Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Menu Lembaga Dan Sarana Pada EMIS Madrasah Versi 4.0

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

EMIS Madrasah untuk sekolah dari tingkat RA/TK hingga MA/sederajat sudah bisa melakukan update data jika telah berhasil mendaftarkan akun Kepala Sekolah dan melakukan update untuk akun operator pendataan EMIS Madrasah.

Baca cara membuat akun Kepala Sekolah atau Madrasah untuk pengerjaan EMIS Madrasah disini.

Dan yang perlu diketahui bahwa EMIS Madrasah yang sekarang digunakan sudah versi 4.0 update terbaru dari EMIS terdahulu, adapun menu atau fitur yang diaktifkan pun hanya ada 2, yaitu menu Lembaga (Profil) dan juga menu Sarana Prasarana (Lahan).

Jadi, yang harus dilakukan oleh operator pendataan EMIS Madrasah adalah melakukan update data pada kedua menu yang telah aktif tersebut yaitu menu Lembaga dan Sarana Prasarana. Ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sebelum melakukan update data terbaru, diantaranya:

1. SK Izin Operasional terbaru

2. SK Kemenkuham terbaru

3. SK Izin pendirian sekolah, dan dokumen lainnya

SK tersebut diperlukan untuk mengisikan nomor surat dan tanggal terbitnya SK pada menu Lembaga di EMIS digital.

Adapun akun Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah sendiri berfungsi untuk memberikan persetujuan terhadap data yang telah diisikan oleh operator EMIS Madrasah sebelum di verifikasi oleh Kemenag Kabupaten dan Kemenag Provinsi.

Adapun alur untuk persetujuan data yang telah diisikan oleh operator EMIS Madrasah, antara lain:

  1. Operator EMIS Madrasah melakukan update data sesuai dengan yang sebenarnya dan mengirim hasil update kepada Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah
  2. Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah melakukan pengecekan terhadap kebenaran data yang telah diisikan oleh operator EMIS dengan memilih menu LIHAT DETAIL, jika sudah benar pilih SETUJUI dan jika ada dirasa kurang pilih DITOLAK dengan memberikan alasan penolakan. Apabila statusnya ditolak oleh Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah, maka tugas operator selanjutnya adalah memperbaiki data yang dirasa keliru saat pengisian
  3. Jika pada poin nomor 2 sudah DISETUJUI, selanjutnya data akan diverifikasi kembali oleh Kemenag Kabupaten 
  4. Jika pada poin nomor 3 telah DISETUJUI, selanjutnya data akan diverifikasi oleh Kemenag Provinsi hingga kepada Kemenag Pusat

Sungguh alur dan proses yang sangat panjang untuk dilalui, maka dari itu sebelum melakukan pengiriman data pastikan terlebih dahulu kebenarannya diawal pengerjaan.

Cara Mengisi Menu Lembaga Dan Sarana Pada EMIS Madrasah Versi 4.0

Berikut merupakan langkah atau cara mengisi menu Lembaga dan Sarana pada EMIS Madrasah, antara lain:

a. Mengisi Menu Lembaga

Pertama, silahkan login pada laman atau website EMIS Madrasah https://emis.kemenag.go.id/

Kedua, Isikan Username dan password opearator EMIS Madrasah yang telah diupdate sebelumnya

Ketiga, pilih menu Lembaga lalu pilih Profil, silahkan isikan kolom yang kosong seperti Nama Singkatan, SK Izin Operasional, SK Kemenkuham, Tanggal SK Izin Operasional, Tanggal SK Kemenkuham, hingga pertanyaan terakhir seperti:

  • Apakah madrasah memiliki dokumen e-RKAM?
  • Apakah madrasah berdekatan dengan pondok pesantren?

Silahkan contreng kotak yang ada pada pertanyaan tersebut jika sekolahan anda memang memiliki dokumen yang dimaksud dan dekat dengan pondok pesantren.

Keempat, silahkan pilih SIMPAN jika data yang telah diinputkan tadi sudah dirasa sudah benar.

Catatan: Menu Lembaga sama dengan IDENTITAS, jadi ketika memilih menu Profil pada lembaga maka akan muncul 2 buah menu, yaitu IDENTITAS dan LOKASI. Dan untuk menu LOKASI sama dengan Sarana Prasarana, untuk langkah pengisiannya ada dibagian bawah ini:

b. Cara mengisi Sarana Prasarana

Untuk mengisi menu Sarana Prasarana bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

Pertama, pilih dan klik menu Sarana Prasarana kemudian pilih Asset Tetap lalu pilih LAHAN, maka akan muncul data tentang lahan sekolah kita

Kedua, pilih menu arah yang ada pada bagian ujung, maka akan muncul isian terhadap data sekolah kita, mulai dari alamat sekolah, luas lahan, status lahan, titik koordinat sekolah, jarak antar hingga jarak antara sekolah ke kantor kabupaten maupun provinsi.

Ketiga, pada poin yang nomor 2 diatas tidak bisa dirubah dan apabila ingin merubahnya silahkan scroll kebagian bawah sampai menemukan menu UBAH, pilih dan klik UBAH

Keempat, setelah dipilih UBAH selanjutnya silahkan isi kolom yang kosong, ada beberapa yang harus diisi, diantaranya:

  • Mengisi Status Kepemilikan, seperti Milik Sertifikat (jika ada), waqaf, Hak guna, Sewa/Kepemilikan, atau Pinjaman
  • Mengisi alamat lengkap, nama provinsi, kabupaten, kecamatan dan desa
  • Mengisi daerah tempat sekolah berada, mencari lokasi sekolah berada dan menggeser titik koordinat dengan sebenarnya
  • Menentukan jarak antara sekolah ke Pusat Ibukota Provinsi, Kepusat Kabupaten/Kota, Kanwil Kemenag Provinsi, Kekantor Kemenag Kab/Kota, Ke RA terdekat, Ke MD terdekat, Ke MI terdekat, Ke MTs sampai Pondok Pesantren terdekat, dan ke PTKI terdekat
  • Terakhir pilih SIMPAN
  • Selanjutnya operator EMIS Madrasah bisa memilih menu Kirim Meminta Persetujuan, pilih select all dan kirim
  • Silahkan Logout pada EMIS dan Login kembali dengan menggunakan akun Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah untuk mempersetujui datayang dikirim tersebut
  • Jika sudah disetujui oleh Kepala Sekolah atau Kepala Madrasah, maka tugas operator EMIS Madrasah telah selesai
  • Atau operator EMIS Madrasah bisa juga melakukan konfirmasi atas kebenaran data yang telah diisi atau dikirimkan atau bisa juga menunggu informasi berikutnya agar tidak mengalami kekeliruan.

Mungkin itu saja apa yang dapat saya tuliskan yaitu tentang Cara Mengisi Menu Lembaga dan Sarana Pada EMIS Madrasah Versi 4.0, semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Mengisi Menu Lembaga Dan Sarana Pada EMIS Madrasah Versi 4.0"