Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Dapodik 2022 Error Karena Terdeteksi Versi Database 2.100

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apa jadinya jika aplikasi dapodik yang baru saja anda install dan juga registrasi tiba-tiba error?

Tentu ini akan menjadi suatu kepanikan bagi para operator sekolah yang akan mengerjakan aplikasi dapodik versi 2022 untuk semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.

Tidak sedikit yang mengalami dapodik versi 2022 error saat setelah melakukan registrasi dan login pada aplikasi. Adapun keterangan dari errornya aplikasi dapodik versi 2022 yaitu “terdeteksi versi database 2.100. Sehingga aplikasi tidak dapat dilanjutkan. Silahkan hubungi Tim Teknis”.

Apakah anda juga mengalami hal yang sama pada aplikasi dapodik yang digunakan setelah login pada aplikasi, lalu muncul keterangan error yang disebabkan oleh terdeteksinya versi database 2.100 yang membuat aplikasi tidak dapat digunakan.

Apa yang anda lakukan apabila menemukan aplikasi dapodik yang digunakan error dengan keterangan seperti yang dituliskan tersebut?

Pasti anda akan install ulang aplikasi dapodik dari awal lagi, apakah benar begitu?

Faktor Penyebab Dapodik 2022 Error Karena Terdeteksi Versi Database 2.100

Menurut mimin ada beberapa faktor yang menyebab mengapa dapodik 2022 yang anda gunakan menjadi error dengan keterangan terdeteksi versi database 2.100, diantaranya:

  1. Tidak sempurnanya saat melakukan registrasi, baik itu secara online maupun offline. Misalnya ketika melakukan registrasi secara offline dengan menggunakan generate prefill proses registrasi tidak berjalan hingga mencapai 100%, tanda sempurnanya registrasi pada aplikasi dapodik versi 2022 yaitu ketika proses registrasi berjalan sampai 100% dan muncul keterangan nama sekolah, NPSN dan juga nama operator sekolahnya.
  2. Saat registrasi online proses registrasi tidak mencapai 100% karena disebabkan jaringan internet yang memburuk, hal ini juga akan berdampak pada aplikasi dapodik yang akan digunakan dan ketika ingin melakukan registrasi ulang maka keterangan yang ditampilkan yaitu “dapodik sudah pernah diregistrasi”. Padahal proses registrasi tidak berjalan hingga 100%, maka jika sudah seperti itu tentu hal yang harus dilakukan adalah melakukan unstall aplikasi dapodik, lalu install kembali dan lakukan registrasi ulang.
  3. Adanya sisa-sisa dapodik terdahulu yang tidak dibersihkan, misalnya masih adanya folder dapodik terdahulu yang tersimpan pada Program Files (x86) atau Program Files yang ada pada Local Disk (C:).
  4. Browser jarang dibersihkan, sehingga banyak sampah-sampah history yang tersimpan dan menumpuk pada browser.
  5. Hal yang mungkin terjadi adalah karena kapasitas laptop yang kita gunakan tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan untuk penggunaan aplikasi dapodik versi 2022.

Jika anda mengetahui penyebab lainnya mengapa dapodik 2022 error dengan keterangan terdeteksiversi database 2.100, agar sekiranya berkenan untuk menambahkannya atau menuliskannya padakolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Lalu, apakah ada solusi yang bisa digunakan untuk mengatasinya?

Untuk menjawab ada atau tidaknya silahkan anda buktiikan sendiri, dan semoga dapat membantu mengatasinya.

Solusi Untuk Dapodik 2022 Error Karena Terdeteksi Versi Database 2.100

Disini mimin akan menuliskan beberapa solusi yang bisa diikuti atau lakukan apabila dapodik yang digunakan oleh anda mengalami error karena terdeteksi versi database 2.100, diantaranya:

  1. Sebelum melakukan install dan registrasi aplikasi dapodik silahkan bersihkan sampah-sampah history pada browser, tekan ctrl+H pada keyboard, lalu pilih Clear browser, pilih advanced agar semua sampah history dapat dibersihkan. Dan apabila anda ada menyimpan password email, supaya tidak hilang maka pada kolom centerang pada password agar bisa dihilangkan, baru setelah itu clear history.
  2. Lakukan penginstalan aplikasi dapodik dengan benar dan pastikan sisa-sisa dapodik sebelumnya tidak ada lagi tersimpan pada Local Disk (C:)
  3. Pastikan saat melakukan registrasi menggunakan prefill terbaru dan proses registrasi berjalan hingga 100% (INGAT JANGAN ADA YANG DI CANCEL SELAMA PROSES REGISTRASI SEDANG BERJALAN). Apabila ingin registrasi secara online, pastikan bahwa jaringan internet ditempat anda memang baik.
  4. Silahkan ganti browser sebagai wadah untuk membuka aplikasi dapodik, jika misalnya anda sering menggunakan google chrome sebagai tempat aplikasi dapodik digunakan, maka silahkan ganti agar Google Mozilla yang menjadi Browser default sehingga aplikasi dapodik terbuka pada browser Google Mozilla. Atau sebaliknya, jika anda menggunakan Google Mozilla sebagai tempat membuka aplikasi dapodik, maka dapat menggantinya ke Google Chrome. Dan kemudian registrasi ulang aplikasi dapodiknya.

Mungkin itu tadi 4 poin penting solusi untuk mengatasi aplikasi dapodik 2022 yang error karena terdeteksi versi database 2.100, dan jika ada lagi solusi lainnya yang anda ketahui agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya dikolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.          

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Dapodik 2022 Error Karena Terdeteksi Versi Database 2.100"