Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Usulan Untuk Mendapat Bantuan DAK Fisik Bagi Sekolah

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda sudah membaca informasi yang diberikan oleh Admin melalui laman website dapodikdasmen tentang perencanaan DAK Fisik untuk tahun 2022? Jika belum maka segeralah berkunjung ke laman tersebut agar tidak ketinggalan informasi dan disana pun sudah ada petunjuk yang diberikan dalam rangka pengisian menu Sarpras pada website manajemen sekolah.

DAK Fisik berupa sarpras ini sejatinya adalah untuk membantu setiap satuan pendidikan dalam rangka rehabilitas atau perbaikan sarana prasana yang ada disekolah tersebut. Untuk perbaikan ini disesuaikan dengan jenis kerusakan yang diisikan oleh pihak sekolah melalui aplikasi dapodik.

Ada beberapa tipe atau jenis kerusakan yang bisa pihak sekolah sampaikan melalui aplikasi dapodik, diantaranya:

1. Jenis kerusakan ringan sekitar 0 – 20% 

2. Jenis kerusakan sedang sekitar 30- 40%

3. Jenis kerusakan berat sekitar > 50%

Selain itu DAK Fisik ini juga ada yang bersifat pembangunan Sarpras baru, misalnya jika sekolah tidak memiliki perpustakaan maka sekolah dapat membuat usulan kepada Dinas Pendidikan setempat atau melalui laman manajemen sekolah sp.datadik.kemdikbud.go.id untuk mengisikan form yang disediakan bahwa tidak memiliki perpustakaan. Selama masih ada lahan untuk pembangunan perpustakaan, masih ada harapan untuk mendapatkan Dana alokasi DAK untuk pembangunan perpustakaan.

Perpustakaan sekolah sangat penting keberadaannya dilingkungan sekolah, sebab perpustakaan berfungsi sebagai sarana penunjung kreatifitas siswa serta sarana untuk menambah wawasan pengetahuan siswa melalui buku-buku yang tersedia.

Dan apabila kerusakannya tidak terlalu berat, maka pihak sekolah dapat memberikan usulan untuk mendapatkan rehab melalui Dana DAK Kemendikbud. Dana DAK tersebut digunakan untuk memperbaikan kerusakan yang telah dilaporkan tersebut, misalnya perbaikan rehab ruang kelas, kantor guru, mushola, perbaikan atap sekolah, perbaikan lantai kelas, perbaikan sanitasi dan sebagainya.

Tentu setiap satuan pendidikan atau sekolah berharap mendapatkan Dana alokasi DAK dari Kemendikbud untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan Sarana Prasarana (Sarpras) guna untuk menunjung kegiatan pembelajaran, jika kerusakannya kecil mungkin masih bisa menggunakan Dana BOS Sekolah tapi kalau kerusakannya besar tentu tidak cukup hanya dengan Dana BOS Sekolah yang hanya terbatas pendapatannya sesuai dengan jumlah siswa yang ada pada sekolah tersebut.          

Kelengkapan data yang harus diisi meliputi ketersediaan sarana dan prasarana dan penilaian tingkat kerusakan bangunan guna untuk membuat Usulan DAK Fisik tahun 2022, sedangkan usulan DAK Fisik tahun 2021 kalau tidak salah sudah berakhir. Maka dari mumpung masih ada pihak sekolah bisa membuat usulan untuk mendapatkan DAK Fisik di tahun 2022 yang tentunya sesuai dengan keadaan sekolah sebenarnya.

Cara Membuat Usulan Untuk Mendapat Bantuan DAK Fisik Bagi Sekolah

Untuk membuat usulan agar mendapat bantuan DAK Fisik bagi sekolah adalah dengan mengisi persentasi kerusakan pada menu SARPRAS melalui aplikasi dapodik sesuai dengan keadaan sebenarnya. Selain itu, kita juga dapat mengisi form validasi dan verifikasi melalui laman manajemen sekolah, adapun caranya adalah:

Pertama, Silahkan kunjungi laman sp.datadik.kemdikbud.go.id

Kedua, Isi username dan email sesuai dengan aplikasi dapodik

Ketiga, Pada menu utama silahkan pilih dan klik SARPRAS, maka akan terdapat 3 menu utama yaitu:

  • Daftar Prasarana, pada menu ini berisikan daftar Prasarana sesuai dengan isian pada aplikasi dapodik yang telah di sinkron
  • From Cek Sarpas, pada menu ini berisi tentang ruangan yang harus ada pada setiap sekolah, seperti ruang laboratorium, ruang pimpinan, tempat untuk beribadah, ruang UKS. Jika sekolah tidak memiliki ruang tersebut maka dapat memilih opsi jawaban “Tidak Memiliki” dan pilih “Memiliki” jika memang benar ada ruangan tersebut disekolah kita
  • Form Penilaian Kerusakan Bangunan, pada menu ini silahkan verifikasi dengan memilih “sudah sesuai” kemudian mengupload buktinya foto bangunan dengan format PDF. Biasanya foto memiliki format JPG, JPEG, PNG bagaimana supaya jadi PDF? Caranya mudah saja yaitu dengan cara menempelkan foto tersebut pada Microsoft word kemudian save as dengan tipe file PDF.

Keempat, jika pada poin ketiga telah dilakukan itu berarti tugas kita dalam membuat usulan DAK Fisik untuk tahun 2022 telah selesai dikerjakan.

Mungkin sampai disini saja apa yang dapat saya tuliskan yaitu tentang Cara Membuat Usulan Untuk Mendapat Bantuan DAK Fisik Bagi Sekolah. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan di dalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Post a Comment for "Cara Membuat Usulan Untuk Mendapat Bantuan DAK Fisik Bagi Sekolah"