman utama Verval Ijazah
  4. Pilih dan klik untuk verval ijazah S1/D4 (khusus guru yang bersangkutan, bukannya operartor sekolah)
  5. Otomatis halam verval akan muncul, yaitu dengan adanya Nama Guru, Nama Sekolah, NPSN, Riwayat Mengajar. Pastikan data tersebut memang benar adanya, andaipun terdapat kesalahan maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek data tersebut pada aplikasi dapodik, sebab data tampilan dari laman verval ijazah itu bersumber dari data hasil sinkronisasi dapodik sekolah.
  6. Jika pada poin nomor 5 memang benar dan sudah sesuai, maka pada menu PERGURUAN TINGGI silahkan isi sesuai dengan nama kampus anda ketika kuliah dulu dan tunggu proses searcing berjalan. Jika sudah muncul nama kampusnya silahkan di klik lalu pilih Prodi anda, isi NIM (Nomor Induk Mahasiswa), dan klik cek. Tunggu hingga proses pengecekan selesai dan apabila sudah muncul data pribadi kita, terakhir pilih simpan.
  7. Setelah melakukan poin nomor 6 secara benar, maka akan muncul data bahwa anda telah selesai melakukan verval ijazah.

Itulah tadi langkah yang harus dilakukan untuk verval ijazah, cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri.  

B. Cara Mengetahui Verval Ijazah Berhasil atau Tidak

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui hasil Verval Ijazah Diterimi atau ditolak, yaitu:

  1. Sudah melakukan verval ijazah sebelumnya
  2. Login pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id menggunakan akun pribadi yang sudah terverifikasi
  3. Pada menu sebelah kanan cek data status verval ijazah S1/D4
  4. Pastikan metode verval “API” dan status verval “SELESAI”, maka bisa dipastikan bahwa verval ijazah anda telah selesai dilakukan atau diterima.
  5. Jika terdapat kesalahan biodata, silahkan pilih PERBAIKAN HASIL VALIDASI, dan ketika kita klik menu PERBAIKAN HASIL VALIDASI, maka otomatis akan menghapus hasil validasi sebelumnya dan harus menunggu hasil proses validasi ulang.
  6. Ketika melakukan perbaikan dan pada status verval akan berubah VERVAL DALAM PROSES.

Catatan: Untuk metode Verval terdapat 2 cara, yaitu API dan UPLOAD. API adalah ketika melakukan verval ijazah diawal tadi dan saat mengetik nama kampus, prodi, nomor ijazah data ditemukan lalu kita simpan. Status API ini bisa dikatakan aman karena ijazah kita terdaftar pada forlap. Adapun status metode Verval Upload dan status verval Menunggu Proses Pemeriksaan Berkas Oleh Operator Pusat, hal ini dilatar belakangi karena saat melakukan verval ijazah untuk pertama kalinya tidak ditemukan nama kampus dan yang muncul hanya menu UPLOAD.

Jika menu UPLOAD yang muncul silahkan scan ijazah yang dimiliki, untuk ukuran sesuaikan dengan yang diminta dan silahkan Upload. Dan pastikan juga bahwa ijazah yang dimiliki terinput secara benar pada aplikasi dapodik sekolah.

Jika pada menu biodata verval ijazah terdapat yang kosong, misalnya nama prodi yang kosong atau tahun lulus yang kosong, maka anda dapat memperbaikinya dengan memilih PERBAIKAN HASIL VALIDASI, lalu lakukan langkah sebagaimana saat melakukan verval ijazah untuk pertama kalinya dan diakhiri dengan memilih menu simpan.

Nah, itulah tadi apa yang dapat saya tuliskan mengenai verval ijazah ini, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagipara pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

26 komentar untuk "Cara Mengetahui Hasil Verval Ijazah, Berhasil atau Tidak?"

  1. Terimakasih atas informasinya dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas informasinya dan sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Jika status verval selesai tapi tidak bisa melihat hasil validasi apakah sudah berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, jika status verval ijazah selesai maka itu bisa dikatakan bahwa hasil validasi sudah selesai, andai belum selesai maka statusnya verval keterangannya masih proses

      Hapus
  4. Kakak...verval dengan metode upload membutuhkan waktu berapa lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling cepat 2 x 24 jam, tapi ada juga sih yang lumayan lama menunggu baru selesai di verval

      Hapus
    2. Verval dengan metode upload pnya saya kok lama ya ke metode API, apakah pergantian dr upload ke API apakah menunggu persetujuan dr OPS Dinas atau otomatis

