Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Untuk Mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Buruan daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2021 bagi Guru Non-PNS (Honorer) dan Tenaga Honorore Kategori (THK II) dengan syarat utama yaitu terdaftar pada aplikasi dapodik dan telah melakukan verval ijazah melalui laman Info GTK.

Pendaftaran PPPK (P3K) baru saja dibuka secara resmi oleh pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada guru Non-PNS dan THK II yang ada di Indonesia menjadi ASN melalui jalur PPPK.

Dan formasi PPPK yang dibuka ini sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing, jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti kesempatan menjadi ASN melalui jalur PPPK. Selagi masih ada waktu silahkan daftarkan diri anda untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2021.

Ada beberapa ketentuan dalam seleksi PPPK tahun 2021 ini, seperti:

  1. Hanya dapat melamar ke instansi (kab/kota) tempat pelamar bekerja, jadi untuk seleksi PPPK tahun 2021 ini pelamar yang bersangkutan wajib memilih sekolahnya sendiri andai sekolah tempat pelamar bekerja terdapat formasinya dan untuk seleksi PPPK tahap pertama tahun 2021 ini hanya boleh melamar pada formasi yang ada di kabupaten/kota saja.
  2. Apabila kebutuhan PPPK tersedia di sekolah tempat pelamar mengajar saat ini, pelamar wajib mendaftar di sekolah tersebut selama sertifikat pendidik dan/atau kualifikasi pendidikan ijazah sesuai.
  3. Jabatan yang sudah dilamar oleh pelamar sebagaimana dimaksud dalam nomor 2 tidak dapat dilamar oleh pelamar yang berasal dari sekolah lain, dan
  4. Apabila kebutuhan PPPK tidak tersedia disekolah tempat pelamar mengajar, pelamar dapat mendaftar di sekolah lain yang masih tersedia kebutuhannya. Pada poin nomor 4 ini yang dimaksudkan adalah jika pada sekolah tempat pelamar bekerja tidak membuka formasi PPPK, maka pelamar tersebut dapat memilih sekolah lain yang membuka formasi PPPK dan tentunya sesuai dengan ijazah yang bersangkutan. Tapi seandainya pelamar memiliki kualifikasi ijazah yang tidak linier dengan tempat tugas, misalnya ijazah yang dimiliki S1 Pendidikan Bahasa Inggris dan mengajar di SD, maka pada kasus tersebut pelamar yang bersangkutan dapat memilih formasi PPPK tingkat SMP dengan formasi yang sesuai ijazahnya, hal ini sesuai dengan surat edaran tentang linieritas ijazah yang telah ditetapkan oleh kementerian.

Dan sebelum mendaftarkan diri pada seleksi PPPK tahap pertama tahun 2021, sebaiknya anda pastikan dulu bahwa data yang dimiliki telah terdaftar pada aplikasi dapodik dan juga telah melakukan verval ijazah pada laman info GTK.

Beberapa kasus yang penulis lihat adalah saat mendaftar terdapat keterangan bahwa data pelamar yang bersangkutan tidak muncul, hal ini dapat disebabkan karena data kita tidak terdaftar pada aplikasi dapodik atau bisa jadi validasi ijazah pada aplikasi dapodik belum dilakukan.

Perlu anda ketahui untuk aplikasi dapodik itu sendiri sementara tidak bisa digunakan lagi dan tidak bisa melakukan sinkronisasi, sehingga harus menunggu versi terbarunya rilis atau updatern untuk tahun pelajaran 2021/2022 dirilis.

Dan bagi anda yang sudah terdaftar di dapodik lalu sudah melakukan verval ijazah, berikut cara mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi PPPK tahun 2021.

Cara Mendaftar Untuk Mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahun 2021

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan diri dalam mengikuti seleksi PPPK tahun 2021, yaitu:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun terlebih dahulu menggunakan NIK dan Nomor KK yang dimiliki, penulis anggap anda telah membuat akun untuk login
  2. Untuk mendaftar seleksi PPPK Guru tahun 2021, silahkan klik link berikut: https://gurupppk.kemdikbud.go.id
  3. Silahkan login menggunakan akun yang telah didaftar pada poin nomor 1 diatas
  4. Silahkan pilih formasi PPPK Guru dan isi kolom-kolom kosong hingga bagian akhir, jangan lupa untuk scan dokumen yang diperlukan seperti ijazah, transkip nilai, sertikat pendidik jika ada, dan surat lamaran jika diperlukan instansi
  5. Jika semuanya sudah lengkap, silahkan menuju bagian terakhir pendaftaran yaitu pada menu RESUME, cek kembali kelengkapan dalam pengisian data dan ceklis jika memang dirasa telah benar tapi jika dirasa masih ada yang salah silahkan perbaiki kembali karena jika kita sudah konfirmasi maka tidak ada lagi data yang boleh di edit kembali. Terakhir akhiri pendaftaran, dan tunggu hingga pengumuman kelulusan administrasi disampaikan oleh instansi terkait.

Semoga ditahun 2021 ini kita sebagai guru Non-PNS berhasil menjadi bagian dari ASN melalui jalur PPPK yang telah dibuka, aamiin…..

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.     

Posting Komentar untuk "Cara Mendaftar Untuk Mengikuti Seleksi PPPK Guru Tahun 2021"