Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Merawat Handphone (HP) Android Agar Tahan Lama (Terbaru)

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Handphone (HP) sudah semakin canggih dan berkembang dengan berbagai merk dan gayanya masing-masing, jika jaman dulu HP hanya dapat mengirimkan pesan melalui SMS, panggilan telepon dan mendengarkan radio melalui kabel headset saja, maka berbeda dengan HP yang ada dijaman seperti sekarang ini.

Handphone (HP) dijaman sekarang ini sudah berbasis android sehingga dengan kata lain dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan si pemilik. Handphone (HP) berbasis teknologi android ini memberikan layanan kepada si pemilik untuk dapat mengakses berbagai macam aplikasi, baik itu aplikasi untuk bisnis kerja, aplikasi untuk menjalin hubungan dengan keluarga/kerabat/teman/rekan kerja, aplikasi untuk permainan, maupun aplikasi yang dapat digunakan untuk hiburan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Inilah yang dinamakan perkembangan teknologi di era modern seperti sekarang ini, sehingga wajar saja jika semua orang telah mengenal dengan yang namanya Handphone (HP) berbasis android. Begitu juga dengan pabrik-pabrik penghasil atau pembuat Handphone (HP) android, setiap hari berlomba-lomba untuk mengeluarkan dan meresmikan versi terbaru yang telah dibuatnya untuk dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Jadi, jika hari ini anda misalkan memiliki Handphone (HP) android versi A, maka 1 atau 2 tahun yang akan dating versi A yang dimiliki mungkin saja sudah ketinggalan jaman dan digantikan dengan Handphone (HP) android versi B yang telah diluncurkan ke publik dengan kecanggihan serta kelengkapan terbarunya.

Dengan demikian apa pun merek Handphone (HP) yang anda miliki apbila tidak bias merawatnya dengan baik, maka tidak akan tahan lama dan mudah saja rusak. Kalau sudah rusak tentunya hanya ada 2 pilihan saja, yaitu memperbaikinya atau menukar dengan yang baru lagi. Kalau dijual tentu tidak akan mungkin sebab mana ada orang yang mau membeli Handphone (HP) rusak, kecuali ada orang yang bekerja sebagai service saja yang mau membelinya dan itu pun hanya untuk mengambil bagian-bagiannya yang masih dapat dipergunakan kembali.

Nah, dalam kesempatan kali ini mimin akan menuliskan 5 tips untuk merawat Handphone (HP) android agar tahan lama. Dan jika anda memiliki tips lainnya dalam merawat Handphone (HP) android yang dimiliki, agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

5 Tips Merawat Handphone (HP) Android Agar Tahan Lama         

Adapun 5 tips terbaru merawat Handphone (HP) android agar tahan lama, diantaranya:

1) Saat mengisi daya batrai Handphone (HP) dalam keadaan non-aktif

Mungkin hanya sebagian orang saja yang melakukan hal berikut yaitu menonaktifkan Handphone (HP) saat pengisian daya batrai. Kebanyakan orang acuh terhadap kegiatan seperti ini dan lebih nyaman melakukan pengisian daya batrai sambil mengakses Handphone (HP), entah itu sambil bermain game, menonton video maupun yang lainnya.

Padahal kegiatan sambil melakukan pengisian daya batrai sambil mengakses aplikasi-aplikasi didalamnya dapat berdampak pada Handphone (HP) tersebut, bisa saja batrai lebih cepat rusak atau drop atau bahkan bisa saja membuat charger Handphone (HP) cepat rusak karena terlalu lama digunakan.

Percayalah bahwa pengisian daya batrai dengan keadaan Handphone (HP) non-aktif itu akan lebih cepet terisi penuh dibandingkan dengan pengisian daya batrai sambil mengakses Handphone (HP) yang dalam keadaan aktif. Silahkan buktikan!

2) Stop menggunakan Handphone (HP) yang dalam keadaan panas

Keadaan Handphone (HP) yang panas ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, misalnya penggunaan yang terus menerus sepanjang waktu atau akibat dari pengaruh cuaca panas. Ketika ada cahaya panas seperti sinar matahari yang mengenai Handphone (HP) kita, maka akan memberikan dampak yang panas pula pada Handphone (HP) tersebut.

Oleh sebab itu, tidak jarang Handphone (HP) yang panas atau bahkan terlalu panas akan mudah rusak dan keadaan Handphone (HP) yang sangat panas inilah yang sering menyebabkan kebakaran pada kendaaran apabila Handphone (HP) tersebut diletakkan didalam jok kendaraan.

Mulai sekarang STOP menggunakan Handphone (HP) ketika sudah mulai panas demi kebaikan Handphone (HP) yang dimiliki dan agar lebih awet serta tahan lama. Kan kashian do’i nya kalau tidak ada kabar darimu lantaran Handphone (HP) dimiliki sedang rusak, heheee…(becanda).

3) Rajin-rajinlah membersihkan Handphone (HP)

Jika Handphone (HP) yang dimiliki mudah dibuka casingnya, maka lakukanlah dengan tujuan untuk membersihkan debu-debu yang menempel disana. Debu merupakan elemen kecil dan juga ringan yang sangat mudah menempel pada suatu benda, oleh sebab itu rajin-rajinlah untuk membersihkan Handphone (HP) yang dimiliki agar awet dan tahan lama.

Membersihkan debu-debu yang menempel pada Handphone (HP) dapat menggunakan alat berupa vacuum cleaner mini yang dirancang khusus untuk membersihkan peralatan-peralatan seperti komputer, laptop, dan juga Handphone (HP). Untuk harganya pun tidak terlalu mahal sehingga tidak menguras isi kantong anda. Hehee…..

4) Gunakan pelindung layar pada Handphone (HP)

Gunakan pelindung layar pada Handphone (HP) android yang dimiliki, hal ini bertujuan agar Handphone (HP) tidak mudah cacat atau rusak karena langsung bersentuhan dengan tangan kita maupun benda-benda lainnya.

Coba anda bayangkan apabila tangan kita yang dalam keadaan kotor atau basah langsung disentuhkan dengan layar Handphone (HP) android yang dimiliki, mungkin untuk pertamanya masih baik-baik saja tetapi untuk nantinya bisa saja memberikan dampak yang buruk pada Handphone (HP) android yang anda miliki.

Anda dapat menggunakan pelindung layar sesuai dengan keinginan dan untuk mendapatkannya bisa saja dating ke toko-toko yang menjual peralatanatau asesoris Handphone (HP).

5) Hanya menggunakan aplikasi sesuai dengan keperluan

Biasanya untuk Handphone (HP) android itu berdasarkan pada RAM atau memori tempat penyimpanannya, makin besar RAM yang dimiliki oleh Handphone (HP) maka semakin banyak aplikasi yang bisa dipasang tetapi semakin kecil RAM yang dimiliki oleh Handphone (HP) maka semakin sedikit aplikasi yang bisa dipasangkan.

Meskipun RAM Handphone (HP) yang anda miliki berkapasitas besar tetap gunakanlah aplikasi yang menurut anda penting saja, sedangkan aplikasi yang tidak terlalu penting tidak perlu dipasang. Hal ini bertujuan agar Handphone (HP) android yang anda miliki lebih tahan lama dan juga awet.

Coba anda bayangkan aplikasi yang digunakan banyak, lalu memori penyimpanan terisi penuh seperti halnya foto-foto, video-video, maupun yang lainnya maka akan berdampak pada system Handphone (HP) android anda. Bisa saja Handphone (HP) android anda akan loading lebih lama, lalu respon sangat lambat bahkan lebih parahnya dapat menyebabkan error lantaran banyaknya beban yang ditanggungnya melebihi kapasitas RAM yang dimilikinya.

Dengan demikian silahkan periksa Handphone (HP) android anda, mungkin saja terdapat aplikasi yang tidak terlalu penting yang hanya menjadi pajangan saja di Handphone (HP) anda. Meskipun aplikasi yang digunakan sedikit tetapi sesuai dengan keperluan kita sebagai pemiliknya, maka itu jauh lebih baik daripada banyak-banyak aplikasi yang digunakan tetapi hanya sebatas nempel saja pada Handphone (HP).

Nah, mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan tentang 5 tips merawat Handphone (HP) android agar tahan lama, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. Dan jika anda mempenyuai tips lainnya untuk merawat Handphone (HP) android yang dimiliki, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Post a Comment for "5 Tips Merawat Handphone (HP) Android Agar Tahan Lama (Terbaru)"