      Hapus
    3. Saya rasa tidak, itu semua sistem yang mengaturnya. jika ada menu perbaikan verval ijazah akitf pada laman info gtk, silahkan anda klik dan coba perbaiki lagi. pastikan untuk riwayat pendidikan terisi dengan benar pada laman PTK datadik dan terbaca pada aplikasi dapodik

      Hapus
  5. Kak, verval metode API katanya lebih aman. Dengan metode verval API membutuhkan waktu berapa lama ya? Di data verval terakhir dengan metode API, tidak ada nomor ijazah. Apakah bermasalah?Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung, ada yg cepat dan ada yang lama. Tidak akan bermasalah karena verval dengan metode API itu ijazah yang dimiliki telah terdaftar di PDDIKTI RISET kalu tidak salah, sedangkan dengan upload itu kemungkinan ijazahnya baru keluar dan belum di diaftarkan di PDDIKTI RISET.
      Jadi, metode verval API bisa dikatakan aman.

      Hapus
  6. Sampai saat status verval ijasah masih menunggu pemeriksaan..pada di verval bulan juli kemaein

    BalasHapus
  7. Saya metode upload. Sebelumnya status verval sudah ada keterangan selesai. Dan saat ini saya sudah menjadi ASN P3K. Kenapa saat ini status verval berubah lagi menjadi menunggu proses pemeriksaan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, status verval berubah karena adanya perbaikan data oleh server dan adanya update data mengenai verval ijazah pada laman INFO GTK

      Hapus
    2. Berapa lama kemarin nunggu metode upload agar selesai Pak,. 🙏

      Hapus
  8. Pak bagaimana kalau sudah selesai verval dua tahun lalu dan sudah ada tulisan API pada info gtk, tapi setelah dcek ulang no ijazah pada ijazah berbeda dengan yg di info gtk dan sudah melapor dikampus untuk diganti apakah diinfo gtk akan berubah setalah drubah???

    BalasHapus
  9. Mohon dibalas pak
    🙏🙏🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, perlu bapak/ibu ketahui bahwa hasil dari Info GTK bersumber dari aplikasi dapodik, jadi ada beberapa solusi yang bisa dilakukan:
      1. Memastikan isian riwayat pendidikan pada aplikasi dapodik sudah benar
      2. Padahal sejatinya data ijazah yang invalid tidak bisa dilakukan verval, sebab salah nomor ijazah tentunya salah juga data pemilik ijazah yang ditampilkan.
      3. Menghubungi pihak kampus sudah menjadi hal yang tepat, jika bisa lakukan verval ijazah ulang pada Info GTK maka lakukan lah agar data pada info gtk khususnya ijazah update.

      Hapus
  10. Pada info GTK maksudnya saya mau memperbaiki tanggal, bulan dan tahun lulus tapi malah ke klik perbaikan verval .. mana sekarang lagi proses pengangkatan p3k , akan berpengaruh tidak ke data saya yang sudah lulus PG? mohon penjelasannya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tidak berpengaruh, karena yang Lulus PG telah tercatat di sistem penilaian PPPK Guru

      Hapus
  11. Ka saya dlu tahun 2020 sudah verval tapi d gtk smpe hari ini masih dalam proses karena ijazah nya upload, karena kebetulan ijazah saya tahun 2004 yg dulu IAIN sekarang jd UIN tdk terdftr d dikti, skrg mau ikut p3k tp vervalnya msh blm selesai, solusinya bagaimana ya ka?.mhon jawabannya 🙏🙏

    BalasHapus
  12. Kak, waktu itu saya udh verval.nah kemarin itu mau betulin bulan kelulusan saya klik perbaikan validasi,saya verval ulang kog gag bisa ya kak. Universitasnya no result found. Sampai kapan kira²ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. data yang muncul saat proses verval ijazah dilakukan setelah menuliskan nomor seri ijazah adalah hasil dari laporan pihak kampus ke PDDIKTI, jadi jika terdapat kesalahan maka solusinya bisa menghubungi pihak kampus untuk dilakukan perbaikan.

      Hapus
  13. kakak saya nama di ijazah (yg di atas kertas ) sudah sesuai dengan nama di dapodik . tetapi namanya di ijazah ketika di cek di DIKTI namanya lain. sehingga dibaca oleh "info gtk" , nama tidak sesuai, dan keterangannya di "info Gtk" nama tidak sesuai dapodik. itu bagaimana solusinya ya? mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, jika bermasalah pada PDDIKTI maka anda dapat menghubungi pihak kampus untuk perbaikan data diri sekaligus update data pada laman PD DIKTI.

      Hapus