Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CEK INFO GTK TERBARU! SILAHKAN LIHAT STATUSNYA

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh


Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Cek Info GTK terbaru ditahun 2021 semester genap tahun pelajaran 2020/2021 periode Januari s/d Juni. Info GTK terbaru ini telah berhasil Uji Coba Validasi sehingga hasil yang ditampilkannya pun sesuai dengan apa yang ada pada aplikasi dapodik.

Dan yang perlu diketahui oleh rekan Operator Sekolah dimanapun berada bahwa Info GTK terbaru ini untuk penarikan datanya masih sedang berlangsung jadi tidak heran dan was-was jika status yang muncul ketika membuka lembar Info GTK ini beragam.

Status Yang Ada Pada laman Info GTK

Ada berbagai macam status yang ditampilkan pada laman Info GTK, seperti:

  1. Status Validasi Tunjangan Profesi: Valid (Menunggu verifikasi dinas), jika statusnya seperti pada poin nomor 1 ini, itu berarti statusnya sudah aman dan Operator Sekolah pun bisa berlapang dada, tinggal cetak lalu diberikan kepada PTK yang bersangkutan sebagai salah satu syarat pemberkasan untuk pembayaran Tunjangan Profesi (sertifikasi).
  2. Status Kelengkapan Data Warning, pada status ini terjadi karena adanya PTK yang telah mendapatkan pangkat dan golongan terbaru (naik pangkat), pada aplikasi dapodik sudah diinput pangkat dan golongan terbaru sedangkan pada sistem BKN masih terbaca pangkat dan golongan yang lama. Hal ini lah yang membuat Status Kelengkapan Data menjadi Warning, lalu apa yang harus dilakukan? Ya, bersabar merupakan kunci utamanya. Dan jika ada menu validasi pangkat dan golongan dari BKN muncul pada lembar Info GTK, silahkan lakukan validasi untuk penyesuaian pangkat dan golongan terbaru antara dapodik dan BKN.
  3. Status Validasi Tunjangan Profesi: Dalam Uji Coba Validasi, pada status poin nomor 3 ini terjadi ketika melakukan pengecekan Info GTK pada akun Kepala Sekolah dan status ini lah juga yang membuat Operator Sekolah menjadi was-was takut jika ada data yang salah. Kuncinya sama saja yaitu mesti BERSABAR, hal itu dikarenakan update data GTK masih berlangsung atau berjalan. Jadi, silahkan lakukan pengecekan secara berkala pada laman Info GTK yang telah ada.
  4. Status Validasi Tunjangan Profesi: Tidak Valid, pada poin nomor 4 ini ditandai dengan adanya silang merah pada kolom Verifikasi Data Tunjangan Profesi, silahkan lihat pada kolom bagian apa yang memiliki silang merah, kemudian lakukan pengecekan pada aplikasi dapodik. Misalnya silang merah pada Beban Mengajar, berarti ini berhubungan dengan pengisian menu Pembelajaran pada aplikasi dapodik, silahkan di cek pengisian jam pembelajarannya untuk Guru Kelas SD yaitu 24 jam begitu juga dengan guru kelas lainnya harus 24 jam dan berstatus disekolah induk. Jika memang sudah benar 24 jam yang terisi, ya kuncinya BERSABAR kembali dan biarkan sistem yang bekerja.

Catatan: Jika ada yang bertanda warning pada menu verifikasi data tunjangan, silahkan pilih dan klik menu Update Data BKN kemudian tunggu beberapa waktu. Ini berlaku bagi yang baru saja mendapatkan pangkat dan golongan terbaru, di dapodik sudah diinput pangkat dan golongan terbaru sedangkan pada BKN masih terdata pangkat dan golongan yang lama.

Poin Penting Yang Harus Diperhatikan Untuk Status Tunjangan Profesi


Ada beberapa Poin penting yang harus diperhatikan ketika melakukan pengecekan Info GTK ini, diantaranya yaitu:

Pertama, Silahkan scroll kebagian bawah lembar Info GTK

Kedua, pada menu Verifikasi Data Tunjangan Profesi terdapat beberapa menu penting, seperti:

  • Beban Mengajar
  • Kelulusan Sertifikasi
  • NUPTK
  • Usia
  • Keaktifan
  • Kepegawaian, dan
  • Kelengkapan Data

Masing-masing menu tersebut akan tercontereng hijau jika sudah ssesuai dan status Info GTK pun menjadi Valid (Menunggu verifikasi dinas), dan apabila ada menu penting diatas yang bertanda silang merah, maka lakukanlah pengecekan terhadap aplikasi dapodik. Andaipun terdapat kesalahan atau kekeliruan pada isian aplikasi dapodik, maka segeralah memperbaikinya dan lakukan sinkronisasi.

Ketiga, point penting yang lainnya adalah melakukan pengecekan terhadap besaran gajih PTK yang ada pada laman Info GTK, apakah sudah sesuai dengan berkala terbaru diterima oleh PTK atau tidak. Biasnya untuk kenaikan gajih berkala ini dilakukan 2 tahun sekali, lalu mengapa harus dilakukan pengecekan pada besaran gajih PTK? Sebab pembayaran Tunjangan Profesi menyesuaikan riwayat gajih yang ada pada lembar Info GTK. Oleh sebab itu jika PTK yang bersangkutan telah mendapatkan berkala terbaru, maka segeralah melapor kepada Operator Sekolah supaya nantinya tidak ada yang harus disalahkan.

Keempat, untuk jumlah jam mengajar pastikan 24 jam untuk Guru Kelas tingkat SD, sedangkan untuk yang memiliki tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah secara otomatis sudah memiliki jumlah jam yaitu 24 jam.

Cara Melakukan Pengecekan Info GTK Terbaru Tahun 2021

Adapun cara melakukan pengecekan Info GTK terbaru ditahun 2021 ini, antara lain:

  1. Silahkan kunjungi laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  2. Pilih dan klik Login Langsung Ke GTK
  3. Silahkan isi User Account PTK sesuai dengan email PTK yang terdaftar pada aplikasi dapodik dan telah terverifikasi beserta dengan passwordnya, dan pilih Login 

Bila Status Validasi Tunjangn Profesi: Valid (Menunggu verefikasi dinas), langsung saja pilih cetak dan print, untuk diberikan kepada PTK yang bersangkutan

Demikianlah apa yang dapat saya tuliskan yaitu tentang Info GTK Terbaru! Silahkan Lihat Statusnya, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada. Dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang kurang dipahami.

Post a Comment for "CEK INFO GTK TERBARU! SILAHKAN LIHAT STATUSNYA"