Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Update Dapodik Versi 2021.e

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Pada tanggal 21 April 2021 di laman resmi dapo.kemdikbud.go.id rilis berita tentang updater aplikasi dapodik versi 2021 e. Berbagai pembaruan dimunculkan pada aplikasi dapodik 2021 e ini, salah satunya adalah adanya pembaruan untuk memasukkan NIP dan TMT guru honorer yang lulus P3K kemarin.

Selain menu input NIP dan TMT guru honorer yang lulus P3K, pembaruan kali ini juga terdapat menu untuk penambahan pangkat dan golongan untuk PTK yang berstatus kepegawaiannya bersumber dari P3K.

Utuk lebih jelasnya, disini kami tuliskan kembali pembaruan dan perbaikan untuk dapodik versi 2021.e yang baru saja dirilis beberapa jam yang lalu, yaitu:

  • Pembaruan Penambahan rekap kerusakan per bangunan pada beranda.
  • Pembaruan Penambahan alur penginputan NIP dan TMT untuk status kepegawaian PPPPK.
  • Pembaruan Penambahan referensi pangkat golongan untuk status kepegawaian PPPPK.
  • Pembaruan Penambahan perizinan karakter spesial pada nama, nama ibu kandung, nama ayah, nama wali di formulir peserta didik .
  • Pembaruan Penambahan referensi tingkat pendidikan untuk jenjang PKBM dan SKB (Tarik Data).
  • Perbaikan Perbaikan pembaruan otomatis secara online.
  • Perbaikan Perubahan bisnis proses perubahan data yayasan hanya melalui http://vervalyayasan.data.kemdikbud.go.id
  • Perbaikan Perubahan validasi menjadi warning untuk jumlah karakter pada nama GTK.
  • Perbaikan Bugs fixing terkait perhitungan kondisi kerusakan pada Bangunan dan Ruang.
  • Perbaikan Bugs fixing terkait pada saat penambahan Peserta Didik baru untuk bentuk pendidikan SPK PG dan SPK TK.
  • Perbaikan Bugs fixing terkait mapping anggota rombel untuk bentuk pendidikan SPK PG dan SPK TK.

Dan yang perlu diketahui bahwa dapodik yang rilis merupakan bentuk updater (patch) saja, jadi anda tidak perlu mengunstal aplikasi dapodik yang ada dilaptop masing-masing. Dan langsung saja install setelah berhasil mendownload file patch dapodik versi 2021.e

Bagi andayang baru saja menjadi Operator Sekolah dan belum pernah melakukan updater pada aplikasi dapodik dapat mengikuti langkanh-langkahnya dibawah ini!

Cara Mudah Update Dapodik Versi 2021.e  

Pertama, anda bisa mendownload Patch Dapodik versi 2021.e terlebih dahulu pada website dapo.kemdikbud.go.id atau langsung mendownloadnya pada link yang telah disediakan dibagian bawah artikel ini

Kedua, setelah anda berhasil mendownload patch atau updaternya dapodik versi 2021.e, selanjutnya letakkan patch dapodik 2021.e tadi ke Local Disk ( C ).

Ketiga, lakukan instalasi dengan cara, klik kanan pilih Run as Administrator dan pilih OK. Selanjutnya ikuti petunjuknya hingga selesai.

Keempat, cek dapodik yang ada di laptop anda dan pastikan bahwa tampilan menu awalnya tertulis Dapodik versi 2021.e, dan jika belum berubah silahkan klik F5 (Refrest) laptop anda, Dapodik pun siap untuk digunakan.

Download Patch Dapodik versi 2021.e disini

Begitulah cara singkat untuk melakukan update pada aplikasi dapodik versi 2021.e, cukup mudah untuk bisa dilakukan. Selamat mencoba dan semogara artikel sederhana ini bermanfaat, dan mohon maaf jika terdapat kesalahan atau kekeliruan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahamai. 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Update Dapodik Versi 2021.e "