Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Back Up Database Aplikasi ARKAS Tahun 2021

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Apakah sekolah anda khususnya pada jenjang SD dan SMP telah selesai mengerjakan ARKAS?

Jawabannya tentu saja sudah selesai, iya kan !!!! hehehe….

ARKAS merupakan sebuah aplikasi yang dirancang untuk membantu setiap satuan pendidikan untuk membuat perencanaan dalam penggunaan Dana BOS Reguler yang akan diterima pada tahap 1, tahap 2 dan juga tahap 3.

Dengan adanya perencanaan yang telah dibuat ini membuat penggunaan dari dari Dana BOS Reguler yang diterima semakin terarah dan juga tepat sasaran.

ARKAS yang digunakan sekarang ini adalah ARKAS versi 3.02 dengan pembaharuan berupa penyesuaian anggaran dengan jumlah siswa masuk dan jumlah siswa keluar yang ada pada aplikasi dapodik.

Tentu untuk membuat perencanaan anggaran Dana BOS Reguler yang diterima oleh sekolah melalui kertas kerja yang ada pada aplikasi ARKAS dan sesuai dengan 8 standar nasional pendidikan.

Ketika anda sedang melakukan pengerjaan pada Aplikasi ARKAS dan tiba-tiba terjadi ERROR, apa yang anda rasakan? Tentunya adalah sebuah kekecewaan, apalagi pengerjaan ARKAS sudah hampir selesai.

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini mimin akan berbagai cara melakukan Back Up Database pada Aplikasi ARKAS Tahun 2021 dengan tujuan sebagai cadangan data, siapa tahu laptop kita mendadak ERROR yang berakibat fatal pada aplikasi ARKAS yang dimiliki.

Back Up data ini berfungsi sebagai cadangan untuk nantinya dapat dipergunakan kembali ketika aplikasi mengalami masalah. Dengan demikian, bagi anda yang sedang mengerjakan aplikasi ARAS maka tidak salahnya untuk melakukan Back Up Database terlebih dahulu.

Cara Back Up Database Aplikasi ARKAS Tahun 2021

Berikut cara mudah untuk melakukan Back Up Database aplikasi ARKAS, yaitu:

  1. Silahkan anda klik menu SEARCH yang ada dipojok kiri bawah laptop anda (windows 8 dan 10)
  2. Kemudian silahkan ketik %appdata%, kemudian ENTER
  3. Maka akan muncul folder roaming
  4. Silahkan anda pilih folder dengan nama ArtTech, silahkan buka folder tersebut maka aka nada folder dengan nama RKAS. Nah, itulah database untuk aplikasi ARKAS yang terpasang pada laptop anda.
  5. Silahkan anda copy folder RKAS tadi, lalu simpan di Local Disk (D):, ingat TIDAK PERLU di cut dan cukup di copy-paste saja.      

Hingga poin nomor 5 tersebut seharusnya anda telah berhasil melakukan Back Up database aplikasi ARKAS yang dimiliki.

Catatan: ketika aplikasi ARKAS anda mengalami ERROR dan mengharuskan untuk melakukan install ulang, maka anda tidak perlu mengerjakannya kembali dari awal. Anda cukup melakukan copy-paste dari database yang telah di Back Up tadi kedalam folder ArtTech untuk mengganti database ARKAS yang baru dengan yang lama.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Back Up Database Aplikasi ARKAS Tahun 2021. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Bagi anda yang mengetahui cara back up database aplikasi ARKAS dengan teknik lain, maka agar sekiranya berkenan untuk menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Post a Comment for "Cara Back Up Database Aplikasi ARKAS Tahun 2021"