Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Login Info GTK Periode Juli Sampai Desember Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Info GTK merupakan suatu situs website yang dipersiapkan untuk PTK yang telah terdaftar pada aplikasi dapodik, pada laman info GTK terdapat data hasil dari inputan pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh setiap satuan pendidikan.

Selain itu laman Info GTK juga dimanfaatkan bagi para PTK yang telah berhak menerima Tunjangan Profesi Guru (TPG) atau yang sering disebut dengan tunjangan sertifikasi untuk melakukan pengecekan validasi data yang dimilikinya. Dan melalui laman Info GTK inilah juga dapat diketahui kapan tunjangan sertifikasi masuk kerekening PTK yang bersangkutan.

Bagi PTK yang memiliki data benar maka status atau keterangan yang akan dimunculkan pada laman Info GTK ini adalah VALID, dan apabila data  yang diinputkan pada aplikasi dapodik ada yang keliru maka status atau keterangan yang ditampilkan bisa saja INVALID.

Jadi dengan demikian laman Info GTK menjadi salah satu laman website yang mesti dikunjungi oleh PTK disetiap satuan pendidikan yang telah terdata pada aplikasi dapodik, terlebih lagi bagi yang sudah sertifikasi. Namun, bagi para PNS atau Non-PNS yang belum mendapatkan tunjangan sertifikasi juga dapat memantau data pribadinya melalui laman Info GTK.  

Lalu apakah anda sudah melakukan pengecekan terhadap Info GTK tahun 2021 semester ganjil ini?

Jika belum, maka lakukanlah pengecekan pada laman Info GTK sebab sudah ada beberapa pembaruan yang ada. Misalnya, adanya keterangan Info GTK periode Juli sampai Desember tahun 2021 dan adanya tampilan baru saat ingin Login pada beranda Info GTK.

Meskipun Info GTK periode Juli sampai Desember tahun 2021 sudah bisa diakses, tetapi sayangnya ini masih tahap “Uji Coba” sehingga hasil dari isian datayang ditampilkan masih yang terdahulu atau belum terupdate dengan data hasil isian terbaru.

Yang terpenting adalah anda dapat Login pada laman Info GTK dengan menggunakan akun PTK yang telah terverifikasi dan terdaftar pada aplikasi dapodik. Dan jika tidak dapat login karena berbagai permasalahan, misalnya akun tidak ditemukan atau password tidak cocok, maka anda dapat dengan segera menghubungi operator sekolah untuk melakukan pengecekan akun PTK yang dimiliki. Jangan sampai setelah laman Info GTK telah selesai melakukan Uji Coba, kita sibuk hanya gara-gara tidak bisa login.

Jadi, dengan demikian yang harus anda pastikan terlebih dahulu adalah berhasil login pada laman Info GTK periode Juli sampai Desember Tahun 2021.

Lalu bagi anda yang ingin melakukan pengecekan Info GTK periode Juli sampai Desember tahun 2021 secara mandiri, berikut mimin akan tuliskan langkah sederhananya:   

Cara Login Info GTK Periode Juli Sampai Desember Tahun 2021

Berikut langkah mudah bagi anda yang ingin mencoba login pada laman Info GTK untuk periode Juli sampai Desember tahun 2021, yaitu:

  1. Hal pertama dan utama yang harus dipastikan adalah adanya akun PTK yang dimiliki, jika anda belum memegangnya maka dapat memintanya dengan operator sekolah
  2. Silahkan buka browser anda (Google Chrome atau Mozilla), kemudian ketikkan Info GTK pada pencarian
  3. Atau anda dapat mengklik link berikut untuk langsung mengarah pada laman Info GTK 2021 periode Juli sampai Desember: https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  4. Pilih Login langsung ke GTK
  5. Silahkan tuliskan username dan password sesuai dengan akun PTK yang dimiliki
  6. Terakhir pilih login

Jika setelah Login terdapat keterangan SEDANG UJI COBA pada tampilan laman Info GTK, abaikan saja karena hal itu memang wajar sebab data hasil inputan dari aplikasi dapodik belum sepenuhnya diproses oleh manajemen Info GTK. Dengan demikian harap bersabar menunggu selesainya proses uji coba dan berdo’a semoga setelah selesai uji coba nanti data anda yang ditampilkan sudah Valid (Verifikasi Dinas). Aamiin……

Catatan: Cukup pastikan anda dapat login pada laman Info GTK saja dulu yaitu dengan menggunakan akun PTK yang telah dimiliki/    

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Login Info GTK Periode Juli Sampai Desember Tahun 2021, semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Posting Komentar untuk "Cara Login Info GTK Periode Juli Sampai Desember Tahun 2021"