Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Pada File PDF

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Di era modern seperti sekarang ini dengan berkembangnya dunia digital menjadikan setiap pekerjaan terasa lebih mudah, salah satunya adalah pembuatan tanda tangan digital pada berbagai file dokumen. 

Dan file dokumen yang sering digunakan untuk diberikan tanda tangan adalah file dengan jenis PDF. Bagaimana jadinya jika kita ingin meminta tanda tangan terhadap berkas yang harus dikirim waktu itu juga, sedangkan pimpinan kita sedang berada diluar kota. Tentu kejadian seperti ini dapat membuat kita menjadi panik dan harus memikirkan solusi terbaik untuk mengatasinya.

Jadi, dengan adanya tanda tangan digital ini maka kita hanya perlu melakukan scan dokumen dalam bentuk file PDF yang akan ditanda tangani oleh pimpinan. Dan selanjutnya dapat mengirimkannya pada pimpinan yang sedang berada diluar kota.

Namun, sebagai pimpinan yang akan memberikan tanda tangan juga harus tahu dan mengerti mengenai dunia digital termasuk pemberian tanda tangan pada file dokumen yang dalam bentuk PDF.

Nah, dalam kesempatan kali ini mimin akan memberikan langkah atau cara membuat tanda tangan digital pada file PDF hanya dengan menggunakan aplikasi yang dapat di download melalui Playstore.

Android menjadi ponsel pilihan bagi masyrakat di era seperti sekarang ini, maka dari itu dengan memiliki ponsel berbasis android maka kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan untuk android tersebut.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital Pada File PDF 

Berikut cara membuat tanda tangan digital pada file PDF melalui handphone android, yaitu:

  1. Silahkan anda download dan install aplikasi Adobe Acrobat Reader pada google playstore atau langsung klik disini
  2. Selanjutnya silahkan buat akun dengan mengisikan data yang diperlukan, dan setelah selesai silahkan Sign In
  3. Klik menu FILES yang berada dibawah layar untuk dapat mengakses file yang tersimpan di google drive, OneDrive, Dropbox dan sebagainya.
  4. Misalkan terdapat file PDF yang terdapat pada google drive, maka anda dapat memilih file tersebut untuk memunculkannya pada Acrobat. Dan selanjutnya pilih menu EDIT yang berada disudut kanan bawah.
  5. Pilih FILL & SIGN
  6. Silahkan pilih menu tanda tangan yang ada dibagian kanan bawah dan selanjutnya pilih CREATE SIGNATURE
  7. Maka akan muncul kotak SIGN HERE untuk membuat tanda tangan, silahkan masukkan tanda tangan atau gambar tanda tangan yang telah dibuat sebelumnya, dan terakhir klik selesai yang ada disudut kanan atas.
  8. Dan jika anda ingin membuat tanda tangan pada file PDF, pilih bagian yang ingin ditanda tangani, maka file pun telah selesai ditanda tangani secara digital.

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara Membuat Tanda Tangan Digital Pada File PDF . Bagi anda yang mengetahui cara lain dalam membuat tanda tangan digital khususnya untuk file PDF, maka agar sekiranya berbagi dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Tanda Tangan Digital Pada File PDF"