Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi NISN Siswa Baru Yang Tidak Terbit

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Dilansir dari situs Wikipedia Nomor Induk Siswa Nasional atau yang biasa disingkat dengan NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. NISN adalah kombinasi angka unikyang diberikan oleh setiap sekolah dan juga NISN diberikan kepada siswa mulai dari taman kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), SMP, dan juga SMA.

Adapun NISN ini memiliki sifat permanen jadi dengan kata lain siswa yang sudah memiliki NISN dari bangku taman kanak-kanak (TK), maka NISN yang dimiliki siswa tersebut tidak akan pernah berubah hingga si siswa lulus Sekolah Menengah Atas (SMA).

Tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil sudah berjalan hampir 2 (dua) bulan lamanya dan aplikasi dapodik untuk semester ganjil ini pun telah dirilis beberapa waktu yang lalu. Dengan dirilisnya aplikasi dapodik sekolah maka salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh pihak sekolah adalah melakukan penginputan siswa baru untuk rombel kelas 1 Sekolah Dasar (SD), kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga kelas 10 Sekolah Menengah Atas (SMA).

Untuk siswa baru di kelas 1 Sekolah Dasar (SD) biasanya untuk data siswanya ditarik dari sekolah taman kanak-kanaknya (TK) dan bagi siswa baru yang lulusan Raudhatul Athfal (RA) biasanya akan didaftarkan pada website https://sp.datadik.kemdikbud.go.id melalui siswa Non-dapodik.

Setelah siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) sudah masuk rombel tentu yang masih kosong adalah Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)nya. Biasanya untuk NISN ini diterbitkan melalui laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Jadi, bagi anda yang ingin mengetahui apakah NISN siswa khususnya untuk siswa kelas 1 Sekolah Dasar (SD) yang sudah terdaftar pada aplikasi dapodik dapat mengakses laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.

Lantas yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana jika NISN salah satu siswa baru tidak rilis atau terbit? Sedangkan untuk siswa baru yang lainnya sudah memiliki NISN.

Mungkin bagi yang sudah laman bertugas menjadi operator sekolah hal semacam ini mudah saja mengatasinya dan tidak perlu mengkhawatirkannya, namun bagi yang baru saja bertugas menjadi operator sekolah tentu hal semacam ini menjadi hal yang menakutkan dan perlu mencari tahu bagaimana cara mengatasi agar NISN siswa baru tersebut juga terbit layaknya siswa baru yang lainnya.

Dan dalam kesempatan kali ini mimin akan menuliskan langkah atau cara mengatasi NISN siswa baru yang tidak terbit, dan jika anda mengetahui langkah atau cara lain untuk mengatasi NISN siswa baru yang tidak terbit agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Cara Mengatasi NISN Siswa Baru Yang Tidak Terbit

Berikut cara atau langkah untuk mengatasi NISN siswa baru yang tidak terbit, silahkan dipahami dan dipraktekkan jika anda mengalami hal yang sama seperti yang mimin tuliskan ini, caranya adalah:

Pertama, untuk langkah pertama ini silahkan anda cek alasan NISN siswa baru tersebut tidak terbit dengan cara:

  • Akses laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id
  • Login dengan menggunakan username dan password yang telah dimiliki
  • Silahkan pilih menu RESIDU, maka akan muncul beberapa siswa yang mengalami permasalahan, baik itu berupa NISN Ganda, NIK tidak terdaftar maupun siswa dengan NISN kosong (tanda berwarna kuning)
  • Disini kita fokus untuk siswa yang NISN nya kosong, silahkan pilih gambar tanda orang yang ada disebelah kiri dan akan terbuka menu lainnya, selanjutnya pilih QUALITY CONTROL untuk mengetahui alasan NISN tidak terbit.
  • Jika alasan NISN tidak terbit dengan keterangan KOSONG, maka ikuti langkah berikutnya.

Kedua, apabila kita telah mengetahui alasan mengapa NISN siswa tersebut tidak terbit lantaran karena KOSONG, maka untuk memastikan siswa baru itu tidak memiliki NISN silahkan lakukan pengecekan kembali pada langkah berikut ini:

  • Silahkan kunjungi laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id
  • Silahkan isikan isian setiap kolomnya, mulai dari nama siswa, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, lalu kode chaptcha
  • Apabila siswa tersebut pernah terdaftar sekolah sebelumnya pasti akan muncul data NISN nya pada sebelah kanan, tapi jika tidak muncul data NISN nya pada sebelah kana nada beberapa kemungkinan penyebabnya, misalnya adanya kesalahan penulisan nama siswa, nama ibu kandung, tempat dan tanggal lahir, atau NIK yang dimiliki oleh siswanya.
  • Dan jika memang data siswanya telah benar tetapi data NISN memang tidak muncul disebalah kanan, maka cara memperbaikinya adalah melalui laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id atau ikuti langkah berikutnya yang mimin tuliskan ini.

Ketiga, setelah melakukan pengecekan pada langkah kedua diatas dan didapatkan hasil data NISN siswa tidak ditemukan, maka selanjutnya silahkan kembali pada menu https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan pilih EDIT IDENTITAS

Keempat, setelah memilih EDIT IDENTITAS, selanjutnya silahkan cari nama siswa yang tidak terbit NISN nya tersebut, lalu akan muncul kolom perbaikan LAMA dan BARU. Silahkan anda pastikan kembali data siswa tersebut mulai dari nama siswa (sesuai AKTA lahir), tempat dan tanggal lahir, Nama Ibu Kandung dan juga NIK yang dimilikinya. Apabila semua data siswa tersebut telah lengkap dan dipastikan kebenarannya, silahkan pada kolom perbaikan BARU diisi dengan nama siswa dan ibu kandung menggunakan huruf KAPITAL semua atau apabila nama siswa dan ibu kandung sudah menggunakan huruf KAPITAL semua, maka bisa diganti dengan huruf kecil semua. Dan untuk kolom isian NIK, tempat dan tanggal lahir jika memang sudah benar tidak perlu diganti-ganti lagi.

Kelima, apabila langkah keempat diatas sudah dilakukan yaitu misalnya dengan mengganti nama siswa dan ibu kandung ditulis menggunakan huruf kapital semua, selanjutnya pilih dan klik menu UPDATE DATA yang ada dibagian bawah. Silahkan tunggu 1 x 24 jam dan semoga NISN baru akan terbit untuk siswa tersebut..

Keenam, apabila NISN sudah terbit, silahkan anda lakukan sinkronisasi atau tarik data pada aplikasi dapodik untuk memunculkan NISN yang dimiliki oleh siswa tersebut pada aplikasi dapodik, atau anda dapat langsung melakukan copy-paste NISN dari laman https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id kedalam aplikasi dapodik pada kolom NISN siswa yang kosong.     

Itulah tadi keenam cara atau langkah untuk mengatasi NISN siwa baru yang tidak terbit yang dapat mimin tuliskan, semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami. 

Post a Comment for "Cara Mengatasi NISN Siswa Baru Yang Tidak Terbit"