Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Reset Password Pada MySAPK Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Baru-baru ini terdapat berita dari grup Whatsapp (WA) tentang aplikasi MySAPK BKN, dan seluruh ASN yang ada di Indonesia melakukan Aktivasi Akun MySAPK dengan menggunakan NIP dan NIK milik yang bersangkutan.

Dan yang membuat khawatir adalah batas Aktivasi Akun MySAPK sampai akhir Juni 2021 sedangkan berita tersebut baru saja disampaikan atau di share melalui grup-grup Whatsapp (WA). Apabila ASN tidak melakukan aktivasi akun MySAPK sebelum tanggal berakhir tersebut, maka layanan pegawai yang bersangkutan seperti kenaikan pangkat, pensiunan dan sebagainya akan diputus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), hal ini membuat para ASN semakin khawatir dan berusaha untuk segera melakukan aktivasi akun MySAPK secepatnya.   

Lalu apakah anda mengetahui apa itu MySAPK?

Mungkin nama MySAPK ini masih terdengar asing ditelinga kita, hal itu memang wajar saja sebab MySAPK termasuk program baru yang diluncur oleh BKN dalam rangka membantu para ASN untuk mengetahui Profil ASN, Dokumen yang terekap di kepegawian negara, kompetensi capaian ASN, ada performa ASN dan sebagainya.

MySAPK merupakan aplikasi berbasis teknologi seluler untuk ASN (PNS) yang terintegrasi dan terhubung secara daring dengan database PNS. MySAPK terdapat 2 versi dalam penggunaannya, ada yang berupa versi mobile (android) yaitu dengan mendownloadnya langsung melalui aplikasi google Playstore dan ada juga yang dalam bentuk web (langsung bisa diakses pada laman google) dengan menggunakan username berupa Email dan password berupa NIK untuk standar login pada aplikasi.

Cara Reset Password Pada MySAPK

Reset password dapat dilakukan untuk mengganti password lama dengan password baru yang lebih mudah diingat dengan terdiri dari 6 karakter atau lebih dengan terdapat 1 berupa hurup kapital dan 1 berupa angka, misalnya Makan1, Mangga9 dan sebagainya sesuai dengan keinginan anda.   

Bagi anda yang ingin melakukan reset password hal utama yang harus dipersiapkan adalah alamat email aktif yang sesuai dengan pada laman SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegwaian) daerah masing-masing atau bisa dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan BKD Daerah setempat. Alamat email ini sangat diperlukan sebab ketika kita ingin melakukan reset password, maka akan ada nomor token yang dikirimkan ke pesan email untuk nantinya digunakan dalam pembuatan password terbaru.

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk reset password pada MySAPK, yaitu:

  1. Silahkan kunjungi laman web MySAPK https://mysapk.bkn.go.id
  2. Kemudian silahkan isikan NIP dan password milik anda, atau langsung pilih pada bagian LUPA PASSWORD
  3. Selanjutnya akan muncul menu berikutnya, isikan kembali NIP dan juga alamat email yang aktif sesuai dengan yang ada pada laman SIMPEG (Sistem Informasi Manajemen Kepegwaian) daerah masing-masing, lalu pilih lanjutkan
  4. Maka akan kembali muncul menu isian, silahkan isi dengan password baru yang anda inginkan dan mudah diingat, kemudian silahkan cek email anda untuk mendapatkan pesan masuk berupa nomor token yang diberikan, catat/copy nomor token tersebut lalu tulis/paste kan pada kolom yang ada dibagian bawah pengisian password tadi
  5. Terakhir pilih simpan, dan anda pun berhasil mereset password pada MySAPK

Begitulah cara mudah untuk melakukan reset password pada MySAPK terbaru tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Akses MySAPK berbasis web pada laman berikut: https://mysapk.bkn.go.id

Download aplikasi MySAPK dalam versi mobile (android) pada link berikut:https://play.google.com/store/apps/details?id=com.nudi.bkn.sapk

Post a Comment for "Cara Reset Password Pada MySAPK Tahun 2021"