Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mudah Reset Password SIM PKB Tahun 2022

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

3 Cara Mudah Reset Password SIM PKB Tahun 2022

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang bersekolah, semoga sekolahnya berkah dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

Sim PKB merupakan website yang disediakan oleh Kemendikbud guna untuk mengembangkan keprofesian guru secara berkelanjutan. Yang mana melalui akun SIM PKN ini setiap guru dapat mengikuti berbagai macam pelatihan yang telah disediakan oleh Kemendikbud, mulai dari kegiatan pengutan kepala Sekolah, diklat calon pengawas, PPG Daljab, hingga yang terbaru seperti Sekolah Penggerak dan juga Guru Belajar dan Berbagi, dan masih banyak lagi fitur-fitur program yang lainnya.

Jadi, dengan beragam fitur yang telah disediakan guna meningkatkan keprofesionalan guru, maka hendaknya masing-masing guru yang ada disetiap satuan pendidikan dapat membuat akun SIMPKBnya terlebih dahulu, lalu kemudian melakukan registrasi agar dapat memiliki password yang akan digunakan untuk login.

Ditahun 2022 ini penjaringan bagi calon peserta PPG Daljab dilakukan melalui akun SIM PKB ini. Oleh sebab itu, sangat disayangkan apabila ada salah seorang guru sampai sekarang ini masih belum melakukan registrasi akun SIM PKB atau bahkan belum memilikinya.

Dan mengenai syarat utama untuk mendapatkan nomor UKG pada SIM PKB harus terdaftar pada aplikasi dapodik yang digunakan oleh setiap satuan pendidikan. Jika sudah terdafatar pada aplikasi dapodik, maka bisa dipastikan bahwa guru tersebut sudah memiliki nomor UKG SIM PKB.

Lantas bagi yang sudah memiliki akun SIM PKB tetapi sudah lupa password untuk login, apa yang harus dilakukan? Nah, mengenai permasalahan lupa password akun SIM PKB ini, mimin akan menuliskan 3 cara mudah untuk melakukan reset password pada akun SIM PKB yang dapat anda praktekkan atau lakukan. Dan bagi anda yang mengetahui cara lain untuk reset password SIM PKB yang kalian ketahui selain yang telah mimin sebutkan disini, dapat membagikannya dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

3 Cara Mudah Reset Password SIM PKB Tahun 2022

3 Cara Mudah Reset Password SIM PKB Tahun 2022

1. Lakukan Reset Password Melalui Ketua KKG/MGMP Sekolah

Hal pertama yang bisa kamu lakukan Ketika lupa password sim PKB adalah dengan melakukan reset password melalui akun Ketua KKG/MGMP sekolah. Berikut cara melakukannya:

  • Silahkan kunjungi website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id 
  • Gunakan username dan password milik ketua KKG/MGMP
  • Lalu silahkan pilih Login
  • Setelah berhasil login, silahkan pilih dan klik fitur menu KOMUNITASKU, baru selanjutnya pilih dan klik menu ANGGOTA KOMUNITAS
  • Maka akan muncul beberapa nama anggota komunitas KKG/MGMP
  • Selanjutnya silahkan pilih nama guru yang akan direset passwordnya dengan memilih tanda titik tiga yang ada diatas sebelah kanan, lalu pilih RESET PASSWORD
  • Otomatis akan muncul menu untuk mencetaknya dengan akun SIM PKB yang dimiliki dan juga password terbarunya
  • Selain mencetak, anda juga dapat menyimpan file RESET PASSWORD dalam bentuk PDF dengan mengklik menu printer dan pilih SAVE AS PDF  

Catatan: untuk RESET PASSWORD akun SIM PKB melalui ketua KKG/MGMP ini, maka hal utama yang harus dilakukan adalah dengan menggabungkan diri pada komunitas yang ada sesuai dengan pekerjaannya. Misalnya guru kelas SD menggabungkan diri dengan Komunitas SD, Guru Agama Islam dapat menggabungkan diri dengan Komunitas PAI SD yang telah dibuat sebelumnya.

2. Mengganti Password Baru Dengan Bantuan Email

Anda dapat melakukan reset password dengan menggunakan email aktif yang nantinya dapat digunakan untuk menerima pesan pergantian password pada akun SIM PKB yang dimiliki. Cara ini terbilang cukup mudah dan lebih praktis digunakan, sebab dapat dilakukan secara mandiri atau dengan meminta bantuan operator sekolah. Berikut cara melakukannya, yaitu:

  • Silahkan kunjungi website https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id 
  • Tuliskan username dengan akun SIM PKB yang dimiliki dan untuk password cukup diabaikan saja 
  • Selanjutnya silahkan memilih menu “Lupa Password”.
  • Dan masukkan alamat email aktif yang dimiliki dan yang sudah tertaut dengan akun sim pkb.
  • Kemudian centang pada kolom “I’m not a robot”.
  • Lalu pilih menu “Submit”.
  • Selesai menekan menu submit akan muncul sebuah keterangan yaitu tautan untuk reset password telah terkirim ke email pengguna.
  • Nah, jika sudah demikian maka kamu bisa membuka email untuk melihat tautan yang telah dikirimkan. Buka tautan tersebut untuk mereset password sim ppkb.
  • Jangan lupa untuk memasukkan password baru yang mudah untuk diingat.
  • Terakhir anda bisa melakukan verifikasi dengan login kembali menggunakan password baru yang telah didapatkan melalui tautan link yang ada pada pesan emai yang telah didafatar tersebut 

3. Reset Password Melalui Admin Dinas Pendidikan/Kota Setempat

Cara terakhir ini bisa dibilang sebagai cara yang mudah untuk melakukan reset password, sebab tanpa harus mengakses laman https://gtk.belajar.kemdikbud.go.id. Dan cara yang digunakan pun hanya dengan menghubungi atau mendatangi secara langsung admin dinas pendidikan kabupaten/kota yang mendapatkan tugas mengenai akun SIM PKB ini untuk melakukan reset password secara langsung.

Jadi, anda tidak perlu daftarkan email dan tanpa harus menghubungi ketua KKG/MGMP untuk meminta melakukan reset password. Anda hanya perlu melaporkan untuk diresetkan password akun SIM PKB dan bisa meminta hasil reset password untuk dikirimkan melalui media sosial yang digunakan. 

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan tentang 3 Cara Mudah Reset Password SIM PKB Tahun 2022. Dan bagi anda yang mengetahui cara lain untuk melakukan Reset Password pada akun SIM PKB yang dimiliki selain yang telah mimin tuliskan diatas, maka agar sekiranya berkenan untuk berbagai pengetahuan dengan menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini.

Terakhir Semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimana pun berada dan mohon maaf jika terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami.

Posting Komentar untuk "3 Cara Mudah Reset Password SIM PKB Tahun 2022 "