Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengisi Data Periodik 2021/2022 Pada Aplikasi Dapodik 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Yang membuat pekerjaan Operator Sekolah bertambah pada aplikasi dapodik 2022 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 ini adalah adanya kewajiban untuk mengisikan data periodik 2021/2022 yang ada di setiap rombel kelas.

Saat pertama setelah melakukan instalasi dan registrasi aplikasi dapodik akan terdapat banyak invalid pada sarana prasarana, hal ini dikarenakan data periodik harus diisikan secara manual sesuai dengan keadaan dilapangan.

Untuk data periodik itu sendiri berisikan jumlah peralatan-peralatan yang ada disetiap rombel kelas, misalnya jumlah meja siswa, jumlah kursi siswa, jumlah meja guru, jumlah kursi guru, jumlah alat peraga, jumlah media pembelajaran, dan sebagainya.

Semua itu harus diisikan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, jadi tidak jarang operator sekolah harus lembur hingga larut malam untuk mengisi data periodik ini. Berbeda halnya dengan dapodik versi terdahulu, setelah data periodik disalin maka invalid pada sarana dan prasarana akan menghilang, tapi untuk dapodik 2022 ini ketika data periodic disalin maka Invalidnya akan tetap ada dan harus disikan satu persatu.

Selain mengurus data siswa baru tentu untuk pengisian data periodik ini cukup memakan waktu operator sekolah dalam pengerjaannya, terlebih lagi bagi yang baru saja diberikan tugas untuk mengerjakan aplikasi dapodik sekolah.

Lantasa, bagaimana cara mengisikan data periodik secara manual?

Silahkan dibaca dan disimak artikel sederhana yang mimin tuliskan ini, semoga dapat membantu dan memberikan penjelsantentang tata cara mengisikan data periodik 2021/2022 pada aplikasi dapodik 2022.

Cara Mengisi Data Periodik 2021/2022 Pada Aplikasi Dapodik 2022

Adapun langkah yang bisa dilakukan untuk mengisi data periodik 2021/2022 pada aplikasi dapodik 2022 secara manual, yaitu:

  1. Silahkan login pada aplikasi dapodik 2022 menggunakan akun operator sekolah
  2. Silahkan pilih menu Sarpras dan klik pada menu tanah untuk mengaktifkan menu yang lainnya, seperti bangunan, ruang, alat, angkutan dan buku.
  3. Selanjutnya silahkan pilih menu alat, angkutan dan buku, kemudian isikan rombel yang akan diisikan data periodiknya.
  4. Misalnya rombel ruang kelas 1 yang akan diisikan data periodiknya, silahkan klik tanda (+) untuk menampilkan peralatan yang terdaftar pada rombel ruang kelas 1 tersebut, anda dapat menambahkan atau menghapusnya jika memang peralatan yang dimaksudkan tidak terdapat pada ruang kelas 1.
  5. Silahkan pilih jenis peralatan yang akan diisikan, misalnya klik peralatan dengan nama  jam dinding, lalu pilih menu aksi yang ada dibagian atas, kemudian pilih Periodik (2021/2022), isikan jumlah totalnya berapa, lalu jumlah totalnya yang baik berapa. Begitu juga untuk mengisikan jumlah meja atau kursi siswa, silahkan isikan berapa jumlah totalnya, kemudian berapa jumlahnya yang masih baik, jika jumlah total meja siswa ada 10, maka isikan dengan angka 10, lalu 5 yang baik maka tuliskan angka 5 yang baik dan untuk 5 sisanya dianggap tidakbaik.
  6. Untuk mengisi data periodik yang lainnya sesuai dengan langkah yang dituliskan pada nomor 5 diatas, dan data periodik diisikan untuk masing-masing ruang kelasnya.
  7. Selain itu, jika ingin menambah jenis peralatan yang ada diruang kelas, silahkan klik menu tambah dan cari nama peralatan yang akan ditambahkan, misalnya seperti tabung untuk pemadam kebakaran, alat peraga, dan sebagainya.
  8. Dan jika ingin menghapus salah satu jenis peralatan yang ada diruang kelas, silahkan pilih menu aksi, lalu pilih Hapus Pembukuan Alat, kemudian isikan alasan hapus buku misalnya pilih Koreksi Data karena ada kesalahan, lalu isikan tanggal hapus buku sesuai dengan tahun berjalan, dan terakhir pilih Simpan, maka otomatis jenis alat tadi akan berwarna orange dan akan dianggap tidak ada lagi.

Cukup mudah bukan tata cara mengisikan data periodik (2021/2022) pada aplikasi dapodik 2022, dan setlah melakukan pengisian data periodik secara manual silahkan anda pilih menu validasi untuk melihat hasil pengisian, lakukan refrest agar Invalid pada menu Sarpras akan berkurang.

Pengisian data periodik ini sangat penting untuk diisikan, selain untuk memberikan ke validan data sekolah kita juga sebagai langkah untuk melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik. Perlu diketahui bahwa proses sinkronisasi tidak akan dapat dilakukan apabila pada tabulasi validasi masih ada data yang INVALID atau belum diperbaiki/diisikan.      

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Mengisi Data Periodik 2021/2022 Pada Aplikasi Dapodik 2022, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

1 comment for "Cara Mengisi Data Periodik 2021/2022 Pada Aplikasi Dapodik 2022"

  1. Terimakasih atas petunjuk yang diberikan, sukses selalu buat admin

    ReplyDelete