Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Update Dapodik 2022.c Untuk Sekolah Penggerak

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Telah dirilis updater untuk aplikasi dapodik yang digunakan oleh satuan pendidikan yang ada di seluruh Indonesia. Berita rilisnya updater dapodik ini dapat diakses atau dibaca melalui laman berikut: https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2022-c.

Adapun isi dari berita tersebut adalah mengenai tentang tindak-lanjut penambahan kurikulum dan fitur baru rapor khusus untuk sekolah penggerak pada Aplikasi Dapodik yang dapat mengganggu kelancaran satuan pendidikan dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun pelajaran 2021/2022, maka ini dirilis Aplikasi Dapodik versi 2022.c.

Dan rilisnya updater dapodik versi 2022.c ini juga bertujuan untuk memperbaiki dan penambahan kurikulum bagi sekolah penggerak jenjang pendidikan khusus dan juga PAUD. 

Adapun perbaikan dan penambahan yang ada pada Aplikasi Dapodik versi 2022.c, antara lain:

  1. Pembaruan Terakomodirnya kurikulum Sekolah Penggerak utk jenjang SLB dan TK.
  2. Pembaruan Penambahan fitur baru cetak rapor bagi satuan pendidikan penyelenggara kurikulum sekolah penggerak
  3. Perbaikan Bugs fixing pada saat menyimpan isian pada formulir sekolah.
  4. Perbaikan Penyesuaian validasi pengecekan yayasan pada sekolah swasta.

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022.a, maka sekolah tersebut tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi dapodik yang ada. Anda hanya perlu mendownload updater atau patch dapodik 2022.c, lalu kemudian melakukan penginstalan seperti biasanya.

Bagi anda yang belum mengetahui cara melakukan update dapodik dari versi sebelumnya ke versi terbaru, berikut mimin akan tuliskan langkahnya.

Cara Update Dapodik versi 2022.c

Berikut langkah atau cara update dapodik versi 2022.c, yaitu:

  1. Silahkan download patch dapodik 2022.c pada website https://dapo.kemdikbud.go.id/berita/pembaruan-aplikasi-dapodik-versi-2022-c atau langsung download patchnya disini
  2. Setelah berhasil download, silahkan anda pindahkan patch dapodik tadi ke Local Disk: (C)
  3. Klik kanan pada aplikasi dan pilih run as administrator
  4. Lakukan penginstalan hingga selesai dan jangan ada bagian yang di CANCEL saat proses penginstalan sedang berjalan
  5. Jika proses penginstalan telah selesai, silahkan login pada aplikasi dapodik anda dan pastikan pada dashboard tertera versi Dapodik 2022.c

Catatan: Apabila versi dapodik tidak berubah setelah menginstal patch dapodik terbaru, silahkan tekan tombol ctrl+f5 pada keyboard atau clear history pada browser yang digunakan. Dan menurut informasi yang mimin dapatkan bahwa patch dapodik versi 2022.c ini diperuntukkan bagi sekolah penggerak, sehingga dengan begitu bagi sekolah yang statusnya “bukan sekolah penggerak” tidak perlu melakukan updater pada aplikasi dapodik selama proses sinkronisasi masih bisa dilakukan. 

Khusus bagi Sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD agar dapat mengupdate pembelajaran menjadi Kurikulum Sekolah Penggerak dengan mengikuti Langkah berikut:

  1. Login Aplikasi Dapodik
  2. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi
  3. Pilih Menu Rombongan Belajar
  4. Klik Tambah Rombongan Belajar
  5. Isi semua kolom dan pastikan kolom kurikulum dipilih Kurikulum Sekolah Penggerak
  6. Klik Simpan

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang Cara update aplikasi dapodik versi 2022.c untuk sekolah penggerak. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Post a Comment for "Cara Update Dapodik 2022.c Untuk Sekolah Penggerak"