Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Hasil Verval Ijazah, Berhasil atau Tidak?

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Verval Ijazah sangat penting untuk dilakukan sebagai salah satu syarat untuk mengiktui tes Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK/P3K). Selain itu Verval Ijazah juga penting untuk dilakukan sebagai bukti bahwa Ijazah Strata (S1) yang kita peroleh terdafatar di kementerian dan memang SAH secara hukum. Hasil verval ijazah bisa kita ketahui melalui laman info.gtk.kemdikbud.go.id dan dengan diketahuinya hasil verval ijazah maka kita dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes yang akan dilakukan nantinya. 

Hal lainnya yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa data pribadi yang dimiliki terekam pada aplikasi dapodik yang ada di sekolah masing-masing. Sumber data untuk melakukan verval ijazah adalah dapodik yang digunakan oleh sekolah. Kita juga dapat melakukan pegecekan secara mandiri terhadap data pribadi yang telah diinput kedalam aplikasi dapodik, mungkin saja terdapat kekeliruan atau keselahan. 

Apabila data pribadi yang ada pada aplikasi dapodik terdapat kekeliruan atau kesalahan maka segerlah untuk memperbaikinya, baik itu diperbaiki secara sendiri maupun meminta bantuan operator sekolah untuk memperbaikinya.

Sebagai seorang PTK/GTK yang namanya terekam pada aplikasi dapodik sudah sewajarnya untuk melakukan pengecekan data tersebut secara berkala. Ini dilakukan supaya ketika ada suatu kegiatan yang ingin dilakukan dapat diantisipasi terlebih dahulu, jangan sampai sudah dekat harinya barulah kita sibuk mengurus atau memperbaiki data yang terdapat kesalahan atau kekeliruan. Dan yang perlu diketahui bahwa setiap data yang berhubungan dengan sistem tentu memerlukan beberapa hari untuk bisa terupdate.

Satu hal lagi yang perlu kita ketahui adalah adanya akun (gmail) yang dimiliki untuk melakukan login pada suatuwebsite dan akun tersebut haruslah terdaftar pada aplikasi dapodik.

A. Cara Melakukan Verval Ijazah Untuk Pertama Kalinya

Bagi anda yang belum melakukan verval ijazah, maka segeralah untuk melakukan verval ijazah dengan langkah berikut:

  1. Login pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id
  2. Isikan email dan password yang dimiliki dan terdaftar pada aplikasi dapodik (sudah terverifikasi)
  3. Ketika klik login untuk pertama kalinya, maka akan muncul laman utama Verval Ijazah
  4. Pilih dan klik untuk verval ijazah S1/D4 (khusus guru yang bersangkutan, bukannya operartor sekolah)
  5. Otomatis halam verval akan muncul, yaitu dengan adanya Nama Guru, Nama Sekolah, NPSN, Riwayat Mengajar. Pastikan data tersebut memang benar adanya, andaipun terdapat kesalahan maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan mengecek data tersebut pada aplikasi dapodik, sebab data tampilan dari laman verval ijazah itu bersumber dari data hasil sinkronisasi dapodik sekolah.
  6. Jika pada poin nomor 5 memang benar dan sudah sesuai, maka pada menu PERGURUAN TINGGI silahkan isi sesuai dengan nama kampus anda ketika kuliah dulu dan tunggu proses searcing berjalan. Jika sudah muncul nama kampusnya silahkan di klik lalu pilih Prodi anda, isi NIM (Nomor Induk Mahasiswa), dan klik cek. Tunggu hingga proses pengecekan selesai dan apabila sudah muncul data pribadi kita, terakhir pilih simpan.
  7. Setelah melakukan poin nomor 6 secara benar, maka akan muncul data bahwa anda telah selesai melakukan verval ijazah.

Itulah tadi langkah yang harus dilakukan untuk verval ijazah, cukup mudah untuk dilakukan secara mandiri.  

B. Cara Mengetahui Verval Ijazah Berhasil atau Tidak

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui hasil Verval Ijazah Diterimi atau ditolak, yaitu:

  1. Sudah melakukan verval ijazah sebelumnya
  2. Login pada laman info.gtk.kemdikbud.go.id menggunakan akun pribadi yang sudah terverifikasi
  3. Pada menu sebelah kanan cek data status verval ijazah S1/D4
  4. Pastikan metode verval “API” dan status verval “SELESAI”, maka bisa dipastikan bahwa verval ijazah anda telah selesai dilakukan atau diterima.
  5. Jika terdapat kesalahan biodata, silahkan pilih PERBAIKAN HASIL VALIDASI, dan ketika kita klik menu PERBAIKAN HASIL VALIDASI, maka otomatis akan menghapus hasil validasi sebelumnya dan harus menunggu hasil proses validasi ulang.
  6. Ketika melakukan perbaikan dan pada status verval akan berubah VERVAL DALAM PROSES.

Catatan: Untuk metode Verval terdapat 2 cara, yaitu API dan UPLOAD. API adalah ketika melakukan verval ijazah diawal tadi dan saat mengetik nama kampus, prodi, nomor ijazah data ditemukan lalu kita simpan. Status API ini bisa dikatakan aman karena ijazah kita terdaftar pada forlap. Adapun status metode Verval Upload dan status verval Menunggu Proses Pemeriksaan Berkas Oleh Operator Pusat, hal ini dilatar belakangi karena saat melakukan verval ijazah untuk pertama kalinya tidak ditemukan nama kampus dan yang muncul hanya menu UPLOAD.

Jika menu UPLOAD yang muncul silahkan scan ijazah yang dimiliki, untuk ukuran sesuaikan dengan yang diminta dan silahkan Upload. Dan pastikan juga bahwa ijazah yang dimiliki terinput secara benar pada aplikasi dapodik sekolah.

Jika pada menu biodata verval ijazah terdapat yang kosong, misalnya nama prodi yang kosong atau tahun lulus yang kosong, maka anda dapat memperbaikinya dengan memilih PERBAIKAN HASIL VALIDASI, lalu lakukan langkah sebagaimana saat melakukan verval ijazah untuk pertama kalinya dan diakhiri dengan memilih menu simpan.

Nah, itulah tadi apa yang dapat saya tuliskan mengenai verval ijazah ini, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagipara pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

2 comments for "Cara Mengetahui Hasil Verval Ijazah, Berhasil atau Tidak?"

  1. Terimakasih atas informasinya dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas informasinya dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete