Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masalah Dan Solusi Instal Exam Browser Client

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Exam browser client merupakan aplikasi yang digunakan oleh peserta AKM untuk kegiatan ANBK ditahun 2021ini. Namun, sayangnya aplikasi Exam Browser Client tidak mudah serta merta untuk dilakukan penginstalan begitu saja. Spesifikasi laptop menjadi hal utama yang harus diperhatikan sebelum menginstal aplikasi Exam Browser Client ini.

Dan pada kesempatan kali ini mimin akan menuliskan beberapa masalah yang ditemukan saat ingin melakukan penginstalan pertama kali pada aplikasi Exam Browser Client. Selain itu, mimin juga menuliskan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasinya dan semoga dapat membantu bagi yang mengalami kendala saat melakukan penginstalan aplikasi Exam Browser Client untuk pertama kalinya.

Masalah Dan Solusi Instal Exam Browser Client

Seperti yang mimin katakana diawal tadi bahwa anda harus mengetahui spesifikasi laptop yang akan digunakan, seperti halnya operasi windows yang digunakan, RAM dari laptop yang dimiliki, Bit yang digunakan laptop tersebut ( 32 bit atau 64 bit), jaringan internet, dan sebagainya. Setelah anda mengetahui spesifikasi laptop yang akan digunakan, barulah anda dapat melakukan penginstalan aplikasi Exam Browser Client.

Tujuan diketahuinya spesifikasi laptop ini adalah agar pada saat penginstalan tidak terjadi masalah atau error pada sistem. Dan disini mimin akan menuliskan permasalahan yang pernah ditemukan pada saat melakukan penginstalan aplikasi Exam Browser Client, yaitu:

A. Masalah Saat Menginstal Aplikasi Exam Browser Client

1) Aplikasi hasil download dianggap virus

2) Tidak dapat melakukan ekstrak winrar

3) Exam Browser Client tidak sesuai dengan spesifikasi laptop

4) Tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang digunakan

5) Tidak terhubung dengan internet

B. Solusi Dari Masalah Saat Menginstal Aplikasi Exam Browser Client

1) Aplikasi hasil download dianggap virus

Solusi untuk masalah pada poin nomor 1 ini adalah dengan menon-aktifkan antivirus pada laptop anda. Jika spesifikasi laptop anda menggunakan operasi windows 10, maka aka nada yang namanya antivirus defender. Nah, agar file hasil download tadi tidak dianggap virus maka silahkan non-aktifkan dulu antivirus defendernya.

Jika terdapat antivirus instalan seperti Smadav, Avira dan sebagainya. Maka anda dapat mengunstalnya terlebih dahulu, agar proses penginstalan aplikasi Exam Browser Client dapat berjalan dengan lancar.

2) Tidak dapat melakukan ekstrak winrar

Aplikasi Exam Browser Client hasil download berbentuk Winrar, sehingga untuk mendapatkan filenya, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengekstraknya.

Untuk mengekstrak file winrar Aplikasi Exam Browser Client tidaklah mudah, anda harus menggunakan aplikasi winrar versi terbaru untuk mengekstraknya. Selain itu, winrar yang digunakan harus sesuai dengan Bit (32 bit atau 64 bit) laptop anda.

File Aplikasi Exam Browser Client bisa saja tidak dapat diekstrak lantaran kita menggunakan aplikasi winrar dengan versi terdahulu, sehingga tidak mendukung untuk dapat digunakan mengekstrak Aplikasi Exam Browser Client versi terbaru.

3) Exam Browser Client tidak sesuai dengan spesifikasi laptop

Ini tentu berhubungan dengan spesifikasi laptop yang dimiliki, jika aplikasi Exam Browser Client dapat digunakan pada operasi windows 10, maka tentu untuk spesifikasi laptop dengan operasi sistem windows 7 tidak dapat digunakan install aplikasi Exam Browser Client.

Oleh sebab itu, jika laptop anda menggunakan operasi sistem windows 7 maka solusi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan update operasi sistem ke windows 10 di toko-toko komputer. Selain itu, anda bisa saja minta updatekan juga ukuran Bit laptop anda ke versi 64 bit.

Catatan: untuk operasi sistem dengan windows 8.1 pro, masih bisa digunakan untuk menginstalan aplikasi Exam Browser Client dan initerbukti dengan berhasilnya mimin menginstal aplikasi tersebut.

4) Tidak sesuai dengan spesifikasi laptop yang digunakan

Pada poin nomor 4 ini, maka yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan update install ulang operasi sistem windows sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu untuk windows 10.

Selain itu, RAM pada laptop juga mempengaruhi penginstalan aplikasi Exam Browser Client ini. Minimal RAM laptop anda adalah 2 GB agar bisa menjalankan aplikasi Exam Browser Client untuk kegiatan ANBK pada waktu yang akan datang.

5) Tidak terhubung dengan internet

Internet menjadi hal yang sangat penting pada saat kegiatan ANBK berlangsung, sebab kegiatan ANBK ini dilakukan secara online. Jadi, sebelum anda menginstal aplikasi Exam Browser Client, silahkan cek kapasitas internet yang ada di sekolah anda (apabila dilakukan secara mandiri). Kalau status anbk MENUMPANG tentu tidak perlu khawatir, sebab sekolah yang ditumpangi pastinya sudah lengkap dengan lab dan juga jaringan internet yang disediakan.

Tapi, apabila sekolah sudah memiliki wifi internet tersendiri maka silahkan cek kecepatan internetnya. Untuk yang kecepatan internetnya 20mb, maka dapat digunakan oleh 2-3 buah laptop secara bersamaan. Dan makin besar kecepatan internet yang digunakan, maka makin banyak pula laptop yang bisa digunakan untuk kegiatan ANBK ini.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin tuliskan yaitu tentang masalah dan solusi install aplikasi Exam Browser Client. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan.

Dan bagi anda yang mengetahui solusi cara mengatasi masalah saat menginstal aplikasi Exam Browser Client, maka agar sekiranya bersedia berbagi di kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. 

Post a Comment for "Masalah Dan Solusi Instal Exam Browser Client"