Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memperbaiki Data PTK Yang Invalid Pada Dapodik 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Dalam kesempatan kali ini mimin akan kembali menuliskan langkah atau cara memperbaiki data PTK yang Invalid pada Dapodik 2022. Data PTK yang invalid tersebut yaitu pada bagian Kompetensi, Riwayat Karir dan juga pada Riwayat Pendidikan.

Hal ini terjadi bagi PTK yang baru saja mutasi dari satu sekolah kesekolah yang lainnya atau bisa juga terjadi lantaran PTK tersebut baru saja terdaftar pada aplikasi dapodik. Karena banyaknya operator sekolah yang mengalami data PTK yang invalid inilah yang membuat mimin untuk membuatkan langkah atau cara mengatasinya, dan bagi anda yang mengalami data PTK Invalid pada bagian Kompetensi, Riwayat Karir dan Riwayat Pendidikan dapat mengikuti langkah yang mimin berikan dalam artikel ini. 

Dan bagi anda yang mempunyai langkah atau cara yang lainnya dalam mengatasi data Invalid tersebut, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Dalam aplikasi dapodik apabila terdapat menu yang masih invalid tentu harus diperbaiki segera mungkin, ini dakarenakan apabila ada data yang invalid maka sinkronisasi pada aplikasi dapodik tidak bisa dilaksanakan atau tidak bisa dilakukan. Jadi, setiap kali dirilisnya aplikasi dapodik terbaru maka hal yang harus dilakukan adalah memperbaiki data yang invalid tersebut.

Lalu mengenai data PTK yang Invalid tersebut sepeti halnya berikut ini:

  1. Menu kompetesi, untuk mengisi dan memperbaiki menu kompetensi ini maka seorang operarator sekolah harus mengetahui Ijazah dari PTK yang bersangkutan, apakah sebagai guru kelas (Ijazah PGSD), guru Pendidikan Agama Islam (Ijazah PAI), atau sebagai guru mata pelajaran (Ijazah bidang studi).
  2. Menu Riwayat Karir, untuk mengisi dan memperbaiki menu Riwayat Karir ini maka harus menyesuaikan pada Ijazah S1 PTK tersebut, bisa sebagai guru kelas, bisa sebagai guru Pendidikan Agama Islam, maupun guru bidang studi.
  3. Menu Riwayat Pendidikan, untuk mengisi dan memperbaiki menu Riwayat Pendidikan yang harus dipersiapkan operator sekolah adalah Ijazah dan transkip nilai PTK yang bersangkutan.

Lantasan bagaimana cara memperbaiki data PTK yang invalid tersebut?

Berikut akan mimin tuliskan langkah-langkah atau cara memperbaikinya sehingga nantinya anda akan bisa melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik yang digunakan.

Cara Memperbaiki Data PTK Yang Invalid Pada Dapodik 2022

Berikut langkah atau cara untuk memperbaiki data PTK yang invalid pada menu Kompetensi, Riwayat Karir dan Riwayat Pendidikan, yaitu:

Pertama, untuk memperbaiki invalid pada menu kompetensi dan riwayat karir anda dapat login pada aplikasi dapodik yang digunakan kemudian silahkan pilih menu pengaturan untuk melakukan tukar pengguna, pilih nama PTK yang bersangkutan dan pilih OK.

Kedua, setelah tukar pengguna berhasil dilakukan selanjutnya anda pilih menu GTK, pilih nama PTK lalu kemudian pilih menu Ubah yang ada dibagian atas. Jika sudah silahkan scroll kebagian bawah untuk menemukan menu Kompetensi dan Riwayat Karir, silahkan diisikan sesuai dengan data sebenarnya milik PTK yang bersangkutan dan jika selesai mengisikannya silahkan Simpan, lalu kemudian kembali menjadi admin dapodik.

Ketiga, khusunya untuk menu Riwayat Pendidikan ini tidak bisa langsung diperbaiki melalui aplikasi dapodik 2022, sehingga untuk memperbaiki data PTK yang invalid pada Riwayat Pendidikan anda harus mengakses website https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id

Sebelum login pada website https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id sebaiknya anda terlebih dahulu login pada website manajemen dapodik atau manajemen sekolah https://sp.datadik.kemdikbud.go.id hal ini dilakukan adalah untuk melakukan pengecekan akun PTK yang terdaftar, selanjutnya silahkan anda ganti password akun PTK milik yang bersangkutan dengan Password yang baru. Penggantian password yang baru ini bertujuan agar dapat login pada website https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id 

Keempat, jika sudah berhasil login pada website https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id, silahkan anda pilih Riwayat Pendidikan dan silahkan diisikan kolom kosong yang telah disediakan, mulai dari nama kampus, NIM yang digunakan, jurusan, dan sebagainya. Jika sudah selesai mengisikannya silahkan pilih SIMPAN.

Kelima, apabila langkah keempat diatas telah dilakukan selanjutnya silahkan anda kembali pada aplikasi dapodik dan lakukan validasi kemudian TARIK DATA. Jika Tarik Data berhasil dilakukan maka tidak akan ada lagi Invalid di menu PTK pada aplikasi dapodik karena semua data yang diinginkan telah terisi atau terpenuhi.

Keenam, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melakukan sinkronisasi pada aplikasi dapodik 2022.          

Mungkin itu saja apa yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang Cara Memperbaiki Data PTK Yang Invalid Pada Dapodik 2022 yang mana tujuannya adalah untuk mengatasi Invalid pada menu Kompetensi, Riwayat Karir dan juga Riwayat Pendidikan. Apabila anda mengetahui langkah atau cara lainnya untuk mengatasi invalid tersebut agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komnetar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Post a Comment for "Cara Memperbaiki Data PTK Yang Invalid Pada Dapodik 2022"