Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gagal Sinkronisasi Dapodik 2022 Karena Terdeteksi Menggunakan Prefill Lama

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Sinkronisasi adalah bagian terakhir yang mesti dilakukan oleh setiap satuan pendidikan setelah menyelesaikan pengerjaan pada aplikasi dapodik. Dan aplikasi dapodik yang digunakan untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 adalah dapodik versi 2022.

Sinkronisasi dapodik 2022 dapat dilakukan apabila tidak ada lagi bagian yang ada pada validasi dengan keterangan INVALID, jika ada yang masih Invalid tentunya tidak akan pernah bisa untuk melakukan sinkronisasi dan harus memperbaiki data tersebut dan jika keterangannya hanya berupa Warning saja maka masih dapat melakukan sinkronisasi dapodik.

Sinkronisasi harus dilakukan agar hasil pengerjaan pada aplikasi dapodik versi 2022 dapat terbaca oleh sistem server pusat, maka dari itu jika sudah berhasil melakukan perbaikan dan pengerjaan dapodik lakukan sinkronisasi.

Beberapa informasi yang beredar yaitu ketika ingin melakukan sinkronisasi pada dapodik 2022 terdapat keterangan seperti ini “Anda terdeteksi menggunakan prefill lama! Silahkan generate prefill ulang”.

Apa yang harus anda lakukan jika saat sinkronisasi dapodik terdapat bacaan terdeteksi menggunakan prefill lama, padahal saat melakukan registrasi telah mendownload prefill dapodik terbaru. Bagi yang baru saja bertugas menjadi petugas pendataan (Operator Sekolah) tentu hal ini menjadi sesuatu yang menakutkan.

Jadi, apa yang harus anda lakukan jika gagal sinkron dapodik karena menggunakan prefill lama. Apakah harus melakukan install ulang dan registrasi dapodik dari awal lagi? Dan tentu jika melakukan install ulang dapodik, maka akan kembali melakukan pengerjaan dapodik dari awal lagi dan ini akan memakan waktu beberapa hari.

Atau anda abaikan saja dengan bertanya kepada yang lebih tahu agar mendapatkan solusi dari permasalahan tersbut yang ingin melakukan sinkronisasi dapodik versi 2022.

Gagal melakukan sinkronisasi dapodik versi 2022 karena terdeteksi menggunakan prefill lama jangan buru-buru melakukan unstal pada aplikasi dapodik yang telah ada. Menurut mimin hal ini memang wajar saja terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  1. Karena aplikasi dapodik versi 2022 masih terbilang baru, hal ini membuat server pusat belum optimal dalam menerima data hasil sinkronisasi dapodik
  2. Adanya gangguan dari server sehingga sinkronisasi tidak dapat berjalan secara maksimal
  3. Trafik sinkronisasi atau orang yang melakukan sinkronisasi secara bersamaan tergolong padat, sehingga server menjadi down atau error
  4. Atau bisa saja disebabkan karena jaringan internet ditempat anda memang sedang buruk

Jika ada lagi faktor penyebab yang lainnya yang anda ketahui agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Berdasarkan permasalahan karena gagal sinkronisasi aplikasi dapodik versi 2022 karena terdeteksi menggunakan prefill lama, akan mimin coba memberikan solusinya dan tentunya solusi ini belum tentu akurat 100% . Jadi, anda dapat membuktikannya sendiri dan semoga dapat membantu dalam melakukan sinkronisasi aplikasi dapodik versi 2022.

Solusi Untuk Yang Gagal Sinkronisasi Dapodik 2022 Karena Terdeteksi Menggunakan Prefill Lama

Ada beberapa solusi yang dapat mimin berikan dengan harapan dapat membantu anda dalam melakukan sinkronisasi dapodik 2022 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 ini, yaitu:

  1. Pilihlah waktu yang tepat saat ingin melakukan sinkronisasi dapodik versi 2022, misalnya diwaktu pagi hari berkisar antara pukul 06.00 pagi hingga pukul 07.00 pagi, bisa juga diwaktu senja antara pukul 18.00 menuju waktu magrib, atau anda dapat mencoba melakukan sinkronisasi pada waktu tengah malam.
  2. Hindari melakukan sinkronisasi diwaktu-waktu yang memang trafik pengakses internet itu sedang padat, misalnya diwaktu pagi sekitar pukul 09.00 hingga siang hari.
  3. Sebelum melakukan sinkronisasi dapodik anda dapat membersihkan sampah-sampah sisa internet (clear history) terlebih dahulu, baru melakukan sinkronisasi dapodik.
  4. Coba terus untuk melakukan sinkronisasi dapodik dengan menekan F5 atau refrest dan pastikan jaringan internet stabil.
  5. Jangan paksakan untuk melakukan sinkronisasi jika memang masih belum berhasil sinkron, lebih baik mencoba dilain waktu selama masa Cut Off masih ada.  
  6. Anda tidak perlu mengunstal ulang aplikasi dapodik yang ada, apalagi jika harus mengerjakan dapodik kembali dari awal.

Jika anda mengetahui solusi lain untuk mengatasi gagal sinkronisasi dapodik 2022 karena terdeteksi menggunakan prefill lama, maka agar sekiranya anda berkenan untuk menuliskannya pada kolum komentar yang ada diabagian bawah artikel ini.

Demikianlah apa yang dapat mimin tuliskan tentang gagal sinkronisasi dapodik 2022 karena terdeteksi menggunakan prefill lama, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

20 komentar untuk "Gagal Sinkronisasi Dapodik 2022 Karena Terdeteksi Menggunakan Prefill Lama"

  1. iya saya mengalami dan alhasil instal ulang dapodik krn panik, stlh instal ulang malah
    registrasi ndk mau2......bgmn solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, kemungkinan registrasi gagal karena waktu unstall dapodik ada kekeliruan.
      Jika tidak bisa registrasi menggunakan prefill, coba registrasi secara online

      Hapus
    2. reg online selalu server sibuk

      Hapus
    3. Terima kasih sudah mampir ke blog kami, server sibuk memang wajar saja sebab yang melakukan sinkronisasi secara bersamaan tidak lah sedikit dan inilah yang menyebabkan server down

      Hapus
  2. Pak Wahyu, saya mengalami kendala yang sama. Apakah perlu registrasi ulang secara offline, krn kemarin memakai regist
    online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kepada pak MR.DAPO sudah mampir ke sini, jangan buru-buru unstall dapodik pak, kemarin-kemarin emang ada permasalahan teknisi sinkronisasi, tapi sudah dirilis patch dapodik 2022.a untuk mengatasinya, coba bapak update dapodik ke versi 2022.a dan lakukan sinkronisasi.
      Semoga berhasil!!!

      Hapus
  3. saya waktu instal patch dapodik 2022a tidak sinkron dulu di dapodik 2022 terus saya instal ulang mau mensinkronisasi tapi tetap bisa sinkronisasi karena masih menggunakan prefill lama padahal sudah saya clear histori.. bagaimana solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini,,, anda menggunakan browser apa saat mengerjakan dapodik? Jika anda menggunakan google chrome, coba beralih ke mozilla atau sebaliknya.
      Saat sinkron muncul keterangan karena menggunakan prefill lama tidak mesti kesalahan ada pada aplikasi dapodik, bisa saja di karenakan trafik sinkronisasi yang padat.
      Saya sarankan melakukan sinkron di waktu yang relatif lancar, misal sore menjelang magrib/pagi hari

      Hapus
  4. Sudah clear cache berkali2, sudah update chrome seperti panduan di youtube, masih saja gagal dgn tulisan mnggunakan prefil lama.. blm uninstal sih krn sdh lelah kalau hrs mngisi lg..bgmna ini solusinya..🙏😢

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, anda dapat melakukan TARIK DATA terlebih dahulu, kemudian melakukan pengecekan terhadap ke valid an data dan pastikan tidak ada yang invalid, lalu kemudian lakukan Sinkronisasi.

      Hapus
  5. Saya clear history sudah, sinkron dini hari sudah , unduh prefill beberapa kali sudah(karena dari YouTube disarankan pilih yg size nya besar). Bahkan tarik data juga sudah. Sampai akhirnya saya uninstall dan input ulang lagi tapi tetep saja masih menggunakan prefill lama 🤔. Ngebut mau verval ponsel tapi ada aja kendala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,, wah,, wah,,, kalau gitu jalan satu-satunya adalah mendatangi operator kabupaten dinas pendidikan pak, mungkin ada solusi lain yang diberikan

      Hapus
    2. Kasusnya sama dengan saya,,😭😭
      Rasanyaaaaaa kuingin menangiissss

      Hapus
  6. Admin, saya sudah unistal ulang lalu copy database yg ada, hapus history, tarik data dsb tapi masih tetap saya terdeteksi anda menggunakan prefill lama. Sementara dari dulu saya selalu registrasi secara online. Gimana solusi nya admin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah mampir ke website ini, database tidak perlu di copy-paste pak, sebab ketika sudah berhasil sinkronisasi maka data kita otomatis baru, kalau ingin instal ulang coba secara offline dengan menggunakan prefill dapodik, pastikan waktu instal tidak ada bagian yang di cancel dan pastikan juga saat unstal tidak ada sisa-sisa dapodik terdahulu.
      Atau bisa aja bapak koordinasi dengan operator kabupaten yang ada di wilayah bapak, mungkin ada solusi lain yang diberikan

      Hapus
  7. pak saya sudah mengisikan data setelah registrasi online tetapi gagal sincron,kemudian saya unduh prefill sesuai ketentuan,dan saya cb registrasi offline masih saja prefill tidak ditemuka.kemudian saya cari lagi prefill yg sudah saya download di folder nya ternyata hilang sendiri. bagaimana solusinya supaya tidak harus uninstal lagi ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemmm... Ibu ini gagal saat ingin registrasi ya??

      Hapus
  8. z mw bertanya kenapa z singgronisasi muncul prefill lama pada sekolah lain z kirim bisa cuma 1 sekolah saja yang tidak bisa....z udanh mengunakan penghapusan histori tapi tetap juga tidak bisa....mohon bantuannya para master

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung ke website ini, untuk sinkronisasi karena prefill lama bisa melakukan hal berikut, silahkan tarik data terlebih dahulu, baru kemudian sinkronisasi, atau silahkan coba sinkron di waktu yang pengunjung internet tidak banyak, dan terakhir bisa saja dengan melakukan instal ulang aplikasi dapodik lalu update ke versi terbaru

      Hapus
  9. Untuk memudahkan sinkron pada dapodik versi 2022 Coba PLT nya rubah sama Operator. Sdemoga berhasil

    BalasHapus