Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengupload Dan Membuat SPTJM Pada Verval Ponsel Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Siapa yang tidak mengenal dengan website yang satu ini bernama Verval Ponsel, tentu setiap satuan pendidikan mengenal website ini. Sebab melalui verval ponsel setiap satuan pendidikan dapat mengupload dan membuat SPTJM guna untuk mendapatkan kouta internet gratis dari Kemendikbud, baik itu untuk siswa maupun GTK yang bersangkutan.

Pada bulan April tahun 2021 ini baru saja menu Formulir Pembuatan SPTJM telah aktif, itu berarti setiap satuan pendidikan bisa mengajukan kembali agar mendapatkan bantuan kouta internet gratis untuk mengikuti pembelajaran di masa pandemi yang masih melanda di waktu sekarang ini.

Bagi anda yang baru saja bertugas sebagai Tenaga Pendidik atau Operator Sekolah dan belum mengetahui cara mengupload dan membuat SPTJM pada website verval ponsel, mungkin artikel yang sederhana ini akan memberikan manfaat dan bantuaan agar bisa dilakukan praktek dalam pengerjaannya.

Sebelum mengupload dan membuat SPTJM pada verval ponsel diharapkan agar terlebih dahulu melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap nomor ponsel yang telah didaftarkan pada aplikasi dapodik. Verifikasi ini jug bertujuan agar nomor ponsel yang dimasukkan tidak keliru dan masih aktif, sebab kalau nomor ponsel yang dimasukkan pada aplikasi dapodik adalah nomor ponsel yang sudah tidak aktif lagi, maka besar kemungkinan tidak akan mendapatkan kouta internet gratis dari Kemendikbud.

Selain itu verifikasi ini harus dilakukan agar nomor ponsel milik peserta didik benar-benar muncul dan terdaftar pada website verval ponsel, agar ketika dilakukan pembuatan SPTJM seluruh siswa memiliki nomor ponsel dan siap menerima kouta internet gratis dari Kemendikbud.  

Cara Mengupload dan Membuat SPTJM Pada Verval Ponsel Tahun 2021

Berikut merupakan langkah-langkah untuk mengupload dan membuat SPTJM pada verval ponsel tahun 2021, antara lain:

Pertama, anda dapat mengakses website vervalponsel.data.kemdikbud.go.id

Kedua, pilih menu Login, lalu pilih SPTJM/PKS/BAST

Ketiga, masukkan user  dan password akun operator sekolah milik anda

Keempat, klik dan pilih menu SPTJM dan pilih belum SPTJM untuk membuat formulir SPTJM

Kelima, setelah SPTJM berhasil dibuat, selanjutnya pilih menu SPTJM dan pilih daftar SPTJM

Keenam, klik tombol download untuk mengunduh SPTJM verval ponsel, kemudian cetak dan mintalah kepala sekolah menandatanganinya sebelum diupload kembali

Ketujuh, selain mendownload SPTJM, anda juga dapat mengunduh lampiran dari SPTJM yang telah dibuat tadi untuk memastikan bahwa nomor ponsel peserta didik, guru dan kepala sekolah benar-benar terdaftar da nada muncul

Kedelapan, setelah SPTJM ditanda tangani kepala sekolah, selanjutnya anda bisa melakukan scan file tersebut dalam bentuk PDF lalu kemudian unggah kembali di website verval ponsel dengan memilih menu unggah berupa arah anak panah, cari letak SPTJM yang baru saja di scan dan unggah atau upload

Kesembilan, maka akan muncul keterangan bahwa SPTJM berhasil dibuat atau berhasil di unggah

Sampai pada tahap ini, anda telah berhasil mengupload dan membuat SPTJM pada verval ponsel. Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengupload Dan Membuat SPTJM Pada Verval Ponsel Tahun 2021"