Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Menu Reset Pendaftaran Pada SSCASN Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah anda telah melakukan pendaftaran untuk mengikuti seleksi PPPK Guru tahun 2021?

Jika belum, maka segeralah untuk mendaftarkan diri selagi kesempatan masih ada dan waktu terakhir pendaftaran yaitu tanggal 20 Juli 2021. Meskipun terdapat informasi baru bahwa pendaftaran untuk mengikuti seleksi PPPK atau CPNS tahap 1 ditahun 2021 ini diperpanjang hingga tanggal 26 Juli 2021.

Bagi anda yang telah berhasil melakukan pendaftaran dan mengakhiri pendaftaran hingga sampai pada menu Resume maka bisa kembali melakukan pengecekan pada laman https://sscasn.bkn.go.id untuk pendaftaran CPNS tahun 2021 dan laman https://gurupppk.kemdikbud.go.id khusus bagi guru honorer yang terdaftar pada aplikasi dapodik, baik yang sudah termasuk TNHK II (Honorer Kategori 2) ataupun tenaga honorer biasa.

Silahkan segera laukukan ppengecekan dan pada again akhir terdapat menu baru yang diberikan oleh pihak BKN terutama untuk jenis pendaftaran PPPK Guru. Menu baru yang muncul pada https://sscasn.bkn.go.id tahun 2021, yaitu menu “Reset Pendaftaran”.

Berbagai spekulasi bermunculan mengenai fungsi dari menu baru Reset Pendaftaran ini, adapun beberapa spekulasi yang didapatkan melalui media sosial mengenai menu Reset Pendaftaran ini antar lain:

  1. Menu reset pendaftaran dapat dipergunakan untuk memperbaiki jenis formasi yang dipilih, jika pada waktu lalu sekolah induk tidak muncul saat mendaftar dan harus memilih formasi disekolah yang lain, maka dengan memilih menu reset pendaftaran akan bisa diperbaiki dengan memilih formasi pada sekolah induk dan menyesuaikan dengan ijazah yang dimiliki
  2. Ada juga yang mengatakan bahwa menu reset pendaftaran ini dapat dipergunakan untuk memperbaiki hasil dari dokumen yang telah diupload, misalnya adanya kesalahan saat upload dokumen atau adanya ketertinggalan dalam mengupload dokumen yang telah ditentukan setiap instansi, maka dapat diperbaiki melalui menu Reset Pendaftaran tersebut
  3. Ada juga yang mengatakan bahwa kesalahan dalam melakukan penguplodan dokumen tidak bisa diperbaiki lagi, karena reset pendaftaran hanya berlaku untuk perbaikan dalam pemilihan formasi pada sekolah induk.

Terlepas dari beberapa spekulasi tersebut tidak ada kejelasan yang tepat mengenai keakuratan informasi tentang menu Reset Pendaftaran ini. Jadi, untuk mengetahui dengan pasti fungsi dan manfaat dari menu Reset Pendaftaran ini maka anda dapat memilihnya jika dirasa ada kekeliruan saat melakukan pendaftaran PPPK Guru tahun 2021 beberapa waktu yang lalu.

Fungsi Menu Reset Pendaftaran Pada SSCASN Tahun 2021

Menurut pendapat mimin ada beberapa fungsi dari menu reset pendaftaran pada SSCASN tahun 2021 ini, diantaranya:

  1. Untuk memberikan kesempatan kepada para pelamar khususnya pada PPPK Guru untuk memperbaiki kekeliruan didalam pendaftaran, sebab setelah pendaftaran diakhiri dengan memilih menu RESUME maka tidak ada lagi yang bisa dirubah sekalipun ada sedikit kesalahan tetap tidak bisa dilakukan perbaikan kembali. Jadi dengan adanya menu Reset Pendaftaran ini, maka para pelamar dapat memperbaiki kesalahan atau kekeliruan saat melakukan perbaikan dalam pendaftaran khususnya untuk jalur PPPK Guru.
  2. Dengan adanya menu Reset Pendaftaran maka para pelamar dapat memilih sekolahnya sendiri tempat ia bertugas untuk mengikuti seleksi PPPK Guru tahun 2021, selagi sekolah tersebut diberikan formasi PPPK Guru dan selagi ijazah yang dimiliki linier dengan pekerjaan, maka semua itu dapat diperbaiki melalui menu Reset Pendaftaran.
  3. Menurut beberapa informasi menu reset pendaftaran ini dapat dipergunakan untuk memperbaiki pada pilihan formasi yang mana pada seleksi PPPK Guru tahun 2021 tahap 1 ini lebih mengarahkan agar para pelamarnya memilih sekolah induknya dalam mengikuti seleksi, kecuali sekolah yang bersangkutan tidak memberikan informasi maka guru honorer yang ada pada sekolah tersebut dapat memilih sekolah lain dengan menyesuaikan ijazah yang dimiliki sesuai dengan surat edaran yang telah ditetapkan.
  4. Untuk menu reset pendaftaran ini para pelamar tidak harus melakukan pendaftaran ulang dengan membuat akun kembali, tetapi menu reset pendaftaran ini diberikan untuk tujuan perbaikan saat memilih jenis formasi yang telah ditetapkan.

Jadi, dengan adanya menu reset pendaftaran ini maka kita sebagai pelamar dapat memperbaiki kesalahan dalam pemilihan formasi saat melakukan pendaftaran dan juga andaipun bisa dipergunakan untuk memperbaiki kesalahan dalam melakukan upload dokumen, maka lakukanlah selagi ada kesempatan yang telah diberikan.

Tapi jika anda merasa bahwa formasi yang dipilih telah benar dan dokumen yang diupload juga telah benar, maka tidak perlu lagi memilih menu reset pendaftaran yang ada pada bagian RESUME.

Semoga kita semua lulus administrasi dan juga dapat hasil yang memuaskan setelah menyelesaikan tes yag diberikan. Harpaan kita semua semoga di tahun 2021 ini bisa menjadi ASN lewat jalur PPPK Guru, dan bagi yang masih belum bisa mengikuti seleksi ditahap 1 ini semoga dapat mengikuti seleksi ditahap berikutnya dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Aamiin……

Jika anda mengetahui fungsi lain dari menu reset pendaftaran SSCASN tahun 2021 ini agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada digian bawah artikel ini. 

Demikianlah apa yang dapat mimin tuliskan mengenai fungsi menu reset pendaftaran SSCASN tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalm penulisan.        

Post a Comment for "Fungsi Menu Reset Pendaftaran Pada SSCASN Tahun 2021"