Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Nomor Rekening Pada BOS Kemdikbud

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Diawal tahun pembelajaran baru 2021/2022 di semesester ganjil ini setiap satuan pendidikan diharuskan untuk mengganti rekening lama menjadi rekening giro untuk penyaluruhan Dana BOS APBN Reguler.

Lalu apakah sekolah anda sudah mempunyai rekening giro sebagai pengganti rekening lama?

Jika sudah memiliki nomor rekening giro maka sebaiknya lakukan pergantian nomor rekening pada laman Manajemen BOS Kemendikbud, hal ini bertujuan agar Dana BOS APBN Reguler yang berhak diterima oleh sekolah bisa masuk kedalam rekening giro yang telah dimiliki.

Lantas bagaimana cara melakukan pergantian atau perubahan nomor rekening lama dengan nomor rekening giro?

Oleh sebab itu, disini mimin akan menuliskan langkah yang bisa anda ikuti jika ingin melakukan pergantian nomor rekening pada BOS Online atau BOS Kemdikbud.   

Cara Mengganti Nomor Rekening Pada BOS Kemdikbud 

Berikut langkah mudah bagi anda yang ingin melakukan pergantian nomor rekening pada BOS Kemdikbud, yaitu:

Pertama, silahkan anda login pada website manajemen BOS: https://bos.kemdikbud.go.id

Kedua, silahkan pilih type login “Sekolah”, maka akan muncul 2 pilihan Login, yaitu: 1) Login SSO Dapodik, dan 2) Login Alternatif Sekolah. Apabila login menggunakan SSO Dapodik, maka anda cukup menuliskan username dan password untuk login pada aplikasi dapodik yang digunakan. Dan jika memilih login dengan alternatif sekolah, maka yang anda perlukan adalah email operator sekolah (email dapodik), NPSN dank ode registrasi dapodik. 

Ketiga, setelah anda berhasil login pada laman BOS Online atau BOS Kemdikbud, maka akan terdapat beberapa menu pilihan, seperti:

Beranda

Dashboard

Daftar penyaluran

Konfirmasi rekening

Konfirmasi Dana BOS

Laporan sekolah

Upload buku tabungan/giro

Sejarah pengajuan perubahan rekening

Keempat, silahkan anda pilih menu “Upload buku tabungan/giro” terlebih dahulu dengan mengupload file foto rekening giro yang dimiliki oleh sekolah. Dan untuk jenis file ini sebenarnya tidak ada ketentuan apakah harus PDF atau JPG/JPEG/PNG, tapi mimin menyarankan cukup dengan file foto (JPG, JPEG, PNG) saja dengan memastikan nomor rekening yang ada pada buku rekening giro nampak jelas terlihat.

Kelima, setelah mengupload foto rekening giro sekolah terbaru, selanjutnya anda pilih konfirmasi rekening untuk melakukan usulan pergantian nomor rekening lama dengan nomor rekening giro yang baru dan mengisikan beberapa kolom isian, seperti:


  1. Nomor Rekening, ini diisi dengan nomor rekening giro yang dimiliki oleh sekolah
  2. Nama Rekening, ini diisikan dengan nama sekolah sesuai dengan yang terdaftar pada Bank dan juga pada buku rekening giro
  3. Cabang Bank, ini diisi dengan nama cabang Bank buku rekening sekolah anda
  4. Alasan/Keterangan, ini diisi dengan alasan mengapa harus melakukan pergantian nomor rekening, misalnya isi keterangan tersebut “Pergantian nomor rekening lama dengan nomor rekening giro”
  5. Terakhir pilih Update

Keenam, setelah mengisikan beberapa isian pada poin nomor 5 diatas dan dengan memilih update, selanjutnya silahkan tunggu hasil verifikasi dari Kemdikbud dan juga pihak Bank dengan melakukan pengecekan pada menu “Sejarah pengajuan perubahan rekening”.

Catatan: Jika update pergantian nomor rekening diterima, maka akan terdapat keterangan “Diterima” pada menu Sejarah pengajuan perubahan  rekening. Dan jika pergantian nomor rekening ditolak, maka pada menu Sejarah pengajuan perubahan rekening akan terdapat keterangan “Dibatalkan”. Apabila pengajuan nomor rekening Dibatalkan, maka lakukan pengecekan pada hasil isian pada poin nomor 5 diatas siapatahu terdapat kekeliruan saat menuliskan nomor rekening gironya atau nama sekolahnya tidak sesuai dengan yang terdaftar di Bank dan telah terverifikasi.

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Mengganti Nomor Rekening Pada BOS Kemdikbud, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Nomor Rekening Pada BOS Kemdikbud"