Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Umpan Ampuh Untuk Mancing Udang Galah

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Mancing merupakan salah satu aktivasi yang paling digemari di era sekarang ini, ada kesenangan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata ketika melakukan kegiatan memancing. Kegiatan memancing dapat dilakukan diberbagai tempat, seperti di lautan yang luas, di daerah rawa-rawa, di air sungai (tawar), maupun ditempat pemancingan.

Tujuan utama memancing tentu salah satunya adalah mendapatkan sambaran ikan atau STRIKE…….weh…..ini yang ditunggu-tunggu para pemancing. Terlebih lagi jika ikan yang menyambar adalah ikan berukuran besar atau jumbo atau babon,,,,wedehhhh…..bikin ketagihan untuk datang kembali memancing.

Tapi pada kali kita akan membahas umpan ampuh untuk mancing udang galah yang biasa hidup di air tawar. Tentu bagi para pemancing tidak heran lagi dengan yang namanya udang galah, udang galah dapat dikenali daribentuk tubuhnya yang lebih besar dari jenis udang lainnya dengan capit besar berwarna ungu. 

Udang galah biasanya hidup di air tawar, udang galah memiliki daging yang lumayan tebal dan nikmat untuk disantap karena sesuai dengan ukuran tubuhnya yang besar. Selain itu, udang galah juga memiliki daya jual yang lumayan besar dipasaran. Maka dari udang galah mejadi salah satu sasaran bagi para pemancing.

Bagi anda yang baru saja ingin memulai hoby memancing dan belum mengetahui umpan untuk mincing udang galah dapat mencoba umpan yang kami tuliskan ini, semoga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Umpan Ampuh Mancing Udang Galah

Adapun umpan yang bisa anda coba untuk memancing udang galah yaitu:

1. Cacing Tanah

Cacing tanah merupakan umpan yang sangat ampuh digunakan untuk memancing. Selain mampu bertahan didalam air cacing tanah juga memiliki aroma khas yang sangat disukai para ikan dan juga udang galah. Berbagai macam jenis ikan juga menyukai umpan yang satu ini, sehingga tidak heran jika cacing tanah merupakan prioritas utama umpan yang harus dibawa bagi para pemancing.

Cara mendapatkannya pun sangatlah mudah, yaitu hanya dengan menggali tanah saja maka anda sudah mendapatkannya. Untuk diketahui cacing tanah memiliki beberapa ukuran dan jenis, ada cacing tanah yang habibatnya di tanah yang ada dipinggiran sungai dan cacing ini berukuran kecil dengan warna yang bervariasi seperti merah, kebiru-biruan, maupun kecoklatan. Kemudian ada juga cacing tanah yang habitatnya di tanah gembur yang jauh dari sungai dan cacing jenis ini memiliki ukuran cukup besar dengan warna merah legam dan juga putih pasif. Di daerah Kalimantan Selatan cacing tanah ini disebut dengan cacing gelang atau cacing galang. 

2. Cacing Bakau/Tembiluk/Tambelo

Jika anda berada atau bertempat tinggal di pesisir pantai Mangrove dapat mencoba umpan yang satu ini untuk memancing udang galah. Cacing bakau biasanya hidup di pohon atau batang mangrove yang sudah lapuk, cacing ini sangat mudah dikenali dengan ukuran tubuh yang panjang dan juga lentur.  

3. Anak Ikan Berukuran Kecil

Anda dapat mencoba umpanyang satu ini yaitu anakan ikan, misalnya anakan ikan gabus maupun ikan yang lainnya untuk memancing udang galah. Udang galah sangat menyukai umpan hidup, untuk itu anakan ikan bisa dimanfaatkan sebagai umpan mancing udang galah

4. Kecebong

Berdasarkan informasi yang pernah saya ketahui kecebong atau anakan kodok atau katak dapat digunakan sebagai umpan mancing udang galah. Kecebong memiliki ciri berupa ekor yang dapat digunakannya untuk berenang di dalam air, dan kecebong disebut juga dengan berudu. 

5. Udang Kecil

Ini lah umpan terakhir yang bisa saya rekomendasikan umpan untuk memancing udang galah yaitu udang kecil, sifat udang adalah kanibal yang menandakan bahwa ia akan memakan jenis udang lainnya. Maka dari itu udang kecil bisa digunakan sebagai umpan untuk memancing udang galah.

Cara mendapatkan udang kecil pun sangatlah mudah, anda hanya perlu alat berupa tangguk untuk mencarinya atau menggunakan bubuh yang biasa dijual di took-toko pemancingan sebagai perangkap untuk mendapatkan udang kecil.

Selain untuk mancing udang galah, udang kecil juga bisa digunakan untuk memancing jenis ikan lain salah satunya adalah ikan belida.

Mungkin itulah tadi 5 macam umpan ampuh yang bisa anda gunakan untuk memancing udang galah yang ada di air tawar, adapun waktu untuk memancing udang galah kalau bisa ya malam hari. Hal ini dikarenakan udang sangat aktif mencari makan di waktu malam hari dan keluar dari persembunyiannya pada malam hari.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada, terlebih lagi para pemancing. Namun jika anda memiliki umpan udang galah yang lainnya agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Dan terakhir mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Umpan Ampuh Untuk Mancing Udang Galah"