Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CARA REGISTRASI LTMPT TAHUN 2021 UNTUK SISWA

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Amiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Amiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Amiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Amiin….

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) adalah lembaga yang menyelenggarakan tes untuk masuk keperguruan tinggi bagi dan calon mahasiswa untuk para siswa yang berada disemester akhir atau kelas XII. Dan sekarang sudah memasuki bulan ke-2 pembelajaran di semester genap tahun pelajaran 2020/2021, untuk itu pihak sekolah bisa melakukan registrasi LTMPT 2021 untuk siswanya.

Registrasi LTMPT 2021 pun bisa dilakukan secara mandiri oleh siswa dengan dibantu oleh Operator Sekolah, dan hal utama yang mesti dilakukan adalah membuat akun untuk siswa agar nantinya bisa login atau mengakses laman ltmpt.ac.id  

Cara Registrasi LTMPT Tahun 2021 Untuk Siswa


Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakuakan untuk melakukan registrasi LTMPT 2021, yaitu:

  1. Pilih dan klik portal.ltmpt.ac.id
  2. Pilih registrasi akun LTMPT, maka akan akan muncul 2 pilihan menu utama, yaitu menu sekolah dan menu siswa
  3. Selanjutnya pilih menu siswa untuk membuat akun pertama kalinya
  4. Selanjutnya akan muncul menu isian, yaitu NISN, NPSN dan Tanggal lahir, untuk mengetahui NISN siswa dapat memintanya kepada Operator Sekolah atau bagian Tata Usaha yang menengani masalah biodata pribadi siswa (jika registrasi dilakukan secara mandiri oleh siswa)
  5. Jika semua sudah terisi secara benar, klik Selanjutnya maka kita akan diarahkan lagi pada menu registrasi siswa, terdapat nama siswa, NISN, NPSN, NAMA SISWA, NAMA SEKOLAH dan TANGGAL LAHIR. Pada bagian bawah menu registrasi terdapat kolom isian EMAIL, Password dan Konfirmasi Password, siswa dapat mengisikan email yang dimilikinya dan pastikan email tersebut aktif. Untuk password terdiri dari 8 karakter (kombinasi huruf dan angka), misalnya Mawar123, Melati12. Buatlah password yang mudah diingat sebab password ini sangat berguna nantinya untuk bisa login pada sistem LTMPT, jika sudah mengisikan password selanjutnya konfirmasikan password tersebut sekali lagi. Terakhir klik Centang pada kotak yang ada sebagai bukti pernyataan bahwa data yang diisikan memang benar, lalu pilih Daftar.
  6. Selanjutnya kita akan diarahkan pada laman verifikasi akun, disinilah pentingnya menuliskan email yang aktif sebab menu verifikasi akan dikirimkan oleh pihak LTMPT melalui email. Disarankan agar menggunakan email yang umum digunakan yaitu akun Gmail. Silahkan cek email yang didaftarkan tadi dan pastikan ada pesan masuk dari LTMPT, lalu pilih dan klik Aktivasi Akun.
  7. Jika pada poin nomor 6 sudah dilakukan dan berhasil, maka selanjutnya kita akan diarahkan pada laman utama portal LTMPT, silahkan isikan email yang telah didaftarkan tadi beserta passwordnya, lalu pilih dan klik Masuk.
  8. Maka kita akan diarahkan ke laman Dashobard, dan terdapat 4 menu utama yang terlihat, yaitu Verval, SNMPTN, KIP-K, dan UTBKSBMPTN. Verval adalah untuk verifikasi data sekolah atau siswa, SNMPTN adalah untuk mendaftar diri pada SNMPTN, KIP-K adalah untuk pengajuan biaya pendidikan, dan UTBKSBMPTN adalah untuk mendaftarkan diri pada UTBK serta SBMPTN.
  9. Pada poin nomor 8 pilih menu Verval terlebih dahulu, selanjutnya kita akan diarahkan pada laman validasi dan verifikasi data siswa. Biodata tersebut sesuai dengan data yang ada pada aplikasi dapodik sekolah, dan pastikan semua data tersebut memang benar, jika terdapat kesalahan atau ada kolom yang masih kosong pilih dan klik menu Perbaiki Data yang ada pada pojok kanan atas da nisi data sesuai dengan sebenarnya lalu pilih simpan, tapi jika data tersebut sudah diyakini kebenarannya silahkan scroll sampai pada bagian bawah lalu pilih lanjutkan maka selanjutnya kita akan diarahkan pada laman verifikasi sekolah akhir.
  10. Pada menu verifikasi sekolah akhir terdapat nama sekolah, NPSN, Status keaktifan siswa, tanggal pertama kali masuk sekolah dan semester. Jika dari data tersebut terdapat kesalahan, misalnya karena siswa pindahan dari sekolah lain, maka kita dapat memilih menu Perbaiki Data dan isi sesuai dengan sebenarnya. Tapi jika tidak ada kesalahan, maka kita bisa memilih menu Selanjutkan.
  11. Kita akan diarahkan pada laman berikutnya, silahkan dibaca dan dipahami sebab pada laman ini mengharuskan kita mengupload foto sesuai dengan kriteria yang ada, misalnya resolusinya, jenis filenya, ukurannya, dan sebagainya. Jika foto berhasil diunggah maka akan terdapat balasan bahawa foto berhasil diunggah, lalu pilih menu Selanjutnya.
  12. Pada laman berikutnya kita diharuskan untuk menyesuaikan foto siswa yang telah diupload tersebut sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan, jika sudah pas pilih dan klik menu Crop maka hasilnya akan terlihat pada sebelah kanan, jangan lupa klik Simpan. Setalah disimpan maka sistem akan menyimpan foto secara otomatis dan pada bagian atas terdapat tanda centang warna hijau dengan keterangan foto berhasil diunggah.
  13. Setelah pada poin nomor 12 berhasil dilakukan, pilih dan klik menu Selanjutnya yang ada pada bagian bawah. Maka kita akan diarahkan pada laman verifikasi akhir untuk menyimpan data secara permanen, sebelum menyimpan data secara permanan silahkan cek kembali data siswa tersebut sekali lagi untuk memastikan bahwa tidak ada kekeliruan. Hal ini harus dilakukan sebab ketika kita simpan biodata siswa secara permanen, maka tidak akan bisa kembali dirubah lagi. Jika data tersebut sudah diyakini kebenaranya 100%, selanjutnya kita centang kotak pernyataan yang ada pada bagian bawah dan pilih Simpan Permanen. Selanjutnya akan muncul menu verifikasi untuk meyakinkan kita kembali sebelum disimpan, jika dirasa masih ada yang salah maka bisa memilih Tidak lalu melakukan perbaikan dan apabila dirasa sudah memang benar maka pilih Ya, Simpan Permanen.
  14. Jika pada poin nomor 13 selesai dilakukan maka kita telah berhasil melakukan verifikasi akun siswa yang didaftarkan tadi, selanjutnya kita klik menu unduh tanda bukti registrasi akun. Kita bisa mencetaknya untuk diserahkan kepada siswa yang bersangkutan agar dapat menyimpannya secara baik-baik. Dan bukti registrasi ini nantinya akan digunakan untuk melakukan pendaftaran pada SNMPTN dan UTBKSBMPTN
  15. Terakhir pilih gambar menu orang yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih Sign Out, maka otomatis kita akan kembali pada tampilan awal saat ingin masuk ke laman utama LTMPT dan pendaftaran pun selesai dilakukan. Untuk siswa yang lainnya cara registrasinya sama saja seperti yang dilakukan dari langkah nomor 1 – 14.

Nah, itulah tadi cara registrasi LTMPTN 2021 untuk siswa yang dapat saya tuliskan. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Post a Comment for "CARA REGISTRASI LTMPT TAHUN 2021 UNTUK SISWA